Cara Mengunci Semua Aplikasi di Android, Jangan Sampai Privasimu Terganggu!

cara mengunci semua aplikasi (Selular)
cara mengunci semua aplikasi (Selular)

Cara mengunci aplikasi di Android penting untuk kamu ketahui. Pasalnya, langkah ini bisa membantumu untuk menjaga keamanan serta data privasi yang tersimpan di perangkat.

Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula teknik peretasan. Apalagi, data privasi kini mudah didapatkan para penjahat digital.

Bagaimana tidak, setiap aplikasi yang terpasang di perangkatmu kini memiliki akses ke sejumlah data penting. Misal data nomor kontak, history penelusuran, akun dan password yang tersimpan, serta masih banyak lagi.

Dan aktivitas paling sederhana yakni mengintip isi aplikasi orang lain. Entah itu teman, saudara, orang tua, hingga pasangan. Kalo kamu masih ingat, beberapa hari yang lalu ada seorang polisi yang dimutasi gegara mengecek isi ponsel orang lain tanpa ijin, lho.

Ya, kondisi itulah yang baiknya kamu waspadai. Dan mengingat masyarakat kita masih cenderung belum memahami makna penting privasi, tidak ada salahnya jika mulai menerapkannya dari diri sendiri.

Caranya cukup mudah kok. Cuma jalankan aja salah satu cara mengunci semua aplikasi di HP Android berikut ini saja. Dan di bawah, tim Droila sudah mengumpulkan beberapa langkah yang bisa kamu coba. Baik dengan atau tanpa aplikasi. Mau tahu?

cara untuk mengunci aplikasi (Abijita)
cara untuk mengunci aplikasi (Abijita)

Cara Kunci Aplikasi di HP dengan Aplikasi Tambahan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengunci seluruh aplikasi di HP yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan. Apalagi, kini sudah ada banyak pilihan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu pakai.

Tapi awas. Saking kondangnya layanan aplikasi sejenis, banyak pula aplikasi di Play Store yang malah disusupi malware. Padahal, malware bakal membuat perangkatmu rentan dari pencurian data serta peretasan.

Dan jika mengingat fakta tersebut, maka kamu harus makin hati-hati pula dalam memasang aplikasi pihak ketiga. Apalagi jika berasal dari sumber yang bukan Play Store!

Kini, sudah ada beberapa aplikasi pengunci aplikasi Android yang bisa kamu pakai. Contohnya seperti aplikasi AppLock bikiinan DoMobile Lab, Norton App Lock, Perfect App Lock, Smart AppLock bikin studio SpSoft, serta Vault bikinan NQ Mobile Security.

Belum tahu cara pasang aplikasi pengunci aplikasi tersebut? Tenang, kamu bisa ikuti petunjuk di bawah ini. Langsung scrolling aja, ya.

  1. Unduh dan pasang aplikasi pengunci aplikasi yang ingin kamu pakai dari Play Store
  2. Jika sudah, buka aplikasi tersebut untuk menyesuaikan pengaturan awal
  3. Selanjutnya, membuat pola keamanan sebagai kode kunci aplikasi yang pertama. Jika bisa, bikin pola kunci yang unik dan hanya diketahui kamu saja
  4. Kemudian, ulangi pola yang sudah kamu buat
  5. Langkah berikutnya yakni menerapkan pola kunci tersebut untuk mengunci aplikasi. Mudah, kok. Cukup masukkan alamat email yang kamu pakai. Tujuannya untuk mengantisipasi suatu saat kamu lupa pola kunci HP Android.
  6. Lalu, kamu akan melihat aplikasi pengunci aplikasi yang sudah terpasang. Ketuk aplikasi yang kamu pakai, lalu beri iziin pada aplikasi untuk mengakses sejumlah fitur.
  7. Terakhir, tunggu hingga logo gembok berwarna hijau. Kalo sudah, maka pola kunci pun akan otomatis berjalan.
cara mengunci setiap aplikasi di android (Dignited)
cara mengunci setiap aplikasi di android (Dignited)

Cara untuk Mengunci Aplikasi Tanpa Aplikasi Tambahan

Barangkali, ada beberapa di antara pembaca yang memori RAM kecil atau kapasitas penyimpanan internal kurang. Atau, kendala lain yang membuatmu tidak bisa memasang aplikasi lagi.

Beruntungnya, masih ad acara mengunci aplikasi lain yang bisa kamu lakukan. Ya, kamu nggak perlu memasang aplikasi tambahan lainnya. Cukup memanfaatkan fitur bawaan Android saja.

Pengin tahu bagaimana cara untuk mengunci aplikasi tanpa aplikasi? Jika penasaran, simak uraian di bawah, ya.

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Swipe up layar sampai kamu menemukan menu Pengaturan Tambahan
  3. Kalo sudah, ketuk menu Privasi
  4. Berikutnya, ketuk menu pilihan Lock Individual Apps lalu pilih App to Lock
  5. Nantinya, kamu bisa mengunci salah satu aplikasi yang diinginkan. Jika ingin mengunci beberapa aplikasi, kamu bisa mengulangi langkah ini dari langkah pertama
  6. Jika pola kunci aplikasi sudah selesai dibuat, selanjutnya tinggal memilih aplikasi yang ingin dikunci
  7. Tak butuh waktu lama, maka aplikasi yang kamu pilih pun akan terkunci dan hanya bisa dibuka menggunakan pola saja

Tidak sulit dan nggak membutuhkan waktu lama, bukan? Ya, dua cara di atas sudah lebih dari cukup untuk melindungimu dari berbagai aktivitas atau tindakan kejahatan digital.

Selain itu, dua cara di atas juga bisa kamu pakai untuk mengunci aplikasi YouTube, Facebook, Play Store, dan masih banyak lagi. Jadi, untuk kamu yang punya temen iseng dan jahil, wajib lakukan salah satu cara di atas!

Maka dari itu, jika aplikasi yang kamu pakai masih bisa dibuka orang lain, jangan ragu untuk melakukan cara mengunci aplikasi di atas. Dijamin, tak akan ada lagi yang mengintip data pribadi pada aplikasimu.

Usai sudah penjelasan tips HP kali ini mengenai cara mengunci aplikasi Android. Semoga uraian di atas bisa membantumu untuk meningkatkan keamanan perangkat, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like