5 Aplikasi Emulator Android Paling Ringan dan Cepat

Emulator Android paling ringan dan cepat (Android Authority)
Emulator Android paling ringan dan cepat (Android Authority)

Aplikasi emulator Android paling ringan dan cepat adalah sesuatu yang dibutuhkan. Bisa membantu dalam berbagai jenis kegiatan; mulai dari bermain game hingga pekerjaan. Untuk itu, tim Droila sudah merangkum 5 aplikasi emulator Android untuk PC ringan.

Ada satu alasan mengapa kamu butuh aplikasi emulator Android. Tentu saja untuk membuka dan menjalankan aplikasi Android lewat PC atau Laptop. Namun, ada banyak alasan mengapa kamu benar-benar ingin melakukan hal tersebut.

Emulator Android terbaik (Google User Content)
Emulator Android terbaik (Google User Content)

Kalo kamu seorang pengembang aplikasi Android, emulator Android bisa berfungsi untukmelakukan serangkaian uji coba terhadap aplikasi yang tengah dikembangkansebelum mulai diluncurkan.

Bagi gamer,aplikasi ini bisa memberimu pengalaman yang lebih penuh ketika memainkan satugame tertentu lewat PC. Pasalnya, kamu bisa menggunakan bantuan keyboard dan mouse.

Aplikasi Emulator Android Terbaik

Demi memenuhi semua kebutuhan itu, kini sudah tersediabanyak jenis aplikasi emulator Android.Saking banyaknya, tentu pengguna pemula merasa bingung dalam memilih apa yangingin digunakan.

Tenang saja! Tim Droilasudah merangkum 5 aplikasi emulatorterbaik  tahun 2020 ini. Ya, bisamembantumu dalam berbagai jenis kegiatan!

Android Studio Emulator

Android Studio (Stack Overflow)
Android Studio (Stack Overflow)

Aplikasi emulator terbaik pertama yang bisa kamu gunakan tentu saja aplikasi yang dikembangkan oleh Google sendiri, yakni Android Studio’s Emulator.

Ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan. Namun, rata-rata tools yang ada di aplikasi ini ditujukan bagi pengembang aplikasi.

Contohnya adalah fitur yang bisa dipakai untuk melakukan uji coba terhadap aplikasi atau game yang tengah dikembangkan. Namun sayangnya, pengaturannya terbilang rumit dan butuh waktu lama.

Oleh karena itu, aplikasi Android Studio Emulator ini nggak disarankan untuk dipakai oleh pengguna awam.

Bluestacks

Aplikasi emulator Bluestacks (Android Authority)
Aplikasi emulator Bluestacks (Android Authority)

Di antara beragam emulatorAndroid paling ringan dan cepat yang tersedia, barangkali Bluestacks tetaplah juara. Sejakpertama kali Android diluncurkan,Bluestacks pun turut rilis dan menawarkan layanannya.

Ada beberapa alasan mengapa banyak pengguna memilih Bluestacks. Antara lain kompatibel untuk Windows maupun Mac.

Di samping itu masih terus diperbarui sampai saat ini. Hasilnya, aplikasi Bluestacks adalah salah satu emulator terbaik untuk pengguna umum.

Nox

Aplikasi emulator ringan Nox (Nox App Player)
Aplikasi emulator ringan Nox (Nox App Player)

Nomor dua setelah Bluestacks dalam predikat aplikasi emulator yang paling banyak digunakan adalah Nox.

Kelebihan aplikasi pesaing Bluestacks ini adalah kebebasan pengguna untuk menggunakannya secara gratis. Ya, nggak perlu bayar biaya langganan setiap bulannya.

Ditujukan bagi gamer, Nox dibekali beragam fitur yang menguntungkan. Contohnya seperti pemetaan tombol kontrol di keyboard, dukungan konsol, bahkan mendukung untuk fitur kontrol key-map gesture!

GameLoop

Emulator Android ringan GameLoop (Android Authority)
Emulator Android ringan GameLoop (Android Authority)

Sebelumnya, aplikasi emulator PC ringan ini dikenal dengan nama Tencent Gaming Buddy. Ini adalah aplikasi emulator Android yang dikembangkan Tencent khusus untuk gamer.

Dan memang, ada banyak kelebihan sehingga membuat GameLoop disebut sebagai emulator resmi game Call of Duty: Mobile dan PUBG Mobile.

Di samping itu, GameLoop juga bisa digunakan untuk memainkan game selain milik Tencent. Kelemahannya, hanya ada sedikit game selain Tencent yang ditawarkan.

Keunggulan lainnya, GameLoop diakui banyak pengguna sebagai salah satu emulator Android paling ringan dan cepat!

LDPlayer

Emulator Android terbaik LDPlayer (Android Authority)
Emulator Android terbaik LDPlayer (Android Authority)

Satu lagi emulator terbaik yang ditujukan khusus buat para gamer. Fitur-fiturnya mirip dengan fitur yang ada di aplikasi emulator Android lain. Terutama jenis aplikasi emulator yang khusus untuk gaming.

Contohnya seperti pengaturan kontrol keyboard serta dukungan untuk game versi terbaru.

Di antara aplikasi emulator Android lainnya, LDPlayer adalah salah satu aplikasi emulator yang kerap mendapat pembaruan. Hampir sebulan sekali!

Bermain game Android di PC (NouNou-Catho)
Bermain game Android di PC (NouNou-Catho)

Memang, akibat update terakhir, banyak pemain merasa kecewa karena gagal memainkan Call of Duty: Mobile lantaran kesalahan teknis.

Akan tetapi, kalo kita ambil sisi positifnya, terlihat jelas upaya pengembang untuk terus memperbarui aplikasi agar tetap nyaman digunakan.

Itulah lima aplikasi emulatorAndroid paling ringan dan cepat yang sudah bisa kamu gunakan. Sesuaikan ajadengan kebutuhan; untuk pengembangan aplikasiAndroid atau gaming. Lalu, pilih salah satu yang sesuai.

Kalo kamu masih mencari artikel review software Android lainnya, jangan lupa untuk subscribe Droila, ya. Selain itu, kamu masih bisa mendapatkan beragam referensi handphone terbaik, lho.

26 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like