Cara Menghilangkan Gambar Headset Pada Semua Merek HP

cara menghilangkan tanda earphone pada hp ketika sudah dicabut (UnlockUnit)
cara menghilangkan tanda earphone pada hp ketika sudah dicabut (UnlockUnit)

Ketika kamu melihat gambar headset di HP tidak hilang dan pemberitahuan tersebut tetap bertahan lama, kamu butuh trik khusus. Untuk mengatasi problem tersebut, simak dan jalankan cara menghilangkan gambar headset berikut ini. Bisa diterapkan pada berbagai merk HP, lho.

Sudah bukan rahasia lagi kalo perangkat Android lebih mudah digunakan ketimbang iOS. Hal itu pula yang membuat sistem operasi ini digunakan oleh sebagian besar merk smartphone.

Tapi, dalam waktu yang bersamaan, Android juga memiliki banyak kelemahan yang seringkali bikin bingung pengguna. Mulai dari perkara hardware atau perangkat keras, hingga problem di bagian software.

Terkadang, problem yang dihadapi sulit dikenali dan diidentifikasi. Meskipun begitu, kamu nggak perlu khawatir. Setiap permasalahan, pasti ada solusi. Tak terkecuali masalah gambar headset yang muncul terus.

Masalah pada HP Android ini juga tidak memandang merek. Hampir semua merek HP Android berpotensi mengalaminya. Baik itu HP Xiaomi, Oppo, Samsung Jadul, hingga Asus.

Tapi, sekali lagi, nggak perlu khawatir, ada kok solusi untuk mengatasi problem tersebut. Dan kali ini, tim Droila sudah mengumpulkan dari berbagai sumber cara paling ampuh buat menghilangkan gambar headset di HP. Mau tahu?

cara menghilangkan gambar headset (Reddit)
cara menghilangkan gambar headset (Reddit)

Penyebab Gambar Headset Muncul Terus di Layar HP Android

Sebelum kita memasuki bahasan solusi, alangkah baiknya pembaca ketahui terlebih dulu apa saja penyebab gambar headset muncul terus di layar HP. Sehingga, kamu bisa meminimalisir peristiwa yang sama terulang kembali.

Berdasarkan penelusuran Droila ada beberapa faktor yang kemungkinan menyebabkan gambar headset muncul terus. Antara lain:

  1. Ada air di dalam colokan headset
  2. Pengguna mencopot headset ketika musik atau video masih diputar
  3. HP kecemplung air, sehingga layar macet (freeze) pada satu tampilan saja

Setelah mengetahui kemungkinan penyebab kondisi tersebut, kini waktunya kita membahas cara menghilangkan tanda earphone pada hp ketika sudah dicabut. Scrolling lagi aja, bray.

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP

Harap tenang. Bagi pengguna yang sedang menghadapi kendala di mana gambar headset muncul terus di layar HP, langsung terapkan salah satu langkah di bawah, ya.

Cara 1: Restart Perangkat

Jika problem tersebut disebabkan adanya eror di bagian perangkat lunak atau software, seharusnya menghidupkan ulang perangkat sudah cukup mengatasi. Selai itu, berbagai problem yang dihadapi perangkat juga bisa diatasi sekaligus melalui cara ini.

Baik suhu ponsel meningkat, performa lambat, memori penuh, hingga layar freeze.

Setelah perangkat hidup kembali, pastikan ikon headset sudah menghilang. Jika gambar headset masih muncul di layar, maka waktunya jalankan langkah kedua.

Baterai HP Android yang bisa dilepas (Motorola-Global)
Baterai HP Android yang bisa dilepas (Motorola-Global)

Cara 2: Matikan Perangkat Lalu Copot Baterai

Memang, sebagian besar ponsel anyar sudah dibekali baterai tanam. Meskipun begitu, masih ada beberapa perangkat menggunakan baterai yang bisa dilepas. Untuk pembaca yang menggunakan jenis HP ini, mencopot baterai bisa jadi solusi kedua untuk mengatasi problem tersebut.

Cara ini juga bisa mengatasi problem di mana layar freeze atau stuck pada satu tampilan saja. Dengan melepas baterai, maka sumber daya pun akan hilang. Sehingga, ponsel pun akan mati dengan sendirinya.

Perlu dicatat, jangan terlalu sering melakukan langkah ini. Soalnya, bisa memengaruhi kesehatan perangkat lunak dari ponsel yang kamu gunakan. Jadi, terapkan jika benar-benar dibutuhkan aja, ya.

Cara 3: Pasang Lagi Headset Lalu Copot

Meskipun cara ini masih bersifat asumsi karena tidak ada penjelasan teknis yang melatarbelakanginya, tak ada salahnya mencoba, bukan? Apalagi banyak teknisi HP yang menyarankan cara ini.

Bisa disimpulkan kalo memasang lagi headset lalu mencopotnya bisa mengatasi problem yang tengah dihadapi.

Headset HP Android (AndroidData)

Cara 4: Bersihkan Debu dan Kotoran dari Port Colokan Headset

Tanpa kamu sadari, colokan headphone memiliki sakelar kecil yang berfungsi untuk mengidentifikasi headphone. Ketika sakelar tersebut ditutupi debu, bisa mengakibatkan macet sehingga tanda eraphone muncul terus ketika sudah dicabut.

Oleh karena itu,  pengguna perlu memastikan apakah ada tumpukan debu pada colokan headset. Jika ada, bersihkan colokan tersebut. Kamu bisa menggunakan kapas atau cottonbud. Yang jelas, jangan gunakan benda tajam, ya. Soalnya bisa berpotensi merusak sakelar headphone yang ada di dalam.

Cara 5: Gunakan Vacuum Cleaner untuk Membersihkan Air dan Debu dari Ponsel

Seperti sudah disinggung di atas, air serta tumpukan debu juga bisa menjadi penyebab dari tanda headset yang muncul terus. Maka, cara menghilangkan gambar headset yang bisa kamu lakukan yakni dengan membersihkan ponsel dari air maupun debu yang ada di dalam perangkat.

Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner. Kamu bisa mengarahkan moncong dari penyedot debu pada bagian berlubang perangkat. Mulai dari colokan kabel USB, colokan headset hingga lubang udara yang biasanya dipakai untuk mengeluarkan panas.

Jika tidak punya vacuum cleaner, kamu bisa kok meletakkan perangkat di dalam tumpukan beras. Pasalnya, beras menyimpan suhu yang bisa membantu penguapan air di dalam ponsel. Letakkan selama beberapa jam agar air benar-benar menguap dan menghilang.

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP (Headphonesty)
Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP (Headphonesty)

Kesimpulan

Usai sudah uraian tips HP hari ini mengenai cara menghilangkan gambar headset. Yang pasti, tetap tenang jika problem ini kamu hadapi. Jalankan langkah-langkah di atas, lalu kamu bisa melihat gambar headset pun menghilang.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like