Kini Kamu Bisa Mengubah Tampilan Warna dan Tema Pada DM Instagram, Gini Caranya

Cara mengubah warna chat Instagram (HITC)
Cara mengubah warna chat Instagram (HITC)

Fitur DM Instagram tengah mendapatkan perubahan besar. Bulan lalu, setidaknya ada beberapa fitur kunci yang sudah ditambahkan dan bakal mengubah cara pengguna menggunakan platform media sosial ini.

Yang pertama adalah integrasi antara DM Instagram dengan Facebook Messenger. Hasil dari penggabungan tersebut membuat pengguna bisa berkomunikasi lintas platform –baik dari Instagram ke Facebook atau sebaliknya.

Bahkan, menurut penjelasan perusahaan, nantinya pengguna bisa mengirimkan pesan ke platform Instagram atau Facebook tanpa mengunduh aplikasi tersebut. Di samping itu itu, beberapa fitur penting lain antara lain stiker selfie, Mode Vanish, Watch Together, kustomisasi emoji, hingga personalisasi warna chat.

Tema DM Instagram (Bustle)
Tema DM Instagram (Bustle)

Penambahan Fitur Tema dan Warna DM Instagram

Ya, kini kamu bisa mengubah warna latar belakang serta tema dari halaman DM Instagram. Dan bagi Facebook, penambahan fitur ini merupakan representasi dari keinginan perusahaan dalam membebaskan pengguna mempersonalisasikan komunikasi dengan teman, keluarga, atau bahkan pengikut.

Artinya, kamu bisa memberi warna serta tema yang berbeda pada setiap chat Instagram. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan tampilan yang lebih warna-warni, bukan?

Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengubah warna dari balon percakapan juga, lho. Sehingga, kamu bisa mendapatkan nuansa percakapan yang lebih personal –bebas diatur dan disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan.

Cara Mengubah Tema dan Warna Chat pada DM Instagram

Kini, fitur-fitur baru tersebut sudah bisa digunakan oleh pengguna dari berbagai negara. Hanya saja, kamu perlu memperbarui aplikasi lewat Play Store atau App Store terlebih dulu.

Kalo sudah, begini lho cara mengubah tema dan warna chat di DM Instagram. Cuma butuh beberapa langkah aja, kok.  

  1. Buka DM Instagram yang pengin kamu ubah tema atau warnanya
  2. Kalo sudah, tap ikon Information yang terletak di sisi kanan atas layar –di sebelah ikon Video
  3. Selanjutnya, tap lingkaran kecil yang berada di sebelah menu Tema
  4. Setelah itu kamu bakal dialihkan ke halaman pilihan tema. Tenang aja, Instagram sudah membekali banyak pilihan tema yang bisa kamu terapkan, lho. Bahkan, ada juga pilihan Warna dan Gradien untuk kamu yang ingin membuat halaman chatting lebih berwarna.

Penting dicatat, kamu nggak bisa bisa menggabungkan antara aksen warna dan tema. Ya, kamu hanya bisa mengaktifkan salah satu pilihan dalam satu waktu saja.

Di samping itu, rekan chattingmu juga  bakal mendapatkan pemberitahuan kalo kamu sudah mengganti tema, lho. Soalnya, apa pun perubahan yang kamu lakukan juga bakal diterapkan pada tampilan penerima chat. Begitu pula sebaliknya.

Contoh pilihan tema untuk DM Instagram (Bustle)
Contoh pilihan tema untuk DM Instagram (Bustle)

Cara Mengatasi Tema DM Instagram Tidak Bisa Diubah

Beberapa pengguna mungkin sudah mengalami kendala dimana tema DM Instagram tidak bisa diubah. Nah, tetap tenang. Berdasarkan uji coba penulis, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Simak uraian di bawah, ya.

Update Aplikasi Instagram

Kalo kamu masih nggak melihat menu Tema pada pengaturan Direct Message Instagram, maka kamu perlu memperbarui aplikasi tersebut. Cukup buka Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iPhone). Lalu, ketikkan Instagram pada kotak pencarian.

Setelah itu, tap tombol Update. Begitu selesai, buka aplikasi lalu ulangi cara mengubah tampilan dan tema DM Instagram di atas. Seharusnya sih menu Tema sudah muncul pada pengaturan.

Kalo masih tak terlihat, tutup aplikasi lalu restart perangkat. Kemudian, begitu ponsel menyala kembali, langsung buka aplikasi Instagram. Maka, kamu bakal menemukannya.

Perbarui Aplikasi Messenger

Seperti sudah dijelaskan di atas, pembaruan fitur Direct Message Instagram juga memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan lintas platform; antara Instagram dan Messenger vice versa. Oleh karena itu, kegagalanmu mengakses menu mengubah tema DM bisa jadi diakibatkan aplikasi Messenger yang belum update.

Nah untuk kamu yang belum update Messenger, bisa kok melakukannya lewat Instagram. Pertama kamu perlu masuk ke halaman profil Instagram. Kemudian, tap ikon burger yang terletak di sisi kanan atas dan pilih menu Pengaturan.

Setelah itu, kamu akan melihat menu Update Messaging yang terletak di posisi paling atas. Tap menu tersebut. Selanjutnya kamu bisa membaca berbagai penjelasan mengenai fitur terbaru DM Instagram. Tap Update.

Terakhir, kamu bakal diminta untuk apakah ingin menghubungkan akun Instagram dan Facebook. Jika iya, kamu bisa mengirimkan pesan dari Instagram ke kontak Messenger. Tap Lanjutkan kalo kamu pengin menghubungkan atau Skip jika nggak mau.

Jika sudah, maka kamu bisa melihat menu Tema muncul pada Pengaturan DM Instagram. Mudah, bukan?

Nah, daripada berlama-lama membaca penjelasan, langsung praktikkan aja. Sehingga kamu bisa melihat secara langsung bagaimana pengaruh pembaruan DM Instagram tersebut pada tampilan.

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi software terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan pemberitahuan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iPhone, serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like