5 Game Asah Otak Matematika Terbaik, Bisa Bantu Kamu Selama Belajar di Rumah

Game asah otak matematika (XDroidApps)
Game asah otak matematika (XDroidApps)

Sedang cari cara buat bantu anak selama belajar di rumah? Tenang, langsung unduh salah satu game asah otak matematika berikut ini. Seru, menyenangkan, dan bikin anak suka dan mata pelajaran ini!

Bagi banyak orang, matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit. Bikin pusing, stres, apalagi jika menemukan soal yang sulit dikerjakan saat ujian atau tes.

Tapi, bagi sebagian yang lain, matematika merupakan pelajaran yang sangat menyenangkan. Contohnya seperti Jerome Polin. Meskipun Youtuber kondang ini melejit karena memperkenalkan kehidupan mahasiswa di Jepang, Jerome juga sering membagikan konten-konten berbau matematika.

Jika kamu pengikut akun Instagramnya, tentu pernah melihat Jerome mamainkan game matematika dan dibagikan lewat IG Stories. Dan dalam konten tersebut, terlihat betapa Jerome mampu menyelesaikan soal-soal rumit nan sulit dalam waktu singkat.

Ya, asalkan kamu suka, pelajaran matematika pun bisa terasa menyenangkan. Maka, tugas kita hanyalah mencari cara agar suka matematika. Dan menurut penulis, salah satunya bisa dengan memainkan game asah otak matematika.

Game Matematika Seru Terbaik (YouTube)
Game Matematika Seru Terbaik (YouTube)

Game Matematika Seru Terbaik

Beruntungnya, kini sudah tersedia banyak pilihan permainan yang berhubungan dengan matematika. Kamu bisa menemukannya dan mengunduh secara gratis lewat App Store atau Play Store.

Maka, jika kamu ingim memainkan permainan yang berhubungan dengan matematika, tim Droila sudah rangkumkan beberapa judul terbaik. Cek uraian berikut ini, ya.

2048

Game matematika 2048

Game berjudul 2048 merupakan game puzzle matematika yang menghibur. Selain itu, game ini juga cukup kondang dan sudah diunduh oleh banyak pengguna telepon pintar.

Dalam permainan ini, kamu akan diminta untuk menggerakkan keramik serta mengkombinasikan antar satu keramik dengan keramik lainnya. Tapi, dengan catatan, harus keramik dengan angka yan gsama.

Begitu digabungkan, angka yang terdapat di dalam keramik akan ditambakan. Jadi, ketika kamu mengkombinasikan angka dua, hasilnya adalah empat. Menggabungkan empat, hasilnya adalah delapan. Hasilnya akan terus meningkat hingga kamu mencapai angka 2048.

Khan Academy Kids

Game asah otak matematika Khan Academy Kids

Game matematika kedua yakni game berjudul Khan Academy Kids. Sebenarnya, ini adalah game edukasi yang ditujukan untuk anak-anak. Maka dari itu, game ini tak hanya menawarkan game matematika saja. Melainkan ada beragam pilihan game mini yang berguna untuk mengasah otak anak.

Beberapa jenis yang bisa dimainkan anak seperti game menulis, game bahasa, game membaca, serta game kemampuan memecahkan masalah. Ya, satu aplikasi, namun memiliki beragam fungsi. Pas sekali untuk menemani Buah Hati yang terpaksa di rumah karena harus karantina selama pandemi, bukan?

Sebagai catatan, game ini tersedia dalam bahasa Inggris. Artinya, kamu wajib mengetahui bahasa Inggris dasar untuk memainkan game ini. Atau, minimal temani Si Kecil ketika memainkannya. Biar dia nggak kebingungan!

Math Games

Game asah otak Math Games

Permainan yang berhubungan dengan matematika selanjutnya yakni Math Games. Mungkin, ada di antara pembaca yang kurang suka dengan namanya. Terlalu sederhana dan kurang ‘wah’.

Tapi, kesederhanaan itulah yang ditawarkan game ini. Mulai dari tampilan antarmuka sampai gameplay, sudah dirancang agar terlihat sederhana. Sehingga, Buah Hati yang berumur di bawah 10 tahun pun nggak bakal kesulitan.

Dalam game ini, kamu cuma diminta untuk menyelesaikan pertanyaan aritmatika sederhana. Namun, kamu wajib menyelesaikannya dalam waktu yang ditentukan. Semakin banyak soal yang diselesaikan, semakin tinggi skor yang kamu dapat.

Math Land

Jika kamu sedang mencari game asah otak matematika untuk balita, bisa unduh game berjudul Math Land. Game ini dirancang dengan matematika sederhana dengan tema bajak laut. Artinya, anak balita kamu tentu bakal lebih suka dalam memainkan karena gambar-gambarnya yang menyenangkan.

Math Land  mengisahkan petualangan Ray. Tokoh utama ini bertugas mencari permata yang hilang akibat ulah bajak laut jahat bernama max.

Oleh pengembang, petualangan Ray dibagi dalam 25 tingkatan kesulitan. Masing-masing berisi soal matematika yang sudah disesuaikan tingkat kesulitannya untuk anak TK. Maka, bisa menjadi teman belajar ketika buah hati mulai aktif, bukan?

Math Master

Game Math Master (Play Store)
Game Math Master (Play Store)

Terakhir, yakni game berjudul Math Master. Seperti namanya, ini merupakan game matematika untuk SMP. Artinya, soal-soal yang ditawarkan pun lebih sulit dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dai siswa di tingkat pendidikan tersebut.

Pengembang sudah menambahkan beragam macam soal matematika. Mulai dari yang paling dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Hingga yang agak rumit seperti persamaan, kelipatan, serta latihan ingatan.

Sayangnya, pengembang merancang game smartphone ini dengan tampilan yang agak membosankan. Hanya berisi kotak, angka, serta warna biru navy. Sesederhana itu. Alhasil, anak pun akan cepat bosan dan permainan terasa kurang segar.

Meskipun begitu, jika membicarakan kelengkapan materi, game Math Master bisa dibilang yang paling komplit dibanding judul lainnya. Jadi, kamu bisa menggunakan aplikasi game ini sebagai teman anak dalam belajar matematika, bukan?

Itulah beberapa game asah otak matematika yang bisa kamu unduh. Masing-masing judul dijamin