Cara Mudah Menghemat Data Internet Untuk Nonton YouTube, Mau Tahu Nggak?

Cara hemat data YouTube (The Next Web)
Cara hemat data YouTube (The Next Web)

Punya hobi menonton video di YouTube? Kalo iya, tentu kamu butuh cara menghemat data saat nonton YouTube ini. Dengan begitu, kamu bisa bebas menonton beragam video yang tersedia. Tanpa perlu khawatir kehabisan kuota. Mau tahu caranya?

cara menghemat kuota youtube (Gstatic)
cara menghemat kuota youtube (Gstatic)

Jangan terburu-buru sangsi. Memang, ini adalah bahasan yang sudah disampaikan banyak orang. Namun, ada yang berbeda dari cari menghemat kuota untuk nonton YouTube di bawah.

Pasalnya, tim Droila sudah melakukan pencarian dan mendapatkan beberapa cara menghemat kuota internet saat buka YouTube.

So, untuk kamu yang nggak ingin kegiatan nonton video di YouTube terganggu, catat dan jalankan langkah demi langkah dari cara menghemat kuota YouTube di bawah. Cekidot, bray.

Cara Hemat Kuota YouTube

Tim Droila menemukan ada beragam cara menghemat data nonton YouTube. Dan untuk pembaca, berikut adalah rangkuman berbagai cara tersebut. Langsung cek dan praktikan aja, bray.

Menggunakan Fitur Limit Mobile Data Usage

Fitur batasi penggunaan data YouTube (Gstatic)
Fitur batasi penggunaan data YouTube (Gstatic)

Ada satu fitur yang bisa dipakai untuk cara menghemat data YouTube. Fitur tersebut adalah Limit Mobile Data Usage atau Batasi Penggunaan Kuota Seluler. Fitur ini ada di dalam aplikasi YouTube. Jadi, bisa kamu pakai lewat Android maupun iPhone.

Kalo diaktifkan, fitur bawaan ini bisa memaksa aplikasi YouTube untuk hanya memutar video berkualitas HD saat perangkat tersambung di Wi-Fi saja.

Di samping itu, aplikasi juga bakal memutar video berkualitas rendah saat koneksi internet menggunakan data seluler. Dengan begitu, konsumsi data YouTube pun bakal jadi lebih rendah.

Cara Batasi Data YouTube 1 (Dok.Istimewa)
Cara Batasi Data YouTube 1 (Dok.Istimewa)
  1. Pertama-tama, buka aplikasi YouTube.
  2. Kemudian, tap halaman profil akun YouTube yang terletak di sudut kanan atas pada layar.
  3. Setelah itu, swipe up layar sampai muncul menu Pengaturan. Tap menu tersebut.
  4. Selanjutnya tap menu Umum, lalu kamu akan melihat pilihan Batasi Penggunaan Kuota Seluler.
  5. Geser toogle yang ada di sebelah menu sampai berwarna biru. Jika warna sudah berubah, artinya fitur sudah aktif.
Cara Batasi Data YouTube 2 (Dok.Istimewa)
Cara Batasi Data YouTube 2 (Dok.Istimewa)

Tips Hemat Kuota Nonton YouTube dengan Menyimpan Video

Download video di YouTube (Gstatic)
Download video di YouTube (Gstatic)

Sudah lama aplikasi YouTube menghadirkan fitur Simpan Video atau Download Video. Menggunakan fitur ini, kamu bisa mengunduh video yang ingin ditonton.

Kemudian, kamu bisa memutarnya tanpa data internet di lain kesempatan. Tenang aja, memutar video yang sudah disimpan nggak makan kuota atau data internet, kok.

Hanya saja, kamu perlu menyiapkan memori HP dalam jumlah besar. Pasalnya, menyimpan video YouTube di HP membutuhkan memori penyimpanan.

Nah, kalo kamu sudah menyiapkan memori penyimpanan, berikut adalah tips hemat kuota nonton YouTube dengan menyimpan video yang wajib dicoba.

Cara simpan video di YouTube 1 (Dok.Istimewa)
Cara simpan video di YouTube 1 (Dok.Istimewa)
  1. Pertama, buka aplikasi YouTube lalu buka video yang ingin kamu simpan.
  2. Jika sudah, cari ikon Download Video. Biasanya ikon ini terletak di bawah judul video. Atau, kamu cukup melihat contoh gambar di bawah.
  3. Kemudian, tap ikon Download Video tersebut. FYI, kalo ikon Download Video dicoret, artinya kamu nggak bisa mengunduh video tersebut, ya.
  4. Jika video sudah diunduh, maka kamu bisa memutarnya ketika nggak ada koneksi internet. Dan untuk memutar video yang sudah diunduh tersebut, kamu perlu tahu di mana letak penyimpanannya.
  5. Untuk membuka menu penyimpanan video yang sudah diunduh, kembali dulu di halaman awal aplikasi.
  6. Kemudian, tap menu Koleksi yang terletak di ujung kanan bawah dari layar. Sesudah itu, kamu akan dibawa masuk menu halaman penyimpanan semua video yang sudah diunduh. Mudah, kan?
Cara simpan video di YouTube 3 (Dok.Istimewa)
Cara simpan video di YouTube 3 (Dok.Istimewa)

Mengapa menyimpan video dijadikan sebagai salah satu cara menghemat data YouTube? Mungkin ada sebagian dari kamu yang merasa demikian.

Jawabannya mudah saja, kalo kamu mengunduh semua video yang ingin ditonton ketika tersambung Wi-Fi, artinya kuota data nggak terpakai, kan?

Kamu bisa menonton setiap video dengan mengunduhnya terlebih dulu. Tentu saja konsumsi data video bisa jadi lebih irit. Mudah nggak ribet, kan?

Itulah cara menghemat data nonton YouTube yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Mudah dan nggak ribet, kan? So, langsung praktikan aja, bray.

Kalo kamu masih mencari artikel tutorial Android atau iPhone lainnya, jangan lupa untuk Subscribe website Droila ya. Selain tutorial yang asik diikuti, kamu juga bisa membaca beragam referensi HP terbaik sebelum beli.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like