Cara Gampang Mengganti Tema WhatsApp Original, Ubah Jadi Foto Sendiri atau Gambar Lain

Cara mengganti tema WhatsApp (YouTube)
Cara mengganti tema WhatsApp (YouTube)

Siapa sih yang nggak bosan dengan sesuatu yang monoton. Begitu pula dengan WhatsApp, tampilannya yang begitu-begitu saja tentu terasa membosankan untuk sebagian pengguna. Nah, kali ini tim Droila bakal menguraikan beberapa cara mengganti tema WhatsApp; dengan atau tanpa aplikasi tambahan. Mau tahu?

Dalam hal popularitas dan jumlah pengguna, barangkali kita akan kesulitan mencari aplikasi yang mampu menyaingi WhatsApp. Menawarkan kenyamanan serta kemudahan, banyak pengguna pun terlena dan kecanduan untuk menggunakannya.

Tak ayal, WhatsApp menjadi pengganti layanan Short Message Service (SMS) yang paling bisa diandalkan. Dan nggak cuma itu aja, pengembang juga sudah membekali aplikasi chatting ini dengan berbagai fitur unggulan; mulai dari pengiriman file media (gambar atau video), panggilan telepon, video call, dan video konferensi yang baru saja diluncurkan.

Hanya saja, harus diakui kalo WhatsApp memiliki kelemahan paling besar: tampilannya sangat membosankan. Perpaduan warna hijau dan abu-abu mungkin terasa monoton bagi beberapa pengguna. Dan sayangnya, WhatsApp nggak memberi kebebasan pengguna untuk mengubah tampilan.

Kesulitan di atas barangkali hanya ditemui beberapa tahun lalu saja. Soalnya, kini kamu sudah bisa mengganti tema WhatsApp original dengan mudah, kok. Tinggal pilih aja, mau cara yang menggunakan bantuan aplikasi atau nggak. Penasaran? Langsung cek uraian di bawah, ya.

Aplikasi GBWhatsApp (Blogspot)
Aplikasi GBWhatsApp (Blogspot)

Cara Mengubah Tema WhatsApp Tanpa Menggunakan Aplikasi

Ya, kamu nggak perlu meng-install aplikasi pihak ketiga untuk mengubah tampilan maupun tema WhatsApp. Soalnya perusahaan kini sudah memberikan beberapa fitur yang bisa kamu gunakan.

Memang, dalam hal layanan dan penyesuaian, masih terbatas. Tapi, setidaknya bisa membantumu mengatasi rasa bosan, bukan? So, langsung terapkan cara mengubah tema WhatsApp tanpa aplikasi di bawah ini aja,  ya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode WA

Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp (Android Central)
Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp (Android Central)

Ini adalah fitur yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu. Menggunakan mode ini, kamu bakal mendapatkan tampilan WhatsApp dengan latar belakang hitam. Mulai dari halaman muka aplikasi, kontak, stories WhatsApp, sampai percakapan pribadi.

Nah, untuk mengaktifkan Dark Mode di aplikasi WhatsApp, begini langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Tekan ikon titik tiga vertikal yang terletak di sisi kanan layar. Kemudian, pilih menu Setelan.
  3. Setelah itu, pilih menu Chat, dan pilih menu Tema yang terletak di bagian atas.
  4. Begitu sudah ditekan, kamu akan melihat tiga pilihan, yakni Default sistem, Terang, dan Gelap
  5. Untuk mengaktifkan Dark Mode WhatsApp, pilih menu Gelap lalu tekan Oke.
  6. Begitu selesai, tampilan WhatsApp akan berubah jadi gelap secara otomatis.

Cukup enam langkan saja, maka kamu bisa mengaktifkan mode gelap pada WhatsApp. Gampang dan bisa diikuti bukan uraian langkah-langkah di atas?

Cara Mengubah Wallpaper Chat WA

Mengganti wallpaper WhatsApp (YouTube)
Mengganti wallpaper WhatsApp (YouTube)

Kamu tent pernah melihat halaman chat milik teman atau saudara tampilannya berubah jadi foto sendiri atau gambar pemandangan alam. Nggak perlu penasaran. Cukup terapkan langkah –langkah yang sudah diuraikan di bawah aja.

