Cara Mudah Menggabungkan Foto di Instagram, Bisa untuk Instastory atau Feed

Cara menggabungkan dua foto Instagram (Okezone)
Cara menggabungkan dua foto Instagram (Okezone)

Kalo mau berbagi foto dan video, Instagram merupakan platform yang paling tepat. Selain digunakan banyak orang, platform  berbagi foto dan video yang berdiri di bawah payung Facebook ini juga dibekali beragam fitur menari. Ya, jenis fitur yang bakal mempercantik postinganmu. Dan kali ini, tim Droila sudah menyiapkan beberapa cara menggabungkan foto di Instagram.

Barangkali, beberapa di antara pembaca nggak terlalu membutuhkan tutorial ini. Merasa bisa dan sudah menggunakannya setiap hari. Bahkan mungkin ada pula di antara pembaca yang mampu memaksimalkan fitur ini untuk bikin postingan yang kece dan menarik.

Tapi, tetap ada juga pembaca lain yang nggak tahu bagaimana cara menggabungkan foto dan video di Instagram. Baik itu dibagikan dalam bentuk feed atau Instastory.

Dan kepada pembaca yang nggak tahu itulah tulisan ini ditujukan. Maka, tanpa berlama-lama, langsung aja ya simak uraian di bawah.

Feed IG keren (Medium)
Feed IG keren (Medium)

Berkenalan dengan Layout from Instagram

Sebenarnya, fitur ini sudah lama diluncurkan oleh Instagram. Melansir dari Venture Beat, Instagram pertama kali memperkenalkan fitur bernama Layout ini pada tahun 2015.

Menurut penjelasan yang bisa kita dapat dari halaman Help.Instagram, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah kolase foto sampai enam deret dalam sekali posting.

Hasilnya, kamu pun nggak perlu lagi repot jika ingin mengunggah banyak foto, bukan?

Tapi, itu adalah Layout versi awal. Seiring makin bertambahnya desain layout, perusahaan pun akhirnya meluncurkan aplikasi mandiri dari fitur ini.

Diberi nama Layout from Instagram, aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan untuk mengatur layout atau penempatan dua foto atau lebih.

Fitur-fitur lain yang bisa kamu gunakan antara lain menggabungkan sampai 9 foto sekaligus, tab wajah untuk menempelkan nama akun lain pada postingan, mode Photo Booth untuk foto cepat dan spontan, serta beragam alat dan filter yang bisa dimanfaatkan sesuai kreativitas pengguna.

So, sebelum melangkah ke pembahasan cara menggabungkan foto di Instagram, baiknya unduh dan pasang dulu deh aplikasi Layout. Kalo kamu pengin lebih cepat, langsung tap tautan yang sudah penulis siapkan di bawah ini  aja.

Cara Menggabungkan 2 Foto di Instagram

Cara menggabungkan 2 foto di Instagram (SkedSocial)
Cara menggabungkan 2 foto di Instagram (SkedSocial)

Tenang aja, cara ini bisa kamu terapkan lewat HP Android atau iPhone, kok. Soalnya, aplikasi yang digunakan pun sama. Tanpa berlama-lama, berikut ini uraian caranya.

  • Buka aplikasi Instagram tap ikon ‘+’ yang terletak di tengah layar
  • Setelah itu kamu akan dibawa masuk ke halaman postingan. Pilih menu Layout yang terletak di tengah –antara fitur boomerang dan zoom.
  • Jika sudah mengunduh aplikasi, maka secara otomatis kamu akan dibawa masuk ke halaman Layout for Instagram
  • Pilih beberapa foto yang ingin kamu gabungkan dan unggah pada Instagram. Caranya cukup tap foto yang dipilih. Maksimal 9 foto.
  • Sebagai catatan, kamu bisa mengambil foto dari Galer HP atau aplikasi Kamera.
  • Untuk menghapus foto dari rangkaian layout, tap lagi foto tersebut.
  • Pilih mode layout. Ada beberapa pilihan tampilan serta filter yang bisa kamu sesuaikan.
  • Begitu dirasa cukup, klik tombol Selesai
  • Terakhir, kamu cukup memilih untuk mengunggah foto pada Stories Instagram atau Feed.

Tips Bikin Layout Feed Instagram Keren

Kini, kamu sudah tahu kan bagaimana cara menggabungkan foto di Instagram. Dan untuk memudahkanmu, penulis juga menyiapkan tips dan trik bikin layout Instagram keren.

Di bawah, penulis sudah menyiapkan beberapa gaya yang bisa dijadikan sebagai inspirasi dalam membuat feed Instagram keren. Penasaran? Cekidot, Gan.

Grid Papan Catur

Contoh Grid papan catur (SkedSocial)
Contoh Grid papan catur (SkedSocial)

Layaknya papan catur, gaya grid ini bakal bikin tampilan Feed IG milikmu berisi dua warna yang berbeda. Contohnya bisa kamu tiru dari gaya grid Instagram milik akun Boss Babe (@bossbabe.inc).

Untuk brand, sebagian besar yang menerapkan gaya ini mengisi feed IG dengan konten visual dan quote. Namun bukan berarti kamu harus mengikuti apa adanya, ya. Bisa kok disesuaikan dengan estetika yang sudah kamu terapkan sebelumnya.

Grid Garis Vertikal

Contoh Grid garis vertikal (SkedSocial)
Contoh Grid garis vertikal (SkedSocial)

Kalo kamu pengin mengisi satu konten yang berbeda, contohnya Quote, dalam satu baris, ada lho gayanya. Oleh para ahli Sosial Media, gaya ini disebut grid garis vertikal.

Contoh akun yang sudah menerapkan gaya ini adalah @mysimplegram.

Dari contoh di atas, kita bisa simpulkan kalo gaya ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya tentu saja kamu nggak perlu menyamakan postingan lain dengan satu warna tertentu.  Konsistensi warna hanya perlu diterapkan pada satu garis vertikal saja.

Gaya ini sangat direkomendasikan untuk bloger traveling atau fashion. Soalnya, gaya ini bisa memaksimalkan foto-foto milikmu yang kurang konsisten tapi tampak memiliki nuansa yang sama pada feed IG.

Grid Garis Diagonal

Contoh grid garis diagonal (SkedSocial)
Contoh grid garis diagonal (SkedSocial)

Kalo kamu menilai penting konsistensi dari konten yang diunggah, maka grid garis diagonal adalah pilihan yang tepat.

Contoh pengaturan layout paling indah bisa kamu lihat dari akun @headspace. Dari akun tersebut, kita bisa melihat adanya kesamaan estetika atau obyek pada garis diagonal.

Gaya ini paling tepat untuk kamu yang punya akun toko online –yang punya dua atau lebih produk berbeda. Grid ini nantinya bisa memaksimalkan tampilan dari setiap konten yang diunggah. Jadi lebih mencuri perhatian dan memancing rasa penasaran.

Usai sudah uraian hari ini mengenai cara menggabungkan dua foto di Instagram. Informasi pelengkap seputar tips memaksimalkan layout IG di atas semoga juga bisa membantumu, ya.

Jangan sampai ketinggalan tutorial aplikasi Android atau iOS yang hadir setiap hari di Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan beragam informasi terupdate seputar teknologi, gadget, software, games, tips HP, dan rekomendasi handphone terbaik lainnya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like