Berkenalan dengan Fitur Android 10, OS Anyar yang Punya Banyak Keunggulan

Fitur unggulan Android 10 (CBSIStatic)
Fitur unggulan Android 10 (CBSIStatic)

Setelah menggunakan nama-nama kue untuk seri satu hingga sembilan, Android bikin sesuatu yang berbeda pada seri kesepuluh. Datar dan standar. Cukup Android 10 saja. Perbedaan bukan cuma dari nama. Begitu penulis mencoba, kamu bisa menemukan banyak fitur anyar nan canggih. Berikut ini ulasan fitur Android 10, keunggulan, serta contoh tampilannya.

Google pertama kali mengumumkan kehadiran Android 10 pada pertengahan tahun 2019. Kemudian, meluncurkan sistem operasi Android terbaru ini saat akhir tahun.

Dari segi usia, memang Android 10 tak lagi muda. Bahkan, Google diketahui sedang menyiapkan versi Android 12 –meskipun masih dalam bentuk preview pengembang. Tapi, masalahnya, belum semua perangkat Android menjalankan sistem operasi ini.

Memang masing-masing vendor menjanjikan jika pembaruan OS bakal dilakukan sepanjang 2020. Dengan catatan, pembaruan untuk perangkat terbaru yang masih dapat jatah dari perusahaan.

Fitur baru Android 10 (MobileSyrup)
Fitur baru Android 10 (MobileSyrup)

Artinya, perangkat lawas –terutama yang diluncurkan sebelum tahun 2017, tidak akan bisa mencicipi OS anyar ini. Sehingga, jika kamu ingin merasakan Android 10, wajib ganti HP baru.

Sedangkan pada HP baru, rata-rata sudah menjalankan OS Android 10. Meskipun ada perangkat yang hadir dengan dukungan Android 11, tapi jumlahnya baru beberapa saja.

Nah, untuk pengguna yang masih berkenalan dengan OS versi ini, tim Droila sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai fitur unggulan Android 10, keunggulan dibandingkan versi lawas, serta apa saja kekurangannya. Merangkum dari halaman bantuan Google, berikut ini uraiannya.

Fitur Unggulan Android 10

Total terdapat 12 fitur unggulan Android 10. Jumlah yang cukup besar dan tentu menyulitkan pengguna awal. Nah, agar kamu nggak kebingungan dan cepat beradaptasi, berikut ini uraian dari masing-masing fitur baru Android 10. Cekidot, kuy.

Mode Gelap

Mode gelap Android 10 (PCMag)
Mode gelap Android 10 (PCMag)

Setelah beberapa kali diminta, Google akhirnya mengabulkan permintaan penggemar atas Mode Gelap. Ya, Android 10 jadi sistem operasi Android yang pertama di mana pengguna bisa mengaktifkan mode gelap pada perangkat.

Mode ini nggak sekadar gimmick aja. Dari halaman muka hingga tampilan dari beberapa aplikasi, semuanya akan berubah tampilan jadi lebih gelap.

Tapi, tetap saja, ada kelemahan fitur Android 10 ini. Yakni boros baterai. Selain itu, konten layar tidak terlihat di bawah sinar matahari. Terutama untuk pengguna HP yang menggunakan layar LCD –baik IPS, TFT, atau PLS.

Smart Reply

Fitur Smart Reply Android 10 (GadgetDiva)
Fitur Smart Reply Android 10 (GadgetDiva)

Membalas pesan bisa terasa lebih gampang. Terutama jika kamu sedang sibuk dan nggak bisa memegang perangkat. Cukup aktifkan fitur Smart Reply, maka pesan dari teman akan dibalas secara otomatis menggunakan Machine Learning bikinan Google.

Tersedia jawaban default yang sudah dibikinkan perusahaan. Jika kurang puas, kamu juga bisa kok merancang balasan otomatis sendiri. Baik dalam bentuk kalimat, atau bahkan kombinasi emoji. Sehingga, lebih memudahkan komunikasi, bukan?

Peningkatan Privasi dan Keamanan

Peningkatan Privasi dan Keamanan Android 10 (Android Authority)
Peningkatan Privasi dan Keamanan Android 10 (Android Authority)

Sebenarnya, setiap pembaruan, selalu disertakan update keamanan. Baik pembaruan yang bersifat minor (dalam bentuk patch), maupun mayor –misal versi sistem operasi terbaru. Begitu pula pada Android 10, Google sudah menambahkan peningkatan untuk privasi dan keamanan pengguna.

Satu poin penting yang dibawa Android 10 dalam hal peningkatan keamanan adalah kontrol lokasi. Artinya, pengguna bisa lebih mengontrol aplikasi apa saja yang boleh mengakses lokasi pengguna. Tentu ini peningkatan penting yang bisa menjamin keamanan dan privasi data pengguna.

Pasalnya, layanan seperti ini tak akan bisa kamu temui pada versi Android sebelumnya. Sehingga, kontrol lokasi menjadi salah satu keunggulan fitur Android 10 yang benar-benar memanjakan pengguna.

Mode Fokus

Mode Fokus Android 10 (Android Central)
Mode Fokus Android 10 (Android Central)

Sering merasa sulit fokus karena gangguan suara notifikasi? Jika hal ini dihadapi ketika kondisi santai, mungkin tak akan terasa mengganggu. Tapi, lain soal jika kamu sedang bekerja atau belajar. Bisa bikin frustasi sendiri, bukan?

Google memahami benar kesulitan yang dihadapi sebagian besar penggunannya ini. Oleh karena itu, Google menambahkan Mode Fokus sebagai fitur baru Android 10. Seperti namanya, fitur ini bakal menonaktifkan pemberitahuan dari beberapa aplikasi terpilih selama jangka waktu tertentu.

Pemberitahuan bisa dinonaktifkan, disembunyikan, hingga, dibuat diam dan nggak mengeluarkan suara. Sehingga, pengguna bisa lebih fokus dan nyaman dalam melakukan aktivitas.

Kontrol Orang Tua

Fitur Kontrol Orang Tua Android 10 (Android Police)
Fitur Kontrol Orang Tua Android 10 (Android Police)

Kini teknologi jadi hal yang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Berkat pandemi, beragam aktivitas kini dilakukan secara online. Menggunakan teknologi. Kondisi ini tentu memicu kekhawatiran sebagian orang tua. Terutama mereka yang menganggap dunia digital layaknya hutan belantara. Penuh bahaya, ancaman, dan kejutan.

Nah, untuk meminimalisir rasa khawatir tersebut, Google meluncurkan fitur kontrol Orang Tua baru pada Android 10. Fitur ini merupakan bagian dari program yang disebut Digital Wellebeing.

Fitur untuk orang tua ini menawarkan kemudahan dalam mengawasi dan mengatur konten dari layar pada perangkat anak. Selain itu, orang tua juga bisa mengatur waktu konsumsi digital anak lewat perangkat terpisah.

Sebenarnya, masih ada banyak fitur unggulan. Tapi, menurut tim Droila, lima fitur baru Android 10 di atas merupakan fitur yang benar-benar membedakan sistem operasi anyar ini dengan versi sebelumnya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like