Cara Menstabilkan Jaringan 4G pada HP Android atau iPhone, Bisa untuk Semua Provider

cara menstabilkan jaringan 4g (AndroidAuthority)
cara menstabilkan jaringan 4g (AndroidAuthority)

Kini, kita sangat membutuhkan HP dengan koneksi yang stabil. Berkat pandemi, berbagai kegiatan dilakukan via digital. Online. Maka, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kenali yuk bagaimana cara menstabilkan jaringan 4G.

Menatap layar HP kini sudah jadi rutinitas. Baik untuk sekolah, bekerja, hingga menanyakan kabar. Namun, kalo menatap ikon progress, baik download maupun upload file, berjalan lambat –tentu rasanya keki sendiri, bukan?

Apalagi kalo kamu mengalami kendala tersebut di tengah kegiatan penting. Misal sedang mengirimkan tugas sekolah, materi meeting, katalog dagangan, hingga ungkapan perasaan. Seperti peribahasa, ‘Sudah jatuh tertimpa tangga”. Kesialan berlipat ganda.

Memang, masing-masing provider penyedia layanan internet di Indonesia mengklaim sanggup memberikan koneksi internet yang kencang nan stabil. Tapi, sudah jadi rahasia umum pula kalo itu hanyalah bahasa iklan belaka.

Buktinya, di kota besar sekalipun kendala ini masih sering dialami pengguna. Nggak cuma spesifik satu provider aja, malahan merata. Dan seperti dijatah wilayah, ada area di mana provider A koneksinya lebih unggul, sedangkan buruk di lokasi lain.

cara menstabilkan sinyal 4g (TechJaja)
cara menstabilkan sinyal 4g (TechJaja)

Cara Menstabilkan Sinyal 4G

Setiap masalah pasti ada penyelesaiannya. Begitulah ungkapan lama yang tetap relevan sampai saat ini. Begitu pula untuk masalah jaringan 4G lemot atau nggak stabil. Ada kok cara menstabilkan jaringan 4G yang bisa kamu terapkan.

Cara ini sudah terbukti berhasil untuk semua jenis provider layanan internet yang ada di Indonesia. Selain itu, bisa kamu terapkan untuk mengatasi problem pada HP Android maupun iPhone.

So, kalo kamu sedang menghadapi masalah ini dan membutuhkan koneksi internet 4G yang super kencang, langsung deh terapkan cara di bawah. Cekidot, Gan.

Aktifkan Lalu Nonaktifkan Mode Pesawat

Cara ini bisa dianggap sebagai yang paling cepat untuk mendapatkan jaringan 4G yang stabil. Selain itu, mudah dilakukan juga. Buat kamu yang belum mengetahui cara melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah, ya.

Cara mengaktifkan Mode Pesawat pada Android atau iPhone (CNet)
Cara mengaktifkan Mode Pesawat pada Android atau iPhone (CNet)

Mengaktifkan Mode Pesawat Pada Android

Paling mudah, cukup usap layar ke bawah pada halaman utama. Setelah itu kamu bisa melihat panel Pengaturan Cepat yang terdiri dari berbagai ikon. Tap ikon Pesawat, lalu tunggu beberapa saat hingga perangkat benar-benar terputus dari Wi-Fi dan koneksi data selular.

Kalo sudah, diamkan selama kurang lebih 1 menit. Terakhir, nonaktifkan Mode Pesawat dan aktifkan koneksi internet melalui Wi-Fi atau Data Seluler.

Mengaktifkan Mode Pesawat dari iPhone

Buka panel Pusat Kontrol –untuk pengguna iPhone X bisa dengan mengusap layar ke bawah dari sudut kanan atas, sedangkan iPhone seri lawas bisa mengusap layar dari bawah ke atas.

Setelah itu, kamu bakal melihat ikon Pesawat. Tap ikon tersebut untuk mengaktifkan Mode Pesawat. Kalo aktif biasanya ikon bakal berubah warna jadi oranye. Tunggu beberapa saat lalu matikan Mode Pesawat.

Restart HP Android atau iPhone

Sebenarnya, handphone yang kita pakai tak ubahnya miniatur komputer. Dan sebagaimana komputer, setiap problem yang kamu temui bisa diselesaikan hanya dengan restart perangkat. Kalo belum tahu, gini langkah-langkahnya:

Cara restart HP Android atau iPhone (CNet)
Cara restart HP Android atau iPhone (CNet)

Cara Restart HP Android

Tekan dan tahan tombol Power. Tunggu beberapa saat hingga muncul menu di layar, pilih menu Restart. Kalo perangkatmu nggak menawarkan menu restart, cukup tekan dan tahan tombol Power selama beberapa saat. Tekan hingga layar berubah jadi hitam, lalu tekan kembali untuk menghidupkannya.

Cara Restart HP iPhone

Kalo HP iPhone milikmu punya tombol Home, kamu bisa menekan tombol Kunci Layar hingga muncul menu slider bertuliskan Slide to Power Off. Ulangi langkah di atas untuk menghidupkan HP iPhone.

Sedangkan kalo iPhone milikmu nggak punya tombol Home –biasanya iPhone X hingga yang terbaru, kamu bisa mengakses menu untuk restart perangkat dengan menekan tombol Kunci Layar dan Volume Up atau Down secara bersamaan. Tekan hingga muncul menu Slider.

Lalu, ulangi langkah yang sama untuk menghidupkan perangkat.

Reset Pengaturan Jaringan

Terkadang, yang kamu perlukan agar mendapatkan koneksi 4G yang stabil adalah dengan mengembalikan pengaturan seperti sedia kala. Bukan pengaturan perangkat atau factory reset, lho. Soalnya pengaturan ini bakal menghapus seluruh data yang sudah tersimpan.

Lebih tepatnya, Reset Pengaturan Jaringan. Gini langkah-langkahnya:

Cara reset pengaturan jaringan Android atau iPhone (CNet)
Cara reset pengaturan jaringan Android atau iPhone (CNet)

Cara Reset Pengaturan Jaringan Pada Android

Buka aplikasi Pengaturan, lalu usap layar dan tap menu General Management atau System –tergantung pada jenis HP yang kamu pakai. Kemudian, tap menu Reset atau Reset Options dan diakhiri dengan mengusap menu Reset Network Settings.

Nantinya bakal muncul jendela pemberitahuan berisi permintaan konfirmasi atas perintahmu. Cukup tekan Ok, maka sistem bakal mereset pengaturan jaringan yang sudah tersimpan.

Cara Reset Pengaturan Jaringan pada iPhone

Menurut penulis, reset pengaturan jaringan lewat iPhone lebih mudah dan cepat. Langkahnya, buka aplikasi Pengaturan, pilih menu General, Reset, lalu tap menu Reset Network Settings. Konfirmasikan permintaanmu pada jendela pemberitahuan yang muncul.

Jika sudah, jangan lupa untuk menghubungkan ulang perangkat dengan koneksi yang tersedia, ya. Entah Wi-Fi maupun Data Seluler. Nantinya, perangkat bakal mengkalibrasikan sendiri pengaturan jaringan yang paling tepat sesuai jenis akses yang kamu pakai.

Nah, usai sudah uraian cara menstabilkan jaringan 4G kali ini. Semoga uraian di atas bisa membantumu dalam mendapatkan koneksi internet 4G yang lebih kencang dan anti patah-patah, ya.

Sumber: (CNet)

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like