Ciri Ciri Baterai Iphone Rusak dan Cara Mengatasinya

ciri ciri baterai hp iphone rusak
ciri ciri baterai hp iphone rusak

Penasaran mengapa baterai iPhone milikmu cepat habis atau malah susah terisi? Jangan-jangan, baterai ponsel sudah rusak. Untuk memahaminya, yuk baca uraian mengenai ciri ciri baterai iPhone rusak dan cara mengatasinya di bawah ini.

Semua ponsel atau perangkat digital dengan kategori mobile dilengkapi dengan baterai sebagai kunci utama untuk menghidupi semua bagian elektroniknya.

Seiring bertambahnya umur perangkat, baterai yang dimiliki pasti mengalami penurunan kualitas dan juga daya simpan. Hal ini juga berlaku untuk iPhone.

Nah, apa saja ciri-ciri baterai iPhone yang rusak dan bagaimana cara mengatasinya agar ponsel tidak perlu ganti? Berikut ini cara yang dapat kamu simak:

ciri ciri baterai iphone sudah rusak
ciri ciri baterai iphone sudah rusak

Ciri Ciri Baterai iPhone Rusak

Berdasarkan penelusuran tim Droila, ada beberapa ciri-ciri baterai HP iPhone rusak yang bisa kamu ketahui. Jadi, kalo salah satu ciri-ciri di bawah kamu hadapi, langsung cek kesehatan ponsel di pusat servis terdekat!

Baterai Lebih Cepat Habis dengan Waktu Singkat

Salah satu tanda bahwa baterai kamu mulai rusak adalah lebih boros dan penggunaan yang singkat alias lebih cepat habis. Contohnya, kamu biasa menggunakan iPhone mulai dari keluar rumah jam 7 pagi dan mengisi baterainya kembali pada pukul 5 sore.

Namun belakangan, jam 12 siang sudah menunjukkan baterai habis, itu tandanya baterai sudah lebih boros. Tentunya contoh ini dilakukan dengan pola penggunaan yang cenderung sama, ya.

Persentase Baterai Berkurang atau Bertambah Secara Tidak Wajar

Jika kamu menggunakan perangkat iOS 10, silahkan masuk ke Settings – Battery – Battery Percentage – ON. Fitur ini akan menampilkan tanda persentase penggunaan baterai di perangkat iOS dari Status Bar di sebelah kanan atas.

Jika sering melihat penurunan persentase yang tidak wajar, itu bisa menjadi salah satu tanda kerusakan baterai.

Contohnya adalah indikator baterai menunjukkan angka 50%, lalu kamu menggunakan iPhone untuk bermain game atau kegiatan lainnya dan tiba-tiba langsung turun di angka 30%.

Lantas saat memutuskan untuk charging, persentase baterai akan langsung melompat ke 50% lagi.

iPhone Mendadak Mati, Persentase Baterai Masih Tinggi

Tanda baterai iPhone sudah mulai rusak berikutnya adalah mendadak mati saat digunakan. Padahal indikator baterai masih cukup banyak. Masalah ini bisa terjadi karena kesalahan pada sistem di indikator baterai atau sel baterai yang sudah tidak stabil.

Biasanya masalah ini dimulai dari posisi persentase baterai yang sudah sedikit dan terus berkembang bahkan hingga kondisi masih 50% dan membuat iPhone langsung mati.

Voltase Baterai Tidak Stabil

Tegangan listrik atau Voltase yang harusnya mengalir dari dan ke baterai iPhone adalah sekitar 4V. Jika jauh lebih rendah dari angka tersebut, berarti ada masalah di perangkat yang berhubungan dengan sumber daya baterai.

Bisa baterai itu sendiri atau bagian lain yang berhubungan dengan pengisian daya (IC Power, Lightning Port, dan lain sebagainya).

Cara paling mudah untuk mengecek Voltase baterai di iPhone yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi tambahan.

