Cara Menghilangkan Notifikasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis

Cara menghilangkan ruang penyimpanan hampir penuh (GuidiingTech)
Cara menghilangkan ruang penyimpanan hampir penuh (GuidiingTech)

Bayangkan aja deh sebuah peristiwa di mana kamu ingin mengunduh lagu terbaru kiriman teman atau lewat website tapi nggak bisa. Begitu kamu membuka jendela pemberitahuan, yang muncul malah pemberitahuan ruang penyimpanan hampir habis. Tentu kesal sendiri, bukan?

Cerita pun nggak berakhir disitu saja. Ketika kamu mengusap layar agar pemberitahuan tersebut hilang, ternyata nggak bisa. Pemberitahuan tersebut tetap ada di sana.

Pernah mengalaminya?

Tenang, kamu nggak sendirian. Soalnya, ada ribuan –mungkin jutaan- pengguna HP Android di luar sana yang pernah mengalami hal serupa. Terutama mereka yang menggunakan HP Android dengan memori internal 16GB atau yang lebih kecil, biasanya paling mudah menghadapi hal ini.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

Membersihkan memori HP yang hampir penuh (Avast)
Membersihkan memori HP yang hampir penuh (Avast)

Solusi sebagian besar pengguna tentu menyembunyikan pemberitahuan tersebut. Padahal, itu bukanlah hal yang benar-benar sebuah solusi. Soalnya pemberitahuan tersebut bakal muncul lagi.

Maka, kamu perlu mengetahui terlebih dulu akar permalasahannya. Setelah itu, baru deh kamu bisa menjalankan cara menghilangkan ruang penyimpanan hampir habis.

So, agar kamu nggak berulangkali menghadapi persoalan yang sama, yuk simak uraian lebih lengkap mengenai pemberitahuan pada HP Android in.

Kenapa Memori Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit?

Ada beberapa faktor yangg menyebabkan hal ini terjadi. Melansir halaman Bantuan Google, berikut ini faktor yang menyebabkan memori internal HP cepat penuh.

Ukuran Aplikasi Besar

Ya, pertanyaan di atas bisa kamu alami mungkin karena memang ukuran aplikasi yang cukup besar. Jadi, meskipun kamu cuma memiliki sedikit aplikasi, tapi kalo ukurannya besar, tetap aja bakal memenuhi ruang penyimpanan, bukan?

Misal, kapasitas memori kosong yang terdapat pada HP adalah 16GB. Artinya, pengguna bisa memasang aplikasi hingga 8 aplikasi. Dengan catatan, masing-masing aplikasi berukuran 2GB –sebagaimana ukuran game mobile terkini.

Tapi itu baru aplikasi yang akan dipasang aja, lho. Belum termasuk jenis aplikasi bawaan serta aplikasi sistem atau firmware

Tumpukan File Cache

Selain aplikasi, file cache juga memengaruhi kemunculan notifikasi memori penyimpanan penuh meskipun aplikasi sedikit. Jika kamu jarang menghapus file sampah, tak jarang bisa menumpuk hingga beberapa GB. Tentu sayang kalo kapasitas tersebut cuma dipakai untuk menyimpan cache aja, bukan?

Maka dari itu, sebaiknya sih kamu sering menghapus jenis file ini. Nggak perlu setiap hari, cukup beberapa hari sekali. Soalnya, meskipun file cache memenuhi memori, jenis file ini juga memiliki fungsi tersendiri. Yakni membuat pemrosesan aplikasi dalam mengambil data berjalan lebih cepat.

Cara menghilangkan tulisan ruang penyimpanan hampir penuh (Imgur)
Cara menghilangkan tulisan ruang penyimpanan hampir penuh (Imgur)

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Ruang Penyimpanan Hampir Habis?

Jika kamu sudah mengetahui faktor yang menyebabkan kemunculan file tersebut, kini waktunya untuk menjalankan cara menghilangkan tulisan ruang penyimpanan hampir penuh pada HP Android milikmu.

Penasaran? Simak terus uraian di bawah, ya.

Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Ini bisa jadi langkah pertama yang bisa kamu lakukan. Pilih aplikasi yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi. Jika tidak ada, pilih berdasarkan layanannya. Jika layanan dari aplikasi tersebut bisa kamu akses melalui website, lebih baik dihapus saja.

Setidaknya bisa meminimalisir kinerja RAM serta menghemat kapasitas memori internal, bukan? Contohnya seperti aplikasi e-commerce (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain-lain), aplikasi media sosial (Twitter, Facebook, atau Messenger), dan masih banyak lagi.

Gunakan Aplikasi Versi Lite

Beruntungnya, masing-masing pengembang aplikasi turut memahami kendala yang kerapa dihadapi pengguna HP Android ini. Terutama pengembang aplikasi yang ukurannya besar. Sehingga, pengembang pun meluncurkan aplikasi versi Lite, atau ringkas.

Contohnya seperti Facebook yang meluncurkan aplikasi FB Lite serta Messenger Lite, hingga Tencent dengan game PUBG Mobile Lite.

Secara fungsi, tidak ada yang berbeda antara versi normal dan ringan. Hanya saja, untuk aplikasi versi Lite, biasanya minim fitur serta layanan. Hanya diisi dengan layanan utama saja.

Membersihkan cache Android (TechHive)
Membersihkan cache Android (TechHive)

Bersihkan File Cache

Seperti sudah disinggung di atas, file cache merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kemunculan pemberitahuan ini. Maka dari itu, cara menghilangkan penyimpanan hampir habis yang ketiga adalah dengan menghapus file cache.

Caranya mudah, kok. Buka aplikasi Pengaturan, masuk ke menu App atau Pengelola Aplikasi, lalu klik salah satu aplikasi yang berukuran besar. Jika sudah masuk, tap tombol Storage atau Penyimpanan lalu pilih menu Clear Cache atau Hapus Cache.

Nah, itulah berbagai cara menghilangkan ruang penyimpanan hampir habis yang bisa kamu lakukan sendiri. So, nggak perlu khawatir kalo pemberitahuan ini muncul. Langsung terapkan salah satu langkah di atas, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like