Berkenalan dengan ColorOS 11: Fitur dan Jadwal Update HP Oppo

pembaruan android 11 oppo (Android Central)
pembaruan android 11 oppo (Android Central)

Tepat setahun yang lalu, Oppo memperkenalkan sistem operasi UI customize versi terbarunya. Diberi nama ColorOS 11, versi ini sudah mulai dipasang perusahaan pada sejumlah HP terbarunya. Tapi, apa sih yang membuat versi ini berbeda dengan versi sebelumnya? Yuk simak uraian tim Droila mengenai keunggulan, kekurangan, serta fitur ColorOS 11.

Oppo merupakan salah satu produsen smartphone terbesar di dunia. Dan selama dua tahun terakhir, perusahaan mengalihkan fokusnya ke pasar Eropa, tanah di mana pertumbuhan pasar Oppo cukup besar.

Strategi tersebut tak ayal membuat Oppo berkembang cepat. Baik dari sisi brand maupun pemasaran. Dan kini, seiring perubahan pasar Oppo yang menuju luar Cina, kebutuhan akan UI kustomisasi yang bisa diandalkan pun semakin tinggi.

Awal tahun ini, Oppo menghadirkan ColorOS 7.0 pada sejumlah perangkat. Termasuk Find X2 Pro. Dan tak lama kemudian, perusahaan hadir dengan versi terbarunya. Dibri nama ColorOS 11, versi anyar ini dikembangkan berdasarkan Android 11.

Lanta, apa saja fitur baru ColorOS 11? Serta kapan versi sistem oprasi UI custom ini hadir di perangkatmu? Jika penasaran, simak uraian berikut ini, ya.

Fitur ColorOS 11 (AndroidCentral)
Fitur ColorOS 11 (AndroidCentral)

Fitur ColorOS 11: Seluruh Fitur Anyar Android 11 Tersedia!

Google mengenalkan banyak fitur anyar pada Android 11. Dan beruntungnya, seluruh fitur tersebut hadir utuh pada ColorOS 11. Kamu juga mendapatkan tampilan Percakapan yang dirancang khusus pada jendela pemberitahuan, gelembung chat, serta tampilan anyar menu Power.

Pembaruan di bagian keamanan dan privasi data turut hadir pada sistem operasi bikinan Oppo ini. Kamu bisa mengaktifkan ijin satu kali untuk kamera, mikrofon, serta lokasi. Tak hanya itu, kamu juga bisa membatasi agar aplikasi nggak bisa mengakses seluruh data yang tersimpan di penyimpanan internal.

Fitur keamanan dan perlindungan data turut hadir pada versi sistem operasi UI bikinan Oppo ini. Yakni fitur Sistem Privat. Fitur tersebut pada dasarnya dipakai untuk membuat akun kedua dari ponselmu -yang bisa diisi dengan aplikasi, data, hingga PIN dan sensor sidik jari sendiri.

Ya, mirip fitur Ruang Ganda seperti yang terdapat pada beberapa ponsel Xiaomi. Dan melalui fitur ini, Anda pun bisa merancang perangkat yang lebih aman -bahkan dari orang terdekat sekalipun.

Oppo juga menambahkan banyak optimisasi pada ColorOS 11. Penggunaan memory ditingkatkan mencapai 45 persen. Kamu juga bisa mendapat peningkatan response rate mencapai 32 persen. Dan dengan peningkatan tersebut, Oppo memastikan bahwa tampilan UI bisa lebih stabil dan pas untuk layar dengan refresh rate tinggi.

keunggulan coloros11 (Android Central)
keunggulan coloros11 (Android Central)

ColorOS 11 Memperkenalkan Mode Gelap yang Bisa Dikustomisasi

Sudah dua tahun belakang Mode Gelap menjadi tren di kalangan pengguna Android. Bahkan, fitur yang membuat tampilan layar Anda jadi berwarna hitam ini sudah dipakai pada banyak jenis ponsel -mulai dari yang harganya paling murah hingga paling mahal.

Setelah lama menunggu, akhirnya Oppo menambahkan mode ini. Melalui ColorOS 11, perusahaan memperkenalkan fitur Mode Gelap yang bisa dikustomisasi sesuai keinginan pengguna.

Artinya, Mode Gelap yang tampil tak hanya mengubah warna layar saja -tapi juga beserta tampilan dan animasi ikon aplikasi.

Terdapat tiga pilihan warna Mode Gelap yang ditawarkan perusahaan. Enchance, Medium, dan Gentle. Enchance merupakan menu Mode Gelap dengan tampilan default atau standar. Medium memiliki tone warna yang agak ringan. Sedangkan Gentle merupakan pergeseran dari skema warna abu-au.

UI bakal menyesuaikan background dan ikon secara otomatis berdasarkan pilihan yang kamu pengin. Dan jika kamu tak terlalu menyukai Mode Gelap pada smartphone, ColorOS menyediakan menu kustom. Tak hanya itu, kamu juga mengatur jadwal pengaktifan dan penonaktifan mode ini.

Jadwal Update ColorOS 11

Sejak akhir tahun lalu, Oppo sudah meluncurkan ColorOS 11 di sejumlah negara. Seperti India, Indonesia, Thailand, dan beberapa pasar di mana Oppo menjadi memiliki banyak pengguna.

Tapi, awalnya cuma terbatas untuk beberapa perangkat anyar saja. Salah satunya yakni model Oppo Find X2 Pro. Meskipun begitu, perusahaan menjanjikan bahwa model lain juga akan mendapat pembaruan serupa.

Menurut rencana perusahaan, sebagian besar HP Oppo terbaru sudah akan menjalankan ColorOS 11 pada akhir tahun 2021 nanti. Lebih lengkap, berikut ini jadwal update ColorOS 11 pada HP Oppo.

jadwal update android 11 oppo (Android Central)
jadwal update android 11 oppo (Android Central)

September 2020

Oktober 2020

  • Reno 4 Pro 5G

November 2020

  • Reno 4 5G
  • F11
  • F11 Pro
  • F11 Pro Avengers Edition
  • Oppo A9
  • Oppo A92
  • Oppo A72
  • Oppo A52

Kuarter I 2021

  • Oppo Reno 10x Zoom
  • Oppo Reno2
  • Oppo Reno2 F
  • Oppo Reno2 Z
  • Oppo Reno3 Pro 5G
  • Oppo A91
  • Oppo F15

Kuarter II 2021

Dari daftar dan jadwal update ColorOS 11 di atas, terlihat bahwa Oppo mengutamakan ponsel terbarunya. Dan tidak semua ponsel Oppo mendapatkan pembaruan tersebut. Hanya terbatas pada HP kelas menengah dan flagship saja.

Jadi, untuk Anda yang masih menggunakan HP Oppo seri lawas, harap sabar, ya. Pasalnya tidak bisa mencicipi fitur ColorOS 11 pada perangkat yang dipakai.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like