Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power Terlengkap dan Jarang Diketahui

Tombol power HP rusak (NokiaMOB)
Tombol power HP rusak (NokiaMOB)

Entah karena tombol power yang rusak merasa repot kalo terus-menerus pencet tombol power untuk menghidupkan HP. Yang jelas, cara menghidupkan HP tanpa tombol power di bawah bisa jadi solusi terbaik untuk berbagai kondisi yang kamu hadapi.

Sudah jadi rahasia umum pengguna Android kalo tombol power yang terletak di samping mudah rusak. Padahal, tombol ini berperan penting untuk mematikan dan menghidupkan HP.

Sekalipun kamu sudah menggunakan dengan hati-hati, kerusakaan tombol power seringkali tidak bisa dihindari. Hal itu pula yang menyebabkan mudahnya kita menemukan penjual sparepart tombol power untuk berbagai merek HP.

Alih-alih mengganti suku cadang, ada lho cara menyalakan HP tanpa tombol power. Terbukti lebih mudah dan membuatmu lebih nyaman selama mengoperasikan perangkat.

Merangkum dari berbagai sumber dalam dan luar negeri, begini cara menghidupkan HP tanpa tombol power yang jarang diketahui. Mau tahu?

5 Cara Mematikan dan Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Ya, berdasarkan penelusuran penulis, ada lima cara yang bisa kamu coba sendiri. Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah, ya.

Menyalakan HP Tanpa Tombol Power dengan Ketukan Jari

Fitur Double Tap to Wake (MakeUseOf)
Fitur Double Tap to Wake (MakeUseOf)

Beberapa merek HP Android sudah dibekali fitur Double Tap to Wake. Atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti ketuk dua kali untuk membangunkan. Fitur ini tersedia pada perangkat Google, OnePlus, Samsung, Xiaomi dan masih banyak lagi.

Fitur Double Tap to Wake bisa menggantikan tombol power untuk menghidupkan perangkat. Cukup ketukan jari sebanyak dua kali, maka layar pun akan hidup. Hanya saja, fitur ini cuma tersedia pada perangkat yang sudah menjalankan sistem operasi Android 10 atau yang terbaru.

Untuk mengaktifkannya, kamu bisa masuk ke Pengaturan, kemudian pilih menu Getures, lalu akan menemukan fitur ini. Sedangkan untuk pengguna Android 9.0 Pie, kamu bisa memanfaatkan fitur bernama Lift to Check Phone.

Fitur tersebut memungkinkan perangkat langsung aktif begitu kamu menggenggam. Mudah, sekali, bukan?

Aktifkan Pemindai Sidik Jari atau Face Recognition

Panel sensor sidik jari pada HP Android (Slashgear)
Panel sensor sidik jari pada HP Android (Slashgear)

Kini sebagian besar HP Android sudah dibekali panel pemindai sidik jari. Selain berfungsi sebagai lapisan keamanan, panel ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan HP tanpa tombol power.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Face Recognition. Cukup dekatkan wajah pada kamera depan, maka HP bakal hidup sendiri secara otomatis.

Nah, untuk mengaktifkan kedua fitur tersebut, buka aplikasi Pengaturan, kemudian pilih menu Keamanan. Selanjutnya, pilih fitur keamanan yang tersedia lalu sesuaikan pengaturan dengan data yang dibutuhkan, misal data sidik jari atau wajah pengguna.

Gunakan Aplikasi Tombol Power Virtual

Aplikasi Mematikan Layar (Play Store)
Aplikasi Mematikan Layar (Play Store)

Ya, kini sudah tersedia banyak pilihan aplikasi tombol power virtual. Seperti namanya, aplikasi memberikan fungsi layaknya tombol power tapi lewat tampilan layar.

Di antara begitu banyak pilihan, yang paling dipercaya dan diakui banyak pengguna adalah aplikasi Mematikan Layar. Aplikasi ini dikembangkan oleh Perfect Tools. Pada Play Store, aplikasi Mematikan Layar mendapatkan peringkat 4,5 dan sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Sambungkan HP Kabel Isi Ulang

Menyambungkan kabel data isi ulang (Wondershare)
Menyambungkan kabel data isi ulang (Wondershare)

Sederhana dan bisa kamu jadikan pertolongan pertama. Hanya dengan mencolokan kabel data pada ponsel kemudian menghubungkanya ke sumber listrik terdekat, maka layar HP bakal menyala.

Jika sudah, kamu tinggal mengusap untuk memasukan PIN atau Password sehingga layar pun terbuka. Mudah banget, bukan?

Menggunakan Aplikasi WaveUp

Aplikasi WaveUp (Play Store)
Aplikasi WaveUp (Play Store)

Sebagai pengganti tombol power HP yang mati, kamu juga bisa kok menggunakan layanan aplikasi WaveUp. Aplikasi ini bisa kamu unduh gratis lewat Play Store. Dikembangkan studio juanitobananas, aplikasi WaveUp mampu membuat layar kunci terbuka cukup dengan lambaian tangan di depan kamera.

Ada beragam pilihan lambaian yang bisa kamu atur dan sesuaikan. Sehingga, jika kamu nggak berniat buka layar, bisa gunakan gerakan tangan tertentu.

Di sampnig itu, pengembang sudah menyediakan beragam pengaturan agar aplikasi nggak salah membaca perintah. Alhasil, kamu pun nggak perlu khawatir layar tiba-tiba terkunci ketika bermain game atau streaming film, bukan?

Ukuran aplikasi ini kecil, cuma 4,4 MB. Hingga saat ini, WaveUp sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna Android dan mendapatkan rating 3,9 pada toko aplikasi Play Store. Penasaran? Langsung coba aja, ya.

[Bonus] Cara Menghidupkan HP yang Mati Total Tanpa Tombol Power

Jendela minimal ADB and fastboot (Blog Pictures 99)
Jendela minimal ADB and fastboot (Blog Pictures 99)

Barangkali, ada beberapa pengguna yang menghadapi HP mati total sedangkan tombol power rusak. Dan seperti yang kita tahu, untuk menghidupkannya kita perlu menekan lalu tahan beberapa saat tombol power hingga layar menyala.

Lalu, adakah solusinya? Jawabanya, tentu saja ada! Mau tahu? Begini langkah-langkahnya.

  • Sebelumnya, kamu perlu meng-install software Minimal ADB and Fastboot pada PC atau laptop
  • Jika sudah, tekan dan tahan tombol Volume Down pada HP agar perangkat masuk ke mode bootloader atau fastboot
  • Setelah perangkat hidup, sambungkan HP ke PC menggunakan kabel data
  • Selanjutnya buka software Minimal ADB and Fastboot
  • Untuk me-restart HP agar kembali hidup, ketikkan perintah “fastboot reboot” pada kotak yang tersedia lalu tekan Enter
  • Tunggu beberapa saat maka ponsel akan me-restart secara otomatis

Nah, itulah berbagai cara menghidupkan HP tanpa tombol power yang jarang diketahui banyak orang. So, tidak perlu khawatir jika tombol power rusak, bukan? Dan ketika kamu menghadapinya, langsung deh terapkan salah satu cara di atas.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like