Salah satunya adalah Battery Life. Silahkan unduh dan instal aplikasi ini lalu masuk ke menu Raw Data, cek di bagian Voltage.

Apakah menampilkan angka 3.8 V – 4 V sebagai tanda tegangan listrik yang normal?

ciri ciri baterai iphone bocor
ciri ciri baterai iphone bocor

Baterai Gembung dan Merusak LCD

Ada beberapa generasi iPhone yang sering mengalami kasus baterai rusak dan berakhir menggembung atau berubah ukuran menjadi lebih besar.

Selain membuat perangkat iOS menjadi tidak nyaman untuk digunakan, ukuran baterai yang bisa menjadi 2x lipat lebih besar ini dapat mendesak perangkat lain.

Terutama untuk LCD dan juga komponen lain. Jika dibiarkan begitu saja dan semakin parah, bisa jadi LCD akan rusak dan memerlukan biaya perbaikan tambahan.

Dari beberapa sumber, perangkat iPhone 5 paling sering mengalami masalah baterai gembung. Apple sendiri pernah menghadirkan iPhone 5 Battery Replacement Program untuk para pengguna di tahun 2013 silam.

Cara paling mudah untuk melihat apakah baterai kamu mengalami masalah gembung adalah meletakkan iPhone di bidang datar dan mengamatinya dari samping.

Cara Mengatasi Baterai iPhone Bocor

Banyak pengguna iPhone mengeluhkan persoalan baterai ponsel yang boros. Tak sedikit pula yang menilai kondisi baterai iPhone tersebut menjadi kelemahan pada iPhone.

Padahal, dengan iOS, pengguna sebenarnya dimudahkan untuk mengelola masa pakai baterai perangkat. Sebab, pengguna dapat melihat proporsi baterai yang digunakan pada setiap aplikasi yang terinstal.

Untuk melihat penggunaan baterai perangkat, buka menu Pengaturan > Baterai. Di situ akan terlihat bagaimana kebiasaan pengguna menggunakan aplikasi dan seberapa banyak daya baterai yang termakan.

Namun apa jadinya kalau kesehatan baterai perangkat pada indikator Battery Health menunjukkan pemborosan daya yang signifikan?

Beberapa tips berikut bisa dicoba untuk memperpanjang usia baterai ketika indikator boros mulai terlihat.

Nyalakan Low Power Mode

Low power mode atau mode daya rendah bisa dijalankan perangkai iOS 9 ke atas. Dengan mode ini pengguna bisa memperpanjang masa pakai baterai iPhone saat hampir habis Nyalakan mode ini saat persentasi baterai di bawah 20%.

kenapa baterai iphone bertambah sendiri
kenapa baterai iphone bertambah sendiri

Gunakan Dark Mode

Dark mode di iOS 13 terbukti bisa menghemat masa pakai baterai. Terlebih pada iPhone yang menggunakan layar OLED. Sudah banyak aplikasi iOS yang terintegrasi dengan Dark Mode, membat baterai bekerja lebih ringan.

Batasi Aktivitas Latar Belakang

Ketika ada aplikasi yang masih berjalan di latar belakang, mereka akan memakan persentase baterai. Caranya cukup Settings > General > Background App Refresh. Geser tombol ke kiri untuk mematikan aktivitas latar belakang.

Matikan Lokasi

Pengguna bisa mengoptimalkan masa pakai baterai dengan mematikan layanan lokasi untuk aplikasi. Cara menonaktifkan lokasi, Settings > Privacy > Location Services.

Batasi Notifikasi

Ternyata iPhone membatasi jumlah notifikasi aplikasi. Hal ini sangat membantu menghemat penggunaan baterai.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai boros pada iPhone. Jadi, kalo ciri-ciri baterai iPhone rusak di atas kamu hadapi, langsung deh bawa ke pusat perbaikan Apple terdekat. Jangan sampai berkelanjutan!

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like