BerandaTutorialCara Menggunakan Headset Bluetooth di HP Android Semua Merk

Cara Menggunakan Headset Bluetooth di HP Android Semua Merk

Kalo kamu baru aja beli headset Bluetooth, wajib baca artikel di bawah ini. Penulis sudah siapkan beberapa cara menggunakan headset bluetooth di HP Android. Ikuti tutorialnya!

Beraktivitas sambil mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan. Sebab, dengan mendengarkan musik, maka akan mengurangi rasa bosan yang melanda. Mulai dari musik pop, dangdut, koplo, rock, dan lain sebagainya.

Salah satu cara menikmati musik secara maksimal adalah dengan menggunakan headset. Dan kini, kamu bisa menggunakan headset Bluetooth. Headset tanpa kabel dan ini tentunya cukup pratis alias nggak ribet karena tanpa kabel yang berbelit-belit.

Kalau masih ragu dan bingung dengan cara pakainya, Droila sudah siapkan artikel untuk membahas mengenai cara menggunakan atau mengaktifkan headset Bluetooth di smartphone Android kamu. Makanya, simak sampai habis, ya!

cara menggunakan headset bluetooth xiaomi
cara menggunakan headset bluetooth xiaomi

Kelebihan Headset Bluetooth

Cara menggunakan headset Bluetooth pun cukup mudah. Cukup menyambungkannya dengan gadget yang mendukung koneksi Bluetooth.

Meski harus terkoneksi Bluetooth, kamu nggak perlu khawatir jika musik tiba-tiba berhenti karena jangkauannya bisa hingga 10 meter. Dengan begitu, kamu juga bisa mengontrol lagu yang diputar dari jauh. Saat cuacat tidak bersahabat, headset Bluetooth juga tetap bisa digunakan.

Meski tanpa kabel, kualitas suara headset Bluetooth nggak bisa dianggap remeh. Kualitasnya bisa dibilang cukup baik.

Malah sudah ada headset Bluetooth yang mendukung suara 360 atau surround sound, lho! Sebab, beberapa jenis headset Bluetooth memang didesain untuk mendengarkan musik di luar ruangan.

Selain itu, headset Bluetooth juga dilengkapi dengan fitur water resistant. Bahkan, ada beberapa perangkat yang didesain agar bisa digunakan sambil olahraga. Yup, kamu bisa jogging atau nge-gym sambil mendengarkan musik dengan nyaman, Gengs!

Headset Bluetooth bukanlah hal baru di bidang gadget. Hingga kini sudah banyak yang dibekali dengan kemampuan active noise cancelling (ANC). Fitur tersebut dapat memblokir suara dari luar sehingga membuat kamu seakan berada di ruang yang sunyi. Artinya, kamu bisa lebih konsentrasi dalam mendengarkan musik.

Bagaimana Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke HP Android?

Begini cara kalau kamu mau menghubungkan headset Bluetooth ke Android.

1. Aktifkan headset Bluetooth

Untuk mulai menggunakan perangkat ini, kamu harus menyalakannya terlebih dahulu dengan menekan tombol Power. Jika headset memerlihatkan warna yang berkelip, tandanya headset telah aktif.

cara mengaktifkan earphone bluetooth
cara mengaktifkan earphone bluetooth

2. Aktifkan mode pairing

Lalu, atur headset Bluetooth agar dalam mode pairing. Caranya bisa dengan menekan dan menahan tombol multifungsi (biasanya tombol untuk menerima panggilan telepon) selama beberapa detik.

Jika lampu yang berkelip menunjukkan warna merah dan biru, tandanya headset telah dalam mode pairing mode. Kalau kamu baru membeli headset Bluetooth dan menyalakannya untuk pertama kali, biasanya perangkat tersebut sudah secara otomatis masuk ke mode pairing.

Oh ya, ini catatan penting buat kamu. Ada beberapa headset Bluetooth yang dijual dalam versi lengkap, alias bagian kanan dan kiri sekaligus.

Ada juga produk yang dijual per bagian saja. Kamu tidak perlu pusing untuk pairing bagian kanan dan kiri, apabila membeli versi lengkap ini. Pasalnya, perangkat akan secara otomatis melakukan pairing di bagian kanan-kiri sekaligus.

3. Nyalakan Bluetooth di smartphone

Selanjutnya, hidupkan Bluetooth pada handphone kamu. Tunggu proses scan hingga headset Bluetooth terdeteksi pada HP Android kamu.

Untuk mengaktifkan Bluetooth, kamu bisa melakukannya pada bagian Setting. Biasanya, kamu akan langsung menemukan pilihan Bluetooh di bagian atas. Jika tidak bisa menemukannya, klik saja di bagian Search.

Secara otomatis, handphone akan melakukan scan perangkat Bluetooth di sekitarnya. Jika tidak menemukan headset yang kamu inginkan, kamu bisa mencoba mematikan headset kemudian menyalakannya lagi. Bluetooth di HP juga bisa kamu perlakukan sama, yakni matikan dan hidupkan kembali.

Pastikan kamu sudah menyalakan pengaturan Discovery Bluetooth. Jangan non aktifkan fitur tersebut, takutnya kedua perangkat tidak bisa saling menemukan.

cara menghubungkan headset bluetooth kiri dan kanan
cara menghubungkan headset bluetooth kiri dan kanan

4. Hubungkan dua perangkat tersebut

Jika sudah ketemu perangkatnya, langsung koneksikan headset dengan smartphone. Biasanya, akan muncul notifikasi berupa PIN yang harus kamu masukkan.

Akan tetapi, di headset Bluetooth sekarang ini, sudah tidak dibutuhkan lagi PIN tersebut. Biasanya, perangkat akan langsung terhubung secara otomatis alias mengindahkan PIN tersebut. Setelah muncul pesan bahwa headset sudah connect, maka sudah siap digunakan.

Kalau headset Bluetooth dengan smartphone sudah pernah terhubung, koneksi berikutnya akan jauh lebih simpel. Cukup hidupkan headset dan Bluetooth di smartphone, maka kedua perangkat tersebut akan pairing dengan sendirinya.

FYI aja nih, kebanyakan headset Bluetooth memiliki metode yang sama untuk menghidupkan, mematikan, menghubungkan, warna lampu, dan bahkan nomor PIN. Oleh karena itu, satu panduan saja cukup untuk menggunakan headset Bluetooth jenis apapun!

Itulah langkah-langkah dasar untuk menghubungkan headset Bluetooth ke smartphone Android. Mengapa dikatakan dasar?

Pasalnya, ada beberapa headset Bluetooth yang memiliki cara yang cukup berbeda. Nah, cara paling pasti adalah dengan membaca buku panduan. Jadi, jangan lupa untuk membaca buku atau dokumen panduan tersebut, ya!

Nah, itulah tadi cara menggunakan headset Bluetooth ke HP Android. Gimana, sudah bisa memakai headset Bluetooth-mu, kan? Semoga artikel tutorial Android di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik