Cara Reset iPhone: Solusi Jika Kamu Lupa Password, Untuk Dijual, atau HP Lemot

cara reset pabrik iphone (iMore)
cara reset pabrik iphone (iMore)

Saat kamu ingin menjual HP iPhone, pengin masuk tapi lupa password, atau HP lemot, langsung lakukan cara reset iPhone berikut ini. Bisa jadi solusi paling gampang!

Sudah bukan rahasia umum jika Android dan iOS memiliki perbedaan. Mulai dari layanan, fitur, hingga tombol pintasan untuk mengaktifkan fitur tertentu. Dan salah satunya adalah fitur reset pabrik.

Seperti kita tahu, reset pabrik pada HP Android berfungsi untuk mengembalikan kondisi perangkat ke semula. Kondisi yang sama seperti saat kamu habis membelinya. Artinya, performa perangkat yang lebih kencang, tapi minim aplikasi serta data.

Mungkin, ada sebagian pembaca yang tidak tahu jika iPhone juga memiliki layanan serupa. Fungsinya sama, hanya namanya saja yang berbeda. Dan kali ini, tim Droila sudah menyiapkan beberapa cara reset iPhone serta sejumlah langkah yang harus dilakukan terlebih dulu.

Cara reset iPhone (Makeuseof)
Cara reset iPhone (Makeuseof)

Mengapa Kita Perlu Reset iPhone?

Saat iPhone yang kamu pakai mulai terasa berbeda. Misal dipakai untuk membuka aplikasi terasa lama, ada layanan yang tidak bisa digunakan, atau beberapa problem lainnya. Saat itulah reset factory bisa jadi satu-satunya solusi paling manjur.

Sama seperti pada HP Android, reset iPhone bisa mengatasi sejumlah problem pada perangkat. Mulai dari HP iPhone freezing, aplikasi berulangkali menutup sendiri (crashing), serta berbagai masalah lainnya.

Tak hanya itu, reset factory juga perlu kamu lakukan saat ingin menjual perangkat. Soalnya fitur ini bisa menghapus seluruh data yang tersimpan di ponsel iPhone milikmu. Kamu tentunya nggak mau data-data pribadi bisa diakses oleh pemiliknya yang baru, bukan?

Lalu, Bagaimana Cara Reset Pabrik iPhone?

Beruntungnya, ada sejumlah cara reset factory yang bisa kamu lakukan. Kamu cukup menyesuaikan dengan model HP iPhone yang dipakai saja. Tanpa panjang lebar, langsung ikuti salah satu langkah di bawah, ya.

Cara paling mudah yakni dengan menggunakan fitur Erase All Content and Settings yang sudah ditanamkan perusahaan. Seperti yang bisa kita simpulkan dari namanya, fitur ini bakal menghapus seluruh data serta pengaturan pada ponsel yang sudah kamu aktifkan.

Nah, untuk melakukan factory reset iPhone, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah disiapkan penulis berikut ini:

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Ketuk menu General
  3. Ketuk Reset
  4. Selanjutnya, ketuk menu Erase All Content and Settings
  5. Kemudian, akan muncul pemberitahuan di layar yang menanyakan apakah kamu sudah mem-backup data ke iCloud. Jika sudah, kamu bisa langsung melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika belum, pilih menu Back Up Then Erase
  6. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan kode sandi. Kalo sudah, maka akan muncul kotak peringatan dengan pilihan Erase iPhone. Klik tombol tersebut
  7. Langkah berikutnya, kamu diminta untuk memasukkan kembali password Apple ID. Langkah ini diperlukan untuk mengkonfirmasi permintaan penghapusan
Cara reset HP iPhone (Makeuseof)
Cara reset HP iPhone (Makeuseof)

Cara Reset iPhone Tanpa iTunes

Seperti yang sudah kamu baca dari penjelasan di atas, untuk melakukan factory reset, kamu membutuhkan akun Apple ID atau iTunes. Maka, reset pabrik bakal lebih sulit dilakukan jika kamu nggak memiliki password akun tersebut. Baik karena lupa atau alasan lainnya.

Beruntungnya, ada lho cara reset iPhone tanpa iTunes. Dan kamu bisa menerapkan langkah ini ke berbagai model HP iPhone. Mulai dari iPhone 4, 5, 6, 6s, 6 Plus, 7, 8, X, hingga iPhone 11.

Mau tahu bagaimana cara reset iPhone tanpa iTunes? Ikuti penjelasan di bawah, ya.

Factory Reset Lewat Fitur Find My iPhone

Ya, kamu nggak salah baca. Meskipun Find My iPhone lebih dikenal sebagai fitur untuk mencari HP iPhone yang hilang, kamu juga bisa memanfaatkannya buat melakukan factory reset pada perangkat.

Di samping itu, cara ini juga bisa jadi solusi jika ponsel iPhone milikmu hilang. Tinggal lakukan langkah-langkahnya, maka seluruh data miliku pun bakal aman. Nggak perlu khawatir jika HP diakses orang lain. Tanpa panjang lebar, langsung ikuti penjelasan di bawah ini:

  1. Buka website iCloud.com lewat komputer atau perangkat lainnya
  2. Masuk ke akun iCloud milikmmu
  3. Klik menu Find iPhone
  4. Ketuk menu All Devices
  5. Pilih perangkatmu yang hilang atau ingin dihapus datanya
  6. Ketuk menu Erase iPhone
Cara Reset iPhone Tanpa iTunes (Makeuseof)
Cara Reset iPhone Tanpa iTunes (Makeuseof)

Menggunakan Aplikasi AnyFix

AnyFix dikenal sebagai salah satu software untuk memulihkan sistem iOS. Tak hanya itu, perangkat lunak ini juga bisa dipakai untuk mereset pabrik HP iPhone kamu tanpa iTunes.

Lebih lengkap, begini cara menggunakan AnyFix untuk menghapus data iPhone:

  1. Download dan pasang aplikasi AnyFix di laptop milikmu
  2. Hubungkan HP iPhone ke komputer menggunakan kabel data
  3. Klik menu Reset Device yang muncul di layar

Usai sudah artikel tips HP mengenai cara reset iPhone kali ini. Jadi, nggak perlu panik kalo pengin menjual HP tapi tak ingin data pribadi tersebar. Langsung jalankan langkah di atas aja.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like