Ciri-Ciri HP Android atau iPhone Terkena Virus & Cara Menghilangkannya

Ciri-ciri HP terkena virus (Shopee)
Ciri-ciri HP terkena virus (Shopee)

Digitalisasi sudah bukan menjadi kata yang asing. Tapi, di balik kampanye serta penjualan masal produk-produk digital, bahaya keamanan data dan privasi mengancam. Dan di bawah, tim Droila sudah menyiapkan beberapa ciri-ciri HP terkena virus. Kamu wajib tahu!

Selain virus korona, barangkali virus yang menyerang HP merupakan jenis yang paling banyak diketahui masyarakat saat ini. Di masa ketika sebagian besar manusia sudah memiliki smartphone, istilah-istilah teknologi pun mulai makin sering dipakai.

Salah satunya adalah serangan virus yang mengancam keamanan serta privasi digital seseorang. Kamu pasti sudah pernah dengar, bukan?

Naasnya, penyebaran informasi tidak diiringi dengan kesadaran untuk menjaga diri. Masih banyak pengguna smartphone yang terkecoh oleh teknik dan trik penyebar virus. Contohnya seperti mengirimkan SMS undian berhadiah, pesan penipuan, sampai phising untuk meng-klik tautan tertentu.

Kamu pernah melakukannya? Kalo gitu, kamu wajib tahu ciri-ciri HP terkena virus di bawah ini. Dengan begitu, kamu bisa langsung melakukan tindakan pencegahan.

Nah, kalo pengin tahu gimana cara mengetahui HP Android atau iPhone terkena virus, scrolling langsung aja halaman ini. Tim Droila sudah mengumpulkan beberapa ciri-ciri yang bisa kamu identifikasi.

ciri ciri hp android terkena virus (Kaspersky)
ciri ciri hp android terkena virus (Kaspersky)

Ciri-Ciri HP Kena Virus

  • Penggunaan data yang berlebihan: Ponsel yang disusupi mungkin memiliki virus yang berjalan di latar belakang, tidak terdeteksi, yang dapat secara signifikan meningkatkan penggunaan data secara keseluruhan.
  • Aplikasi mogok: Jika perangkat lunak di ponsel Anda terganggu, itu dapat menyebabkan aplikasi mogok berulang kali. Mungkin ada beberapa alasan aplikasi akan mogok, jadi periksa kembali penyimpanan Anda tidak penuh dan Anda tidak memiliki terlalu banyak aplikasi yang berjalan sekaligus sebelum mengasumsikan yang terburuk.
  • Iklan pop-up: Meskipun beberapa pop-up adalah fungsi normal dari iklan saat menjelajahi web, jika browser Anda ditutup dan Anda mengalami peningkatan pop-up, Anda mungkin mengalami adware, sejenis malware yang tujuannya adalah penambangan data .
  • Peningkatan konsumsi baterai: Jika virus, seperti malware, berjalan di latar belakang selama penggunaan sel normal, Anda mungkin mengalami pengurasan baterai yang sangat cepat dengan peningkatan penggunaan RAM ponsel Anda.
  • Kemunculan aplikasi yang dikenali: Saat Anda melihat aplikasi yang diunduh secara misterius, itu mungkin merupakan bentuk malware yang berbahaya. Trojan horse juga dapat menempel pada aplikasi yang sah dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.
  • Mesin cepat panas: Malware dapat menghabiskan RAM dan CPU dengan cepat, yang dapat menyebabkan ponsel Anda menjadi terlalu panas. Meskipun ponsel Anda terkadang menjadi terlalu panas, masalah kronis ini juga bisa menjadi sinyal bahwa ada sesuatu yang lebih berbahaya yang sedang terjadi.
  • Pesan Spam: Bentuk umum malware yang dapat ditemukan di ponsel akan mengumpulkan data sensitif dan berupaya juga menginfeksi kontak Anda dengan mengirimkan teks dengan tautan dan lampiran berbahaya.
cara mengetahui hp android kena virus (Medcom)
cara mengetahui hp android kena virus (Medcom)

Cara Menghapus Virus Dari iPhone

Meskipun sistem operasi pada iPhone cenderung aman, virus masih dapat menyebar ke langkah-langkah keamanan bawaan, terutama pada ponsel yang sudah di-jailbreak.

Untuk menghapus virus dari iPhone, mulailah dengan menghapus riwayat data Anda. Jika masalah berlanjut, pulihkan ponsel Anda dengan cadangan yang lebih lama. Jika Anda masih melihat kinerja yang mencurigakan, setel ulang ponsel ke pengaturan pabrik.

Lebih lengkap, gini cara menghapus virus dari ponsel iPhone. Coba salah satu langkah di bawah, ya.

  • Langkah 1: Hapus data dan riwayat penelusuran Anda. Pilih pengaturan, pilih browser utama Anda, ketuk hapus riwayat dan data situs web.
  • Langkah 2: Pulihkan ponsel Anda ke versi cadangan. Pilih pengaturan, lalu ID Apple, dan pilih iCloud. Pilih kelola penyimpanan, lalu cadangan. Pilih cadangan terbaru dan pulihkan perangkat.
  • Langkah 3: Atur ulang ke pengaturan pabrik. Ini harus menjadi pilihan terakhir. Buka pengaturan Anda, lalu pilih umum. Dari sana Anda akan menemukan reset dan pilih hapus semua konten dan pengaturan. Ponsel Anda akan diatur ulang ke pengaturan pabriknya.
cara menghilangkan virus di hp (OrissaPost)
cara menghilangkan virus di hp (OrissaPost)

Cara Menghapus Virus Dari Ponsel Android

Karena kode sumber terbukanya, perangkat Android sangat rentan terhadap serangan malware. Perangkat lunak antivirus adalah cara yang paling aman untuk melindungi Android Anda dari virus. Untuk menghapus virus dari Android, pertama-tama reboot perangkat dalam mode aman.

Selanjutnya buka pengaturan dan telusuri aplikasi yang baru saja diinstal untuk menargetkan aktivitas mencurigakan apa pun. Copot pemasangan perangkat lunak yang meragukan, dan aktifkan Google Play Protect. Pindai perangkat Anda secara berkala untuk mencari ancaman dan kelola sesuai kebutuhan.

  • Langkah 1: Kosongkan cache. Pilih aplikasi dan notifikasi, selanjutnya cari chrome. Buka penyimpanannya dan pilih hapus cache.
  • Langkah 2: Boot perangkat dalam mode aman. Tekan dan tahan tombol daya. Ketika kotak dialog muncul, pilih reboot to safe mode.
  • Langkah 3: Temukan aplikasi yang mencurigakan. Buka pengaturan. Pilih aplikasi. Tinjau aplikasi yang diinstal secara manual untuk menemukan unduhan yang mencurigakan. Setelah diidentifikasi, buka informasi aplikasi dan hapus instalannya.
  • Langkah 4: Aktifkan play protect. Meskipun antivirus adalah cara paling aman untuk melindungi Android Anda dari malware, Play Protect adalah perangkat lunak bawaan yang dapat berguna sebagai tindakan perlindungan sekunder. Untuk mengaktifkan, pilih aplikasi play store. Buka menu di pojok kiri atas. Aktifkan opsi untuk memindai perangkat Anda dari ancaman keamanan.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri HP terkena virus dan cara mengatasinya di HP Android atau iPhone. Semoga penjelasan tips handphone di atas bisa membantumu untuk menghindari dan mengatasi kendala ini, ya.

1/5 - (3 votes)
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like