Cara Lengkap Menggunakan WA Bisnis: Tips Terlengkap untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda

Aplikasi WhatsApp Bisnis (Super.Abril)
Aplikasi WhatsApp Bisnis (Super.Abril)

Jika kamu punya bisnis dan ingin menjangkau lebih banyak konsumen, wajib tahu gimana cara menggunakan WA Bisnis berikut. Ada banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi milik WhatsApp ini!

Terlepas dari kericuhan keamanan data, harus diakui jika WhatsApp masih jadi aplikasi chat yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Isu keamanan data seakan-akan tak terlalu berdampak pada angka pengguna harian aplikasi ini.

Mudah dipakai, ramah untuk pengguna pemula, serta fitur yang terbilang lengkap. Hal itu merupakan contoh faktor yang membuat aplikasi ini digunakan oleh sebagian besar masyarakat kita. Baik untuk penggunaan pribadi maupun bisnis.

Sedangkan untuk bisnis, WhatsApp memiliki platform tersendiri yang diberi nama WhatsApp Bisnis. Karena untuk bisnis, platform layanan pesan singkat ini dibekali beragam fitur yang bakal memudahkan bisnis terhubung dengan konsumen.

Nah, kali ini, tim Droila sudah menyiapkan cara menggunakan WA Bisnis terlengkap. Panduan ini ditujukan bagi kamu yang sedang ingin mengembangkan bisnis ke wilayah digital. Pengin tahu? Langsung cek uraian di bawah aja, ya.

Fitur WA Bisnis (Medium)
Fitur WA Bisnis (Medium)

Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp Bisnis

Dari segi tampilan, tak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara WhatsApp Bisnis dengan WA biasa. Kemiripan itu pula yang bakal membuat pengguna pemula lebih mudah dalam beradaptasi.

Hanya saja, dari segi fitur, WA Bisnis sudah dibekali layanan yang akan memudahkan kamu terhubung dengan konsumen. Lebih lengkap, yuk ikuti uraian tutorial aplikasi WhatsApp Bisnis berikut ini.

Mengunduh dan Mengatur Aplikasi WA Bisnis

Sebelum kamu mulai menggunakan WA Bisnis, tentu kamu harus sudah memasang aplikasi pada perangkat. Jika kamu masih kebingungan dalam memasang aplikasi di HP Android, yuk ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Pertama, unduh lalu pasang aplikasi sesuai versi sistem operasi yang kamu pakai. Untuk pengguna HP Android, kamu bisa mengunduhnya lewat Play Store. Sedangkan pengguna HP iPhone, sudah bisa langsung mengunduh WA Bisnis lewat App Store.
  2. Jika aplikasi sudah terpasang, buka kemudian baca Ketentuan Layanan agar kamu mengetahui fitur dari aplikasi ini. Ketuk Setuju dan Lanjutkan jika sudah.
  3. Setelah itu, gunakan nomor telepon baru untuk membuat akun di WA Bisnis. Sebisa mungkin, gunakan nomor yang berbeda dari nomor WA pribadi kamu. Ketikkan nomor tersebut pada kolom yang tersedia, lalu pilih Selesai atau Lanjut, kemudian diakhiri dengan mengetuk tombol OKE.
  4. Tunggu beberapa saat hingga kamu menerima kode pendaftaran dari WA Bisnis. Kode tersebut biasanya berjumlah enam digit dan dikirimkan lewat SMS atau telepon. Saat kode sudah diterima, ketikkan kode tersebut pada kolom aplikasi WA Bisnis.
  5. Untuk mempermudah layanan, beri izin aplikasi untuk mengakses kotak dan galer HP.
  6. Selanjtunya kamu bisa mengetikkan nama bisnis, pilih kategori bisnis, serta pilih foto profil yang sudah disiapkan
  7. Buat profil bisnis milikmu dengan cara mengetuk Lihat lalu Profil Bisnis. Di dalam fitur ini, kamu bisa menambahkan informasi penting seputar bisnis seperti deskripsi bisnis, alamat, jam kerja, dan masih banyak lagi.
Cara membuat katalog di WhatsApp Bisnis (Adweek)
Cara membuat katalog di WhatsApp Bisnis (Adweek)

Cara Membuat Katalog Dagangan

Sebagaimana etalase pada sebuah toko, katalog dari produk yang kamu jual bakal mempermudah konsumen untuk memahami dan memilih. Beruntungnya, WA Bisnis juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat katalog. Begini uraian langkah-langkahnya:

  1. Sebelumnya, kamu perlu menyiapkan foto dari produk yang dijual terlebih dulu
  2. Jika sudah, kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp Business, kemudian ketuk ikon titik tiga yang tersusun vertikal. Pilih menu Setelan, kemudian ketuk Fitur Bisnis, lalu akhiri dengan mengetuk Katalog
  3. Untuk membuat katalog baru, ketuk menu Tambah Item
  4. Untuk mengunggah foto produk, ketuk ikon tanda tambah berwarna hijau, lalu ketuk tombol Tambah Gambar
  5. Ketuk menu Galeri untuk memilih foto yang sudah disiapkan. Jika belum ada, kamu bisa memilih menu Kamera untuk mengambil gambar baru. FYI, kamu bisa menyimpan hingga 10 gambar pada menu katalog
  6. Selanjutnya, ketikkan nama produk atau layanan pada kolom yang tersedia. Kamu juga bisa kok menambahkan informasi lain seperti deskripsi, harga, hingga tautan menuju situs penjualan
  7. Terakhir, ketuk Simpan untuk menyimpan katalog produk yang sudah kamu buat.

Jika ada salah satu foto produk yang sudah tidak kamu produksi, bisa juga  lho menghapusnya. Caranya mudah, cukup masuk ke menu Katalog seperti langkah di atas. Kemudian, ketuk dan tahan beberapa saat foto produk yang ingin dihapus. Terakhir, ketuk ikon Hapus lalu ketuk menu Ya.

Cara menggunakan WA Bisnis (Mobile Marketing Magazine)
Cara menggunakan WA Bisnis (Mobile Marketing Magazine)

Kamu tentu pernah melihat ada netizen yang membagikan nomor WA nya dalam bentuk tautan. Saat tautan tersebut diketuk, kamu akan langsung dialihkan menuju halaman chat pribadi WhatsApp.

Nggak perlu bingung dan menggunakan platform lain. Soalnya, WhatsApp Business juga menyediakan layanan sejenis. Nah, begini cara membuat link chat WhatsApp langsung ke chat pribadi. Mudah, kok.

  1. Buka aplikasi WA Bisnis, pilih menu Setelan, kemudian ketuk menu Fitur Bisnis
  2. Selanjutnya, ketuk menu Tautan Pendek agar aplikasi bisa menghasilkan tautan secara otomatis
  3. Jika kamu ingin membagikan tautan tersebut, ketuk ikon tautan yang ada di samping kotak link. Selanjutnya kamu bisa menempelkannya pada situs web

Nah, itulah beberapa cara menggunakan WA Bisnis untuk pemula yang perlu kamu ketahui. Berbekal langkah-langkah di atas, kamu bisa mengembangkan bisnis agar terhubung ke lebih banyak pengguna secara online!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like