Berbagai Fitur Baru MIUI 12 yang Wajib Kamu Tahu

fitur miui 12 android 11 (Mashable)
fitur miui 12 android 11 (Mashable)

Setelah menunggu hampir setahun sejak pertama kali diumumkan, akhirnya Xiaomi merilis MIUI 12 untuk sebagian besar perangkatnya. Mulai dari seri Mi, Redmi, hingga Pocophone. Tapi, apa aja sih fitur MIUI 12? Lalu, mengapa kamu harus memperbarui versi UI customization ini? Lebih lengkap, simak uraian berikut.

MIUI 12 adalah versi terbaru UI customization yang diluncurkan Xiaomi. Penerus MIUI 11 ini membawa sejumlah pembaruan -baik dari sisi visual maupun UI.

Tak hanya itu, perusahaan juga memberi perubahan pada beberapa fitur. Seperti Mode Gelap, peningkatan alat keamanan dan privasi, animasi baru, penambahan wallpaper yang lebih beragam, dan masih banyak lagi.

Memang, setelah peluncurannya, perusahaan langsung memperkenalkan iterasi MIUI 12 yang disebbut MIUI 12.5. Tapi tidak terlalu jauh kok perbedaan antara versi utama dan iterasi.

Kini, sebagian besar produk Xiaomi sudah menjalankan lapisan Android 11 ini. Tapi, apa aja sih fitur MIUI 12 dan pembaruan yang sudah ditanamkan perusahaan.

Fitur baru MIUI 12 (Indian Express)
Fitur baru MIUI 12 (Indian Express)

Fitur-Fitur MIUI 12

Nah, untuk membantumu lebih mengenali UI Customization ini, tim Droila sudah merangkumkan beberapa fitur baru MIUI 12. Langsung simak uraian di bawah aja, ya.

Mode Gelap 2.0

Disebut Mode Gelap 2.0, Xiaomi menambahkan fungsi peredupan wallpaper pada ponsel Xiaomi. Fitur ini bekerja bebarengan dengan layanan waktu. Dan ketika hari beranjak gelap, layar akan meredupkan kecerahannya secara otomatis. Begitu pula dari malam menuju pagi dan siang hari.

Tak hanya itu, Xiaomi juga memberi sedikit perubahan pada tampilan teks saat pengguna beralih dari mode terang ke gelap. Pada MIUI 12, ponsel bisa menyesuaikan tingkat ketebalan secara otomatis. Berguna untuk mengurangi silau saat Mode Gelap diaktifkan.

Kontras font juga bisa disesuaikan secara otomatis. Tergantung pada lingkungan sekitar pengguna. Sehingga bakal meningkatkan keterbacaan teks ketika perangkat berada dalam lingkungan yang memiliki cahaya rendah.

Desain Visual Sensorik (Sensory Visual Design)

Pada versi UI Customization terbarunya ini, Xiaomi menambahkan visualisasi untuk beberapa informasi penting. Membuat pengguna lebih mudah dan cepat dalam memahami kondisi perangkat.

Xiaomi menyebut fitur anyarnya ini sebagai Sensory Visual Design. Pada dasarnya, fitur ini bakal memvisualisasikan sejumlah informasi penting dari perangkat. Seperti informasi terkait sis kapasitas baterai, sisa penyimpanan internal, hingga tingkat konsumsi daya dan data.

Fitur-fitur baru MIUI 12 (Gadgets360)
Fitur-fitur baru MIUI 12 (Gadgets360)

Super Wallpaper

Fitur baru MIUI 12 selanjutnya disebut Super Wallpapers. Perusahaan sudah membuat animasi model 3D dengan tingkat presisi tinggi dari planet Mars dan Bumi. Tak tanggung-tanggung, Xiaomi mendapatkan data eksplorasi langsung dari Nasa!

Pengguna pun bisa mengatur agar gambar Super Wallpapers menjadi penghias layar. Baik ketika layar dikunci maupun dibuka. Dan ketika Mode Gelap diaktifkan, planet yang kamu pilih pun juga akan ditampilkan dengan latar belakang malah hari. Dengan begitu, meningkatkan pengalaman visual pengguna.

Animasi Baru

MIUI 12 memiliki satu ciri khas yang tidak dimiliki versi sebelumnya. Pada versi UI Customization anyar ini, Xiaomi menitikberaktkan fokus yang cukup besar pada desain ulang visual.

Hasilnya, lapisan Android 11 terbaru ini pun membawa animasi cuaca yang realistis pada layar HP Anda! Bahkan, cuaca yang ditampilkan juga bakal ikut berubah, seiring perubahan pada data cuaca dari tiap daerah.

Tak hanya itu, ikon aplikasi pun turut mengalami perubahan. Kini, ikon aplikasi bisa memberikan umpan balik langsung pada pengguna -berdasarkan perintah yang diberi. Xiaomi mengungkapkan bahwa perubahan pada perintah gerak serta kecepatan bakal menyebabkan ikon aplikasi bereaksi berbeda pula.

Contohnya, saat kamu menghapus aplikasi, akan memunculkan gerak berupa riak yang mempengaruhi aplikai di sekitar. Cukup keren, bukan?

Fitur MIUI 12 (Android Central)
Fitur MIUI 12 (Android Central)

Pelacakan Kesehatan

Di masa pandemi seperti saat ini, kesehatan menjadi salah satu hal yang sering diperhatikan. Hal itu pula yang membuat penjualan smartwatch meningkat pesat. Karena, produsen biasanya membekali gawai dengan fitur sejenis.

Ingin lebih maju, Xiaomi tak hanya membekali fitur pelacakan kesehatan pada gawainya saja. Ya, kamu bisa menemukan fitur sejenis pada MIUI 12.

Dan menggunakan fitur anyar ini, pengguna HP Xiaomi bisa merekam aktivitas harian mereka. Mulai dari jalan kaki, berlari, bersepeda, menaiki tinggi, atau bahkan Cuma menyimpan ponsel di saku saja.

Menurut penjelasan perusahaan, fitur ini mengandalkan Algoritma Kecerdasan Buatan Pengamat Gerakan yang bisa mengembangkan dirinya sendiri. Program tersebut berguna untuk merekam data kesehatan sekaligus menghemat daya.

Panggilan AI

Sudah lama Xiaomi melatih dan mengembangkan asisten berbasis Kecerdasan Buatan. Dan lewat MIUI 12, perusahaan akhirnya merilis teknologi anyar tersebut.

Diberi nama Xiao AI, asisten AI ini mampu menggantikan pengguna dalam menjawab panggilan. Ya, mirip layanan Google Call Screening yang diperkenalkan Google lewat Pixel 3.

Xiaomi mengungkapkan bahwa program kecerdasan  buatan bikinannya ini sudah menjawab 4 juta lebih panggilan telepon dari pengguna beta. Dan melalui MIUI 12, Xiaomi bahkan sudah menambahkan peningkatan pada fitur AI asisten telepon yang disebut ‘AI Calling’.

Nah, itulah beberapa fitur MIUI terbaru yang bisa kamu andalkan. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk memperbarui versi MIUI. Soalnya, banyak keuntungan yang bakal kamu dapat!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like