Cara Merawat HP Agar Awet: Hindari Lemot dan Selalu Terlihat Baru

Cara Merawat HP Agar Awet (The Wire Cutter)
Cara Merawat HP Agar Awet (The Wire Cutter)

Sedang cari cara merawat HP agar awet? Nggak perlu pindah ke lain tempat. Tim Droila sudah merangkumkan cara merawat HP dengan baik terlengkap; baik merawat komponen HP serta merawat bagian luar agar selalu terlihat baru. Simak cuy.

Kini handphone sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Menjadi salah satu kebutuhan primer. Bisa kita lihat dari angka masyarakat yang terkoneksi dengan internet di Indonesia.

Berdasarkan data We Are Social bekerja sama dengan Hootsuite yang dirilis bulan Februari lalu, hampir 64% dari total penduduk Indonesia sudah terhubung internet. Dan 98% dari pengguna internet mengakses lewat handphone.

Jumlah pemilik HP di Indonesia (WeAreSocial)
Jumlah pemilik HP di Indonesia (WeAreSocial)

Memang, data terbaru belum didapatkan penulis. Apalagi, seperti kita tahu, pandemi COVID-19 mempercepat digitalisasi dari berbagai bidang; mulai dari perdagangan hingga edukasi dan pemerintahan.

Ilustrasi di atas bisa kita gunakan untuk menggambarkan betapa penting nilai dari perangkat telekomunikasi HP. Dan pertumbuhan ini juga didukung dengan makin beragamnya produk yang ditawarkan OEM; baik dari segi harga, spesifikasi tertentu, serta promo-promo yang menyertainya.

Tapi, tak bisa dipungkiri, HP bagi sebagian orang tetap jadi barang yang mahal. Bukankah kita berulangkali membaca berita mengenai kesulitan siswa di pelosok dalam mengikuti pembelajaran online akibat nggak punya HP?

Dan di tengah kondisi ekonomi yang sulit ini, bukanlah sesuatu yang memalukan untuk merawat HP. Biaya hidup sudah terlampau tinggi sedangkan tingkat ekonomi belum merata hingga pelosok negeri.

Nah, berdasarkan penelusuran penulis, ada dua tujuan yang kerap ditanyakan pengguna dalam merawat HP; agar tidak lemot dan agar terlihat baru. Dua hal itu tentu membutuhkan langkah yang berbeda. Dan untuk kamu yang sedang mencari cara merawat HP agar awet, simak uraian di bawah, ya.

Cara Merawat HP dengan Baik Agar Tidak Lemot

Cara merawat hp dengan baik (PCMag)
Cara merawat hp dengan baik (PCMag)

Kecepatan HP dalam membuka aplikasi seringkali jadi tolak ukur sebagian pengguna untuk ganti HP baru. Maka, merawat HP agar tidak lemot merupakan salah satu cara agar kamu nggak perlu mengganti perangkat terbaru, bukan? Ini lho tips-tips yang bisa kamu lakukan agar HP awet dan tahan lama.

Hindari Menggunakan Smartphone di Tempat Panas

Harus kamu sadari, panas lingkungan bisa memengaruhi suhu perangkat secara langsung. Semakin tinggi lingkunganmu, maka semakin cepat pula suhu perangkat meningkat.

Dan seperti kita tahu, perangkat yang panas atau overheat bisa menyebabkan daya tahan baterai berkurang. Lama kelamaan, baterai jadi cepat habis lalu berdampak langsung pada tingkat performa yang makin lambat.

Maka, sebisa mungkin jangan gunakan handphone di tempat yang panas.

Install Aplikasi yang Dibutuhkan dan Uninstall yang Jarang Dipakai

Perlu kamu ketahui, setiap aplikasi membutuhkan kapasitas RAM dan CPU ketika dijalankan perangkat. Dan kebutuhan kapasitas itu bisa berbeda-beda antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Maka, saat performa HP mulai melambat, hal pertama yang perlu kamu cek adalah berapa jumlah aplikasi yang sudah diinstall.

Bisa jadi, ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga memakan kapasitas dalam jumlah besar dan secara terus-menerus. So, lebih baik sih install aplikasi yang benar-benar kamu gunakan aja. Sedangkan untuk aplikasi bloatware, kamu bisa menonaktifkannya dengan menghapus pembaruan aplikasi lewat Pengaturan.

Selalu Gunakan Charger HP Original

Biasanya, akibat mobilitas tinggi serta kebutuhan untuk selalu online terus menerus membuat kita bergantung pada Power Bank. Memang, aksesoris HP ini memberi banyak sekali kemudahan –kamu nggak perlu repot cari colokan jika kehabisan daya di jalan.

Padahal kalo kamu isi ulang baterai tanpa charger original bisa memengaruhi daya tahan baterai, lho. Lama-kelamaan, baterai bisa bocor dan jadi boros! Selain itu, menggunakan Power bank secara berlebih juga bisa menyebabkan HP cepat panas dan berpengaruh ke komponen lainnya.

Cara Merawat HP Agar Terlihat Baru

cara merawat hp android (PhoneArena)
cara merawat hp android (PhoneArena)

Setelah kamu tahu bagaimana merawat bagian dalam perangkat agar selalu kencang dan anti-lemot, pahami juga bagaimana cara merawat HP agar terlihat baru. Berdasarkan pencarian penulis, kamu bisa coba mempraktikan tiga langkah di bawah.

Bungkus HP dengan Casing dan Tempered Glass                                        

Setiap pengguna HP Android pasti pernah menjatuhkan perangkatnya. Entah disengaja atau tidak. Dan setiap kali hal itu terjadi, jantung berdegup kencang dan berharap agar perangkat selamat; tanpa retak atau kerusakan lain.

Nah, supaya kamu nggak terlalu tegang, bisa lho beri perlindungan tambahan pada perangkat. Kamu bisa membungkus body bagian belakang dengan case serta tempered glass untuk perlindungan layar. Apalagi kalo kamu aktif di lapangan, dua tambahan perlindungan ini penting banget, lho.

Selalu Bersihkan HP

Kalo kamu pengin agar HP terlihat baru, salah satu langkah yang wajib dilakukan tentu saja dengan membersihkannya. Bersihkan dari debu atau segala jenis kotoran yang menempel. Tapi, untuk membersihkannya, wajib pakai kain microfiber. Soalnya, jenis kain yang halus bisa mencegah kaca untuk tergores.

Selain itu, kamu juga perlu sering-sering membersihkan dengan disinfektan. Paling gampang, gunakan tissue yang dicelupkan di alkohol. Atau tisu yang kerap kamu dapatkan ketika beli galon. Setelah itu, keringkan dengan kain microfiber.

Nah, itulah berbaga cara merawat HP agar awet. Yang jelas, agar HP selalu terlihat bagus dan  awet, yang paling penting adalah menjadikan langkah-langkah di atas sebagai kebiasaan sehari-hari. Dengan begitu HP pun jadi selalu terlihat baru, bukan?

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi tips HP Android atau iOS terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, dan rekomendasi handphone terbaik setiap hari.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like