Cari HP Murah Berkualitas Tinggi? Pilih Berdasarkan 4 Fitur Ini

hp murah berkualitas tinggi (The Verge)
hp murah berkualitas tinggi (The Verge)

Mudah kok mendapatkan HP murah berkualitas tinggi. Pilih berdasarkan empat fitur di bawah aja. Teruji dan sudah dipakai banyak pengguna HP Android!

Tak bisa dipungkiri, hari ini, di tengah perkembangan industri dan bisnis yang semakin cepat, handphone jadi salah satu alat yang nggak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Terutama untuk kegiatan produktivitas –dimana handphone seringkali jadi alat penting yang menentukan pertumbuhan bisnis tertentu.

Pertumbuhan zaman yang begitu cepat seiring sejalan dengan pertumbuhan teknologi telepon pintar. Kini, kita bisa dengan mudah menemukan HP yang harganya mulai dibawah Rp 1 juta hingga puluhan juta.

Dan beruntungnya, ketika kekuatan ekonomi tengah melemah, masing-masing OEM berlomba menawarkan HP murah berkualitas tinggi. Ya, kita kini mudah menemukan HP harga 1 jutaan yang dibekali spesifikasi mumpuni.

Nggak cuma itu, kelas menengah pun menawarkan lompatan teknologi. Deretan fitur yang sebelumnya hanya tersedia pada HP flagship, kini bisa dirasakan dengan budget mulai Rp 3 jutaan saja.

hp cina murah berkualitas tinggi (YouTube)
hp cina murah berkualitas tinggi (YouTube)

Fitur yang Dimiliki HP Murah Kualitas Tinggi

Di satu sisi, ketersediaan beragam pilihan tentu memanjakan pengguna untuk mendapatkan produk impian. Produk yang sesuai dengan kebutuhan serta dana yang sudah disiapkan.

Masalahnya, ketika terlalu banyak pilihan yang tersedia, bagaimana kamu mengetahui HP murah berkualitas tinggi? Tak perlu risau. Menurut penelusuran tim Droila, setiap perangkat yang akan kamu beli wajib memiliki 4 fitur ini agar layak disebut HP kualitas tinggi harga murah.

Mau tahu? Langsung cek uraian di bawah, Gan.

Kecepatan dan Kapasitas Penyimpanan

Kecepatan pemrosesan merupakan salah satu fitur paling penting yang wajib dipertimbangkan sebelum kamu beli HP baru. Tahun lalu, hal ini cuma ditawarkan oleh HP kelas menengah dan HP flagship.

Beruntungnya, tahun ini teknologi chipset semakin canggih. Dan salah satu yang bisa kita andalkan tentu saja performa dari chipset Qualcom Snapdragon 460. Konon, menurut klaim perusahaan, chipset untuk HP low-end ini memiliki performa yang setara dengan Snapdragon 600 series –chipset yang dipakai untuk mendukung HP kelas menengah.

Di sisi lain, kapasitas RAM juga menentukan kecepatan pemrosesan. Tapi ingat, jangan terjebak dengan pemikiran kalo semakin besar RAM semakin kencang pula performa. Ingat, RAM hanyalah salah satu faktor saja yang memengaruhi kecepatan pemrosesan perangkat –selain chipset, kapasitas ROM, serta jenis CPU.

Lalu pertanyaannya, berapakah kebutuhan RAM HP saat ini? Berdasarkan penelusuran penulis lewat artikel lain, RAM 4GB sudah lebih dari cukup untuk penggunaan minimu. Kamu bisa bebas browsing, streaming, vlogging, atau membuat konten untuk toko online.

Sementara itu, semakin berat kinerja yang dilakukan perangkat, semakin besar pula RAM yang dibutuhkan. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan –itulah kuncinya.

hp kualitas tinggi harga murah (ProductNation)
hp kualitas tinggi harga murah (ProductNation)

Layar Berukuran Lebar

Beruntungnya, kini kita sudah memiliki banyak pilihan HP dengan layar lebar. Rata-rata HP yang dikeluarkan sejak tahun 2019 lalu sudah dibekali layar dengan lebar minimal 6 inci.

Ukuran layar yang lebih lebar tentu menjanjikan kenyamanan pengguna selama menggunakan perangkat. Kamu jadi lebih leluasa dalam streaming film, merekam video untuk konten vlog,

Apalagi kalo kamu aktif menggunakan HP untuk edit video, gambar, atau bikin desain. Ukuran yang lebih tentu memudahkanmu dalam memilih dan merancang gambar sesuai keinginan, bukan?

Selain itu, tipe layar juga turut menentukan kenyamanan pengguna. Seperti sudah penulis uraikan sebelumnya, ada beberapa tipe layar HP yang bisa kamu pertimbangkan: antara lain IPS LCD, PLS TFT, atau AMOLED.

Masing-masing tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan. Jika kamu penasaran dengan kemampuan dari masing-masing tipe layar tersebut, baca artikelnya di sini, ya.

Kamera Kualitas Tinggi

Terlepas kamu sering menggunakan kamera HP atau tidak, bukan berarti kamu nggak mempertimbangkan fitur HP ini dalam membuat keputusan, ya. Kamu tak pernah tahu kapan membutuhkan kamera HP untuk mengabadikan momen-momen tertentu, bukan?

Maka dari itu, wajib menyertakan spesifikasi kamera sebelum memilih HP murah berkualitas tinggi. Tapi, jangan sampai kamu terjebak dari jumlah kamera yang dibekalkan aja.

Bukankah kini tengah viral sebuah video dimana pengguna mencopot bagian belakang kamera dan menemukan hanya ada satu lensa –padahal dari casing menunjukkan HP tersebut dibekali empat kamera.

Ketimbang memilih HP berdasarkan jumlah kamera, lebih baik kamu fokus pada fitur serta teknologi yang sudah ditanamkan perusahaan. Maka dari itu, ketika memilih spesifikasi kamera, kamu perlu tahu apa itu aperture dan pengaruhnya pada kualita gambar.

Selain itu, kenali juga fitur-fitur dari setiap OEM. Soalnya, masing-masing OEM memiliki teknologi tersendiri yang dipakai untuk memanjakan pengguna.

hp murah tapi berkualitas tinggi (TechRadar)
hp murah tapi berkualitas tinggi (TechRadar)

Fitur Keamanan Bawaan

Fitur yang wajib dimiliki HP murah kualitas tinggi terakhir yakni keamanan. Kini, sudah tersedia beragam metode keamanan yang diberikan OEM; mulai dari kode PIN, pola, hingga yang lebih canggih seperti sensor sidik jari dan facial recognition.

Nggak cuma itu, kamu juga harus mengetahui bagaimana performa software keamanan bawaan. Apakah pernah memiliki sejarah dibobol peretas atau tidak. Selain itu, apakah software tersebut terus diperbarui untuk menambah database jenis virus yang pernah dihadapi.

Nah, dengan mempertimbangkan keempat fitur di atas sebelum beli HP baru, semoga sih kamu bisa mendapatkan HP murah kualitas tinggi, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi teknologi terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapat pemberitahuan informasi terbaru seputar gadgets, games, software, tips HP Android dan iPhone, serta rekomendasi handphone terbaik yang langsung hadir di kotak masuk email-mu.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like