Cara Menghilangkan Mode Aman di HP yang Susah Hilang, Bisa Merk Apapun!

Cara menghilangkan mode aman (Digital Trends)
Cara menghilangkan mode aman (Digital Trends)

Sedang cari cara menghilangkan mode aman di HP? Langsung scroll aja. Tim Droila sudah mengumpulkan beberapa langkah yang bisa kamu coba.

Saat ini, tak ada yang lebih menyebalkan ketimbang ponsel yang rusak atau eror. Dan biasanya, sebagian besar artikel akan mengajak kamu untuk mengaktifkan mode aman. Tapi, gimana kalo mode aman nggak bisa hilang?

Ya, seperti kita tahu, Mode Aman pada HP Android adalah cara terbaik untuk mendiagnosa problem pada ponsel. Mode ini mampu memblokir aplikasi pihak ketiga yang berjalan di latar belakang.

Dengan begitu, saat mode aman diaktifkan, kamu bisa tahu apa yang bikin perangkat eror atau bermasalah. Maka dari itu, cara ini seringkali disarankan oleh sebagian besar artikel. Terutama untuk menghadapi kerusakan yang lumayan parah.

Nah, di bawah, tim Droila sudah menyiapkan beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai Mode Aman Android. Mulai dari cara mengaktifkannya. Sampai cara menghilangkan mode aman di HP yang susah hilang. Tanpa panjang lebar, langsung cek aja, ya.

Cara menghilangkan safe mode android (Android Authority)
Cara menghilangkan safe mode android (Android Authority)

Cara Mengaktifkan Mode Aman di HP

Perlu diketahui, ada beberapa cara mengaktifkan mode aman di HP. Setiap versi sistem operasi memiliki sedikit cara yang berbeda. Dan untuk kamu yang masih menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow hingga yang paling baru, ikuti cara di bawah untuk mengaktifkannya.

  1. Tekan dan tahan tombol Power lalu pilih menu Power Off untuk mematikan perangkat
  2. Tekan dan tahan tombol Power hingga kamu melihat animasi dari logo merek ponsel
  3. Begitu logo muncul, lepaskan tekanan pada tombol Power, lalu pindah tekan tombol Volume Down
  4. Tetap tekan sampai ponsel hidup
  5. Nantinya, kamu akan melihat tulisan Safe Mode yang terletak di pojok kanan bawah

Cara Menghilangkan Safe Mode di HP Android

Kamu tentu nggak ingin ponsel yang dipakai aktif pada mode aman terus menerus. Seperti sudah disinggung di atas, mode ini bakal memblokir seluruh layanan aplikasi pihak ketiga.

Ya, termasuk sejumlah aplikasi yang sering kamu pakai. Contohnya seperti Instagram, Facebook, TikTok, WhatsApp, serta aplikasi utilitas seperti aplikasi penghapus cache, aplikasi untuk mempercepat RAM, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, ada baiknya jika Safe Mode Cuma diaktifkan sementara saja. Hanya untuk melihat sumber masalah yang bikin ponsel eror. Dan kalo masalah sudah ditemukan, segera nonaktifkan mode aman Android.

Baik kamu menggunakan Samsung Galaxy Note 20 Ultra, Mi 11 Ultra, atau Realme C25, tenang aja. Cara ini bisa dipakai di seluruh jenis ponsel Android.

Tapi, catatannya, ponsel milikmu haruslah sudah menjalankan OS Android Marshmallow atau yang paling baru. Jika belum, kamu perlu menggunakan cara yang berbeda. Lalu, untuk langkah-langkahnya, ikuti uraian di bawah:

  1. Tekan dan tahan tombol Power
  2. Kemudian, tekan dan tahan ikon Power Off yang muncul di layar
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul menu Reboot to Safe Mode
  4. Ketuk menu tersebut
cara menghilangkan mode aman di hp (Pindah Lubang)
cara menghilangkan mode aman di hp (Pindah Lubang)

Cara Menghilangkan Safe Mode yang Susah Hilang

Tak jarang, eror juga tetap kamu alami meskipun sudah mengaktifkan Safe Mode. Bahkan, akibat eror pada ponsel, Mode Aman pun susah dihilangkan. Eits, tetap tenang, kamu bisa kok menghilangkan mode aman yang susah hilang. Ikuti langkah di bawah:

Lepas Baterai HP

Ya, cara pertama untuk menghilangkan mode aman yang susah hilang adalah dengan melepas baterai. Dengan melakukan langkah ini, maka ponsel milikmu akan langsung menghentikan seluruh proses dan mati seketika.

Selanjutnya, kamu Cuma perlu menunggu beberapa detik sebelum mengaktifkannya lagi. Sayang, seperti kita tahu, sebagian besar ponsel terkini sudah nggak lagi menggunakan baterai yang bisa dilepas. Sehingga, cara ini Cuma bisa dilakukan pada ponsel lawas.

Hapus Aplikasi yang Eror

Jika cara di atas masih gagal untuk menonaktifkan mode aman. Tetap tenang. Ada langkah kedua yang bisa kamu lakukan. Yakni dengan menghapus aplikasi yang eror.

Nah, untuk menghapus aplikasi yang eror pada Mode Aman, kamu bisa lakukan langkah di bawah. Langsung cek, ya.”

  • Buka Pengaturan HP Android
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus
  • Ketuk aplikasi tersebut
  • Lalu, ketuk tombol Uninstall

Mudah banget, bukan? Jadi langsung lakukan aja, ya.

cara menghilangkan mode aman yang susah hilang (Android Authority)
cara menghilangkan mode aman yang susah hilang (Android Authority)

Hapus Cache

Cara terakhir untuk menghilangkan Safe Mode di HP Android milikmu adalah dengan menghapus cache. Seperti sudah sering dijelaskan, cache yang menumpuk banyak bisa mengakibatkan ponsel eror. Dan untuk menghapusnya cukup mudah. Ikuti uraian di bawah:

  • Buka Pengaturan lalu masuk ke halaman Apps
  • Pilih salah satu Aplikasi
  • Ketuk menu Clear Cache

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai cara menghilangkan mode aman di HP. Jadi, tak perlu panik jika mode Aman yang kamu aktifkan malah susah hilang. Langsung lakukan tips HP Android di atas aja, ya.

1/5 - (70 votes)
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like