Cara Gampang Menghilangkan Goresan di HP: Bisa untuk Gorilla Glass, Kaca Anti Gores, sampai Tempered Glass!

Cara menghilangkan goresan di layar HP (NewsAPI)
Cara menghilangkan goresan di layar HP (NewsAPI)

Entah akibat tergores kunci kendaraan, atau bahkan nggak sengaja terjatuh, HP milik kita memang ditakdirkan untuk tergores. Baik goresan ringan yang kecil dan nggak kentara, sampai jenis goresan parah yang bikin kita pun nggak nyaman saat menggunakan.

Langkah terbaik dan tercepat untuk menghilangkan goresan pada layar HP tentu saja dengan menggantinya. Tapi, tentu ini bukanlah pilihan termurah. Apalagi kalo HP milikmu adalah jenis kelas atas, tentu harganya bakal makin mahal.

Itu baru harga komponen layar aja, lho. Belum terhitung dengan harga dari jasa pemasangan. Apalagi di masa menjelang resesi seperti saat ini, ganti layar HP pun akhirnya terpinggirkan. Jadi kebutuhan yang bisa ditunda dan diselesaikan lain waktu.

Cara menghilangkan goresan di HP (Mashable)
Cara menghilangkan goresan di HP (Mashable)

Memang ada langkah yang lebih lambat. Pasang sendiri aja layar HP yang sudah dibeli lewat toko online. Toh sekarang tutorial memasang layar HP Android atau iPhone bisa kamu temukan dengan mudah lewat YouTube, kok.

Kalo kamu masih merasa jawaban di atas belum menuntaskan persoalan, tenang dulu, Gan. Tim Droila sudah rangkumkan berbagai cara menghilangkan goresan di HP. Dengan menjalankan langkah di bawah, kamu nggak perlu lagi pergi ke tukang servis atau repot-repot cari tutorial memasang layar. Mau tahu bagaimana caranya? Simak terus, Gan.

Cara Menghilangkan Lecet di HP

Bagi sebagian orang, lecet sedikit yang penting tak terlihat tentu nggak jadi persoalan. Pun perlindungan teknologi kaca anti gores, tempered glass, atau Gorilla Glass, nggak terlalu terasa. Hanya bikin layar terlihat makin tebal!

Faktanya, goresan pada layar HP mudah menyebar dan membesar. So, untuk kamu yang pengin mengatasinya, langsung deh terapkan cara-cara yang sudah disiapkan di bawah.

Pasta Gigi

Menghilangkan goresan HP pakai pasta gigi (YouTube)
Menghilangkan goresan HP pakai pasta gigi (YouTube)

Ya, menurut pengakuan netizen Twitter, pasta gigi bisa menyamarkan goresan kecil pada layar HP. Tapi ingat, pasta gigi yang warna putih, ya. Bukan pasta gigi yang berbentuk gel.

Cara menghilangkan goresan pada layar HP menggunakan pasta gigi mudah, kok. Cukup oleskan pasta gigi pada kapas atau tisu. Menurut pengalaman penulis sih kamu hanya membutuhkan sedikit pasta gigi, kok. Setelah itu, usapkan pada layar searah jarum jam.

Ulangi gerakan tersebut sampai goresan mulai samar. Sebagai catatan, cara ini paling efektif diterapkan pada goresan yang masih kecil. Memang bisa kamu terapkan pada layar yang punya goresan panjang, tapi tetap nggak terlalu sempurna.

Baking Soda

Membersihkan pakai baking soda (PricePrice)
Membersihkan pakai baking soda (PricePrice)

Biasanya, manfaat baking soda adalah untuk memutihkan gigi, perawatan kulit, rambut, serta menghaluskan tumit. Yang kamu belum tahu, baking soda juga bisa dipakai untuk menyamarkan goresan di HP, lho.

Hanya saja, sebelum melakukan langkah ini kamu perlu menempelkan plester pada pinggir telepon. Tujuannya supaya nggak ada cairan yang masuk dari cela-cela HP. Nah, untuk cara penggunaannya, campurkan serbuk baking soda dengan air. Lalu aduk sampai mengental.

Setelah itu, oleskan pasta baking soda tersebut ke bagian yang retak atau tergores. Gosok secara perlahan dalam gerakan melingkar. Jika sudah, basuh layar menggunakan kain yang sudah dibasahi lalu keringkan pakai kain lainnya.

Bedak Bayi

Bedak Bayi (Mashable)
Bedak Bayi (Mashable)

Cara penerapannya, mudah, kok. Campurkan bedak bayi secukupnya dengan air lalu aduk sampai mengental. Jika sudah, oleskan pada bagian layar HP yang retak atau tergores.

Bedak bayi bisa jadi pengganti baking soda. So, bahan yang tepat kalo kamu terlalu malas keluar dan beli perlengkapan, bukan?

Minyak Sayur

Minyak sayur (EliteReaders)
Minyak sayur (EliteReaders)

Untuk goresan yang kecil dan samar, kamu bisa kembalikan kilaunya menggunakan minyak sayur. Bahkan, sudah banyak pengguna smartphone yang membuktikan keampuhan cara ini. Cukup teteskan satu tetes minyak sayur pada tisu atau kapas. Lalu, oleskan dan gosok dengan gerakan melingkar.

Lakukan beberapa saat sampai goresan benar-benar tak terlihat. Nah, tapi kamu wajib hati-hati, ya. Jangan sampai HP rusak gegara kemasukan air.

Tawas dan Putih Telur

Putih telur dan tawas (WonderfulEngineering)
Putih telur dan tawas (WonderfulEngineering)

Berdasarkan tutorial yang penulis lihat dari video YouTube, campuran kalium aluminium dengan putih telur terbukti ampuh untuk menghilangkan goresan di layar HP.

Dan sebelum melakukan langkah ini, siapkan terlebih dulu beberapa bahan berikut: tawas atau kalium alumunium sulfat (yang bisa kamu beli pada toko obat terdekat), microfiber, aluminium foil, dan telur.

Cara penerapannya, pisahkan kuning telur dan putih telur, lalu campurkan dengan tawas. Kemudian, panaskan campuran tersebut sampai suhu 65 derajat Celcius. Jika sudah, rendam kain microfiber pada larutan tersebut.

Setelah itu, bungkus kain yang sudah direndam tersebut menggunakan alumunium foil. Letakkan ke dalam oven lalu atur suhu hingga 300 derajat.

Tunggu sampai kain mengering lalu keluarkan. Selanjutnya, bilas kain microfiber tersebut dengan air dingin lalu gosokkan secara perlahan pada bagian yang retak atau tergores.

FYI, sebelum menjalankan cara menghilangkan goresan di HP yang sudah disebutkan di atas, lebih baik matikan dulu HP milikmu. Lalu, copot baterai (kalo bisa) dan tutup setiap lubang yang ada di HP dengan plester. Tujuannya untuk mencegah HP rusak akibat kemasukan cairan. Kalo sudah, langsung jalankan, cuy.

Jangan sampai ketinggalan beragam tips HP Android atau iOS terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, games, dan rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like