4 Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Suara HP Android

Cara meningkatkan kualitas suara Android (NextPit)
Cara meningkatkan kualitas suara Android (NextPit)

Handphone yang kita gunakan mampu mengeluarkan audio untuk beragam jenis tugas. Mulai dari mendengarkan musik, nonton film, sampai bermain game. Akan tetapi, sekalipun mampu melakukan semua tugas di atas, bukan berarti kualitasnya teruji dan bisa diandalkan, ya. Dan untuk kamu yang ingin meningkatkan kualitas suara Android, terapkan cara di bawah.

Ya, nggak semua HP Android dibekali hardware dengan kemampuan audio yang memuaskan. Bahkan, harus diakui, ada juga perangkat yang memiliki kualitas audio mengecewakan. Tapi, beruntunglah kita hidup di era teknologi.

Apa pun problem yang dihadapi, kini bisa diselesaikan; baik menggunakan aplikasi maupun tips dan trik yang tersedia di dunia maya dan bisa kamu lakukan sendiri. Tak terkecuali untuk memperbesar volume atau kualitas suara HP Android milikmu.

Meningkatkan kualitas suara Android (SysTweak)
Meningkatkan kualitas suara Android (SysTweak)

Cara Meningkatkan Kualitas Suara di HP Android

Baik kamu ingin meningkatkan kualitas mp3 maupun video, selalu ada kok cara yang bisa dilakukan. Dan berdasarkan penelusuran tim Droila, begini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sendiri.

Tingkatkan Kualitas Audio yang pada Aplikasi Streaming Musik

Spotify dan Apple Music (The Verge)
Spotify dan Apple Music (The Verge)

Barangkali, problem mengapa audio yang dihasilkan perangkat terdengar buruk bukan dari perangkat. Barangkali, sumber masalah terletak dari pengaturan apliaksi streaming musik yang kamu gunakan. Soalnya, banyak aplikasi yang mengatur kualitas audio yang dihasilkan layanannya dengan standar terendah.

Kalo memang itu yang kamu hadapi, yang perlu dilakukan adalah mengatur output audio yang dihasilkan aplikasi secara manual. Hal ini bisa kamu lakukan lewat menu Pengaturan. Karena penulis menggunakan aplikasi Spotify, berikut ini cara untuk mengatur kualitas audio yang bisa kamu lakukan sendiri.

Pertama, buka Pengaturan lalu klik menu Music Quality. Selanjutnya, pilih menu Very High. Nantinya, audio yang dihasilkan bakal diatur menjadi 320kbit/s. Sementara itu, untuk pengguna iPhone yang memutar musik lewat aplikasi Apple Music, bisa lho langsung buka PengaturanMusic > Mobile Data lalu geser toogle pada menu High-Quality Streaming.

Sesuaikan Case HP

Meningkatkan kualitas audio di Android (YouTube)
Meningkatkan kualitas audio di Android (YouTube)

Mungkin kamu pun nggak terpikirkan karena menganggapnya terlalu sederhana. Tapi, jika memang casing HP sumber masalahnya, bisa mengubah kualitas audio jadi benar-benar berbeda, lho. Soalnya, tanpa kamu sadari, casing handphone yang digunakan ternyata bisa memengaruhi output audio.

Apalagi kalo kamu menggunakan casing –baik hardcase maupun softcase– dari produsen pihak ketiga. Alias bukan produk resmi vendor. Sekalipun sudah dirancang agar nggak menghalangi slot-slot sambungan yang terletak di pinggir, bukan berarti nggak menghalangi lokasi output audio.

Maka, cukup lakukan percobaan sederhana. Putar musik lewat HP Android milikmu. Atur volume hingga maksimal. Lalu, coba ulangi hal yang sama usai kamu mencopot case. Apakah ada perbedaan? Jika ada, masalah terpecahkan, bukan?

Beli dan Gunakan Headphone Berkualitas

Headphone Sony (JadiStore)
Headphone Sony (JadiStore)

Ada adagium yang sudah sering kita dengar, “Ada harga, ada kualitas”. Dan tampaknya, pepatah tersebut sangatlah benar jika kita terapkan pada produk teknologi. Coba aja deh bandingkan kualitas audio yang dihasilkan headset seharga puluhanribu yang bisa kamu beli di konter pinggir jalan dengan headphone seharga ratusan ribu atau jutaan.

Dan sebagai saran, kamu bisa kok memilih headphone keluaran Sony. Selain sudah dipercaya kualitas dan daya tahannya, ada beberapa seri yang dijual murah dan terjangkau. Contoh produk yang bisa kamu beli dengan kualitas memuaskan yakni seri SONY Headphone MDR-ZX310AP. Untuk cek harga, kamu bisa langsung buka tautan yang sudah disediakan di bawah ini.

Download Aplikasi Equalizer untuk Sound System HP Android

Aplikasi equalizer Android (GadgetHacks)
Aplikasi equalizer Android (GadgetHacks)

Hanya karena kualitas audio yang buruk, bukan berarti jadi alasan kuat bagi kamu untuk ganti HP, bukan? Bagi sebagian orang, aksi tersebut bahkan terdengar ekstrem. Dan memang ada benarnya. Soalnya, kamu juga bisa kok meningkatkan kualitas suara Android sendiri.

Setelah tiga cara di atas dirasa gagal dan nggak memberimu hasil apa pun, barangkali kini waktunya untuk menjalankan langkah terakhir. Ya, langsung unduh dan gunakan layanan aplikasi equalizer HP Android aja.

Jika memang ini yang kamu butuhkan, tenang aja. Penulis sudah merangkumkan lima pilihan aplikasi equalizer terbaik untuk sound system HP Android, kok. Tinggal pilih, unduh, lalu terapkan langkah-langkah yang tersedia. Setelah itu, kamu bakal melihat adanya perubahan besar pada kualitas audio yang dihasilkan perangkat.

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan kualitas suara Android yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. So, nggak perlu panik kalo kualitas audio HP Android milikmu burik, ya. Segera atasi dengan salah satu cara di atas aja.

Jangan sampai ketinggalan beragam tips HP Android dan iOS terlengkap lain dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan beragam informasi terupdate seputar teknologi, gadget, software, games, dan rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like