Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram

Membuka feed Instagram (Insider)
Membuka feed Instagram (Insider)

Foto di Instagram terhapus? Gunakan salah satu langkah di atas untuk mengatasinya. Tim Droila sudah menyiapkan beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram, lho.

Saat ini, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan. Baik itu anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua. Semua larut dalam gegap gempita membagikan foto dan video lewat Instagram.

Nggak cuma akun individu aja yang memanfaatkan daya tarik platform ini. Kini, kamu juga bisa menemukan banyak sekali platform bisnis; mulai dari organisasi, perusahaan, sampai brand atau merek fashion terkemuka.

Foto dan video jadi konten yang penting pada platform ini. Dan melalui kedua jenis konten tersebut, baik netizen maupun organisasi dalam berbagai skala, berlomba mencari penggemar. Follower.

Feed Instagram (The Photographer Passport)
Feed Instagram (The Photographer Passport)

Cara Mengembalikan Post IG yang Terhapus

Setiap orang tentu pernah berbuat kesalahan. Dan bakal jadi kendala serta masalah besar kalo konten postingan IG terhapus. Apalagi untuk kamu yang mengelola akun brand atau perusahaan, kesalahan yang berpotensi mengancam karir kalian, bukan?

Pun untuk kamu yang menjadikan Instagram sebagai album foto kenangan. Kalo sampai foto yang punya makna besar terhapus, tentu rasanya bingung dan panik. Ya, semua orang pasti pernah mengalaminya.

Nah, kali ini tim Droila bakal memberikan solusi untuk masalah ini. Ada kok cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram. Bahkan, berdasarkan penelusuran tim Droila, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba.

So, langsung cek aja uraian di bawah, ya.

Lewat Unduh Data Arsip

Untuk langkah pertama, kamu bisa memanfaatkan layanan arsip data Instagram. Memang, caranya mudah dilakukan. Hanya saja kamu membutuhkan beberapa persyaratan. Pertama yakni harus hafal akun email yang digunakan saat membuat akun, kedua yakni aplikasi untuk membuka file .ZIP atau .RAR.

Jika dua syarat di atas sudah kamu siapkan, langsung terapkan aja langkah-langkah di bawah, bray.

Cara download arsip data instagram (HipWee)
Cara download arsip data instagram (HipWee)
  1. Buka aplikasi Instagram, login akun kalian.
  2. Masuk ke halaman Profil Instagram, lalu tap ikon garis tiga yang terletak di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu Pengaturan
  4. Selanjutnya, pilih menu Keamanan atau Security
  5. Tap menu Unduh Data atau Download Data
  6. Masukkan alamat email aktif yang sudah kamu gunakan sebelumnya, lalu masukkan password akun IG milikmu.
  7. Beberapa saat kemudian, Instagram bakal mengirimkan tautan yang mengarah ke halaman pengunduhan file.
  8. Unduh file. Nantinya, file bakal tersimpan dengan forman .ZIP, jadi kamu perlu mengekstrak pakai aplikasi .RAR.
Cara download arsip data instagram 2 (HipWee)
Cara download arsip data instagram 2 (HipWee)

Perlu diketahui, link pengunduhan tersebut hanya bisa bertahan selama 4 hari setelah dikirimkan. Dan kalo kamu kelupaan, kamu bisa mengulangi langkah di atas dari awal. Dan pada file yang kamu unduh, terdapat berbagai jenis file yang pernah kamu bagikan; mulai dari foto, video, sampai IG Stories atau IG TV.

Lewat Galeri HP Android

Untuk pengguna HP Android, setiap foto atau video yang diunggah pada Instagram akan secara otomatis tersimpan pada perangkat. Kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Galeri. Tapi, ada cara ini hanya bisa dilakukan kalo sebelumnya kamu sudah mengaktifkan fitur simpan otomatis setiap foto yang diunggah pada penyimpanan perangkat.

Oleh karena itu, untuk mengembalikan foto yang terhapus di Instagram, kamu bisa melakukannya lewat galeri handphone Android. Untuk penjelasan lengkap, begini caranya:

Mengembalikan foto terhapus lewat galeri Android 1 (WikiHow)
Mengembalikan foto terhapus lewat galeri Android 1 (WikiHow)
  1. Buka aplikasi File Manager atau Manajemen File
  2. Buka folder Memori Internal atau Penyimpanan Internal
  3. Pilh folder Pictures
  4. Jika sudah mengaktifkan fitur otomatis simpan, maka kamu akan menemukan folder Instagram di dalamnya.
  5. Masuk ke folder tersebut, maka kamu akan menemukan semua foto yang pernah diunggah melalui perangkat yang digunakan.
Mengembalikan foto terhapus lewat galeri Android 2 (WikiHow)
Mengembalikan foto terhapus lewat galeri Android 2 (WikiHow)

Aplikasi Untuk Mengembalikan Foto Instagram yang Terhapus

Beruntunglah kita hidup di zaman yang serba mudah berkat kemajuan teknologi. Tak terkecuali untuk mengembalikan foto yang terhapus di Instagram. Kamu bisa melakukannya dengan cepat dan gampang.

Jika cara-cara sebelumnya dirasa terlalu rumit, pakai saja layanan dari aplikasi untuk mengembalikan foto Instagram yang terhapus. Sudah ada banyak pilihan yang tersedia, kok. Pun kamu juga bisa memasangnya lewat smartphone atau PC.

Aplikasi untuk mengembalikan foto Instagram yang terhapus (Stellarinfo)
Aplikasi untuk mengembalikan foto Instagram yang terhapus (Stellarinfo)

Dan beberapa pilihan layanan yang bisa kamu coba antara lain Recoverit, Stellar Photo Recovery, atau Easeus. Masing-masing menyediakan layanan yang sama.

Pengembang juga sudah merancang dengan tampilan antarmuka yang memudahkan pengguna, baik yang pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia teknologi.

Restore Foto yang Terhapus di IG pada iPhone

Sebenarnya, cara maupun langkah-langkah untuk mengembalikan foto pada iPhone nggak terlalu jauh berbeda dibandingkan Android. Kamu juga bisa menjalankan langkah pertama di atas, yakni dengan mengunduh data arsip.

Jika dirasa terlalu lama dan memenuhi penyimpanan, kamu bisa lewat fitur iPhone, yakni Recently Deleted. FYI, cara ini juga bisa diterapkan pada pengguna iPad, lho. Simak uraian di bawah langsung aja, ya.

Recently Deleted iPhone (Blogspot)
Recently Deleted iPhone (Blogspot)
  1. Pada halaman utama, buka Aplikasi Foto atau Galeri
  2. Tap menu Album
  3. Pilih menu Recently Deleted
  4. Di dalamnya, kamu tinggal mencari foto yang sudah terhapus aja. Dan untuk mengembalikannya, tap foto tersebut lalu pilih menu Recover

Berakhir sudah uraian kali ini mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram. Langsung aja pilih dan terapkan salah satu cara di atas, ya.

Jangan sampai ketinggalan berbagai artikel tips HP terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu bisa membaca artikel terupdate seputar teknologi, aplikasi, games, dan rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like