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Tekan ikon titik tiga vertikal lalu pilih Setelan
  3. Pilih menu Chat, lalu tekan Wallpaper
  4. Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan sumber gambar yang akan digunakan sebagai wallpaper. Pilihan tersebt antara lain Galeri, Warna Solid, Galeri Wallpaper, atau Default
  5. Jika ingin mengubah wallpaper WhatsApp jadi foto sendiri, kamu bisa tekan tombol Galeri
  6. Setelah itu, kamu akan dibawa masuk ke folder penyimpanan foto Galeri. Pilih foto atau gambar yang ingin kamu jadikan wallpaper.
  7. Kemudian, kamu bisa menyesuaikan tampilan wallpaper. Caranya cukup tekan layar menggunakan dua jari lalu cubit layar untuk memperkecil atau merentangkan gambar. Kamu juga bisa menyeret gambar untuk menyesuaikan letaknya.
  8. Jika dirasa wallpaper sudah sesuai, tekan Setel. Secara otomatis, wallpaper WhatsApp pun bakal berubah jadi sesuai keinginan.

Itulah dua cara gampang mengganti tema WhatsApp aplikasi. Memang, dalam hal pilihan penyesuaian, masih banyak kekurangan dibandingkan layanan aplikasi pihak ketiga.

Akan tetapi, jika mempertimbangkan keamanan data serta penyimpanan HP yang kecil, cara ini adalah yang paling pas untuk kamu terapkan. So, tanpa berlama-lama, langsung pilih dan terapkan cara di atas aja, ya.

Cara Ganti Tema WhatsApp dengan Aplikasi GBWhatsApp

GBWhatsApp (TuchApiane)
GBWhatsApp (TuchApiane)

Pengin menggunakan WhatsApp dengan fitur-fitur tambahan? Cara paling mudah tentu saja menggunakan layanan pihak ketiga. Dan berdasarkan penelusuran tim Droila, ada dua aplikasi terpercaya yang bisa kamu gunakan; yakni GBWhatsApp dan FMWhatsApp.

Hanya saja, dalam artikel ini, penulis bakal menguraikan cara mengganti tema WhatsApp melalui aplikasi GBWhatsApp. Ini adalah aplikasi yang paling populer dengan layanan kustomisasi fitur-fitur WhatsApp.

Sudah banyak juga lho yang menggunakannya. Dan saking poplernya, kamu bisa menemukan banyak aplikasi palsu bernama sama di Play Store.

Ya, karena kecanggihan serta kelengkapan fitur, pihak Google pun menghapus aplikasi ini atas permintaan WhatsApp. Tapi, hasil penelusuran penulis, kamu masih bisa mengunduhnya lewat website resmi, kok. Sedangkan untuk cara-cara penggunannya, simak uraian di bawah langsung, ya.

  1. Download aplikasi GBWhatsApp. Kamu bisa langsung mengunduh dengan klik di sini.
  2. Setelah itu, jangan buru-buru install aplikasi tersebut. Baiknya sih kamu backup data WhatsApp terlebih dulu. Caranya, masuk ke Setelan, pilih Chat, lalu tap menu Cadangan Chat.
  3. Begitu semua chat dan file WhatsApp sudah di-backup, langkah selanjutnya adalah uninstall aplikasi original atau asli. Kemudian install aplikasi GBWhatsApp.
  4. Setelah itu, buka aplikasi dan login ulang pakai nomor telepon yang digunakan untuk WhatsApp. Begitu sudah login, kini waktunya untuk mengganti tema WhatsApp.
  5. Caranya, tekan ikon titik tiga vertikal yang terletak di sisi kanan atas layar, lalu pilih menu GB Settings. Kemudian pilih menu Download Themes.
  6. Kamu tinggal pilih aja tema WhatsApp yang cocok dan sesuai keinginan. Ada banyak pilihan tersedia. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakannya secara gratis!

Berdasarkan uraian tentang aplikasi di website resminya, keunggulan GBWhatsApp nggak Cuma membebaskanmu untuk mengganti tema. Ada juga fitur auto-reply yang tentu sangat berguna buat pemilik toko online.

Selain itu, ada juga fitur broadcast yang memudahkanmu mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus. Terakhir yakni fitur DND. Ini adalah fitur yang bakal menonaktifkan pemberitahuan WhatsApp saat kamu sibuk bermain game atau streaming.

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai cara mengganti tema WhatsApp. So, tinggal pilih aja cara apa yang ingin kamu coba; dengan atau tanpa aplikasi?

Jangan sampai ketinggalan beragam tutorial software Android dan iOS terbaik lainnya dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan beragam informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, aplikasi, tips HP, dan rekomendasi handphone terbaik setiap harinya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like