Qualcomm Jelaskan Spek dan Fitur dari Snapdragon 888, Chipset untuk HP Flagship 5G Tahun 2021 Nanti

HP dengan Snapdragon 888 (Gadgets360)
HP dengan Snapdragon 888 (Gadgets360)

Saat gelaran Tech Summit 2020, Qualcomm memperkenalkan System on Chipset terbarunya. Menurut penjelasan perusahaan, chipset yang diberi nama Snapdragon 888 ini bakal menjadi dapur pacu HP flagship yang dikeluarkan tahun 2021 nanti.

Sebagaimana yang diperkirakan penggemar, penerus Snapdragon 865 ini membawa berbagai peningkatan penting pada bagian CPU, GPU, DSP, ISP, modem, dan masih banyak lagi.

Lebih detail, SoC Snapdragon terbaru ini tersusun atas CPU Kyro 680 terbaru, GPU Adreno 660, AI Engine generasi ke-6 yang memiliki DSP Hexagon 780, ISP Spectra 580, Quick Charge 5, dan modem sistem RG Snapdragon X60.

Fitur gaming Snapdragon 888 (XDA-Developers)
Fitur gaming Snapdragon 888 (XDA-Developers)

Bisa kalo dibilang kalo Snapdragon 865 menikmati kesuksesan 2020. Soalnya chipset high-end ini digunakan pada sebagian besar HP flagship. Dan Snapdragon 888 memiliki kesuksesannya sendiri.

Ya, Qualcomm sudah mengkonfirmasi kalo sudah mencatat 14 HP flagship yang bakal menggunakan chipset Snapdragon terbaru ini. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk membeli HP dengan Snapdragon 888, simak dulu yuk apa aja kelebihan serta fitur terbaru dari SoC anyar ini.

CPU dan GPU Snapdragon 888

Komponen CPU Snapdragon 888 (XDA-Developers)
Komponen CPU Snapdragon 888 (XDA-Developers)

Penulis bakal melompati bagian penjelasan teknis mengenai komponen penyusun CPU. Berisi bahasa yang sulit dipahami dan mungkin kurang menarik untuk diuraikan lebih dalam. Singkatnya, CPU Snapdragon 880 merepresentasikan inovasi besar bagi perusahaan.

Memang, sejak tahun 2016, Qualcomm belum mengembangkan custom CPU core sejak 2016 memutuskan pakai Kryo Core. Akan tetapi, kombinasi 1x Cortex-X1 + 3x Xortex-A78 menghasilkan keseimbangkan antara performa dengan konsumsi daya.

Akan tetapi, tampaknya Qualcomm masih harus bekerja keras untuk mengembangkan GPU Adreno. Apalagi, kompetitor Snapdragon, GPU Apple A14 memiliki teknologi dua generasi lebih maju dibandingkan Qualcomm. Dan lompatan tersebut tampaknya belum berhasil dicapai perusahaan lewat Snapdragon 888.

Meskipun begitu, pengguna tetap bisa merasa puas dengan performa GPU Adreno 660. Dijelaskan oleh perusahaan lewat rilis resmi, GPU ini mampu rendering grafis 35% lebih kencang dibanding generasi sebelumnya. Di samping itu, disebutkan pula kalo konsumsi daya 20% lebih efisien.

Fitur untuk Kamera Didukung Spectra 580 ISP

Komponen pemrosesan fotografi Snapdragon 888 (XDA-Developers)
Komponen pemrosesan fotografi Snapdragon 888 (XDA-Developers)

Beberapa tahun ini, Qualcomm terbilang sukses menghasilkan pengolah fotografi. Dan bisa dibilang, inilah bagian SoC yang paling menarik yang dipersembahkan oleh perusahaan.

Teknologi Spectra 580 merupakan Spectra pertama yang didukung tiga ISP, yang seperti penjelasan perusahaan, mampu memberikan pengalaman fotografer HP naik ke level yang lebih tinggi.

Konkurensi dari ketiga ISP tersebut mampu membebaskan pengguna untuk merekam video dari tiga kamera sekaligus dalam satu waktu dengan kualitas 4K HDR. Sedangkan penerapannya pada fotografi, ketiga ISP ini mampu membuat tiga kamera berkemampuann 28MP dipakai sekaligus dalam satu waktu.

Tiga konkurensi juga mendukung transisi yang lebih lembut ketika zooming antar kamera. Singkatnya, HP dengan Snapdragon 888 nanti ketiga kameranya bakal bisa dipakai dalam satu waktu. Pengguna bisa lebih bebas memilih atau berganti kamera untuk menghasilkan gambar yang lebih menawan.

Teknologi AI dan Machine Learning: Generasi ke-6 AI Engine dan Hexagon 780 DSP

System on Chipset Snapdragon 888 (XDA-Developers)
System on Chipset Snapdragon 888 (XDA-Developers)

Nggak seperti vendor lain, Qualcomm nggak menggunakan terminologi ‘Neural Processing Unit’, ‘AI Processing Unit’, atau ‘Neural Engine’. Malahan, sejak Snapdragon 855, perusahaan lebih memilih pakai istilah AI Engine –yang meliputi CPU, GPU, dan DSP.

Dan sejak pertama kali memperkenalkan AI Engine, perusahaan terus mengembangkan kemampuan AI dan ML. Diawali dari pengenalan Tensor Accelerator pada Snapdragon 855 dan real-time translation untuk semua pemoresan AI pada Snapdragon 865.

Kini, dengan Snapdragon 888, AI Engine generasi ke-6 ini mampu menghasilan 26 TOPS (trillion operasions per second) performa. Sebagai perbandingan, generasi sebelumnya, yakni Snapdragon 865, menghasilkan 15 TOPS, sementara Apple A14 menghasilkan 11 TOPS. Ya, pencapaian yang cukup penting, bukan?

Fitur Gaming Pada Snapdragon 888

Tingkat latensi rendah dari Snapdragon 888 (XDA-Developers)
Tingkat latensi rendah dari Snapdragon 888 (XDA-Developers)

Qualcomm mencatat kurang lebih ada 2,6 milyar mobile gamer di seluruh dunia. Dan saat ini, para gamer diperkirakan memainkan 25% judul game lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Catatan tersebut juga berisi bagaimana pencapaian mobile gaming saat ini, termasuk di dalamnya keberhasilan banyak studio dalam menghantarkan game-game terbaik ke dalam versi mobile. Di titik ini, menurut perusahaan, GPU Adreno 660 memainkan peran penting dalam menyajikan pengalaman gaming bagi pengguna.

Seperti sudah sedikit disinggung di atas, GPU Adreno 660 mampu rendering grafis 35% lebih kencang. Alhasil, kamu bisa kok mendapatkan grafis yang lebih detail. Di samping itu, perusahaan juga memperkenalkan fitur baru yang disebut Game Quick Touch.

Fitur ini mampu mengurangi lantensi sentuhan. Dan menurut uji coba perusahaan, fitur ini mampu mengurangi tingkat latensi sentuhan pada aplikasi gaming hingga 20%. Contohnya, setiap game yang dijalankan pada 120fps bakal mendapat peningkatan pada Touch Response Times.

Membaca sekilas penjelasan di atas, kita tentu bakal dibikin kagum oleh kecanggihan Qualcomm Snapdragon 888. Dan kalo kamu pengin memiliki HP dengan Snapdragon 888, segera menabung sejak saat ini. Masih ada cukup waktu hingga HP yang menggunakan Snapdragon 888 dirilis, kok.

Jangan sampai ketinggalan berita Handphone terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapat pemberitahuan informasi terbaru seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iPhone, serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.  

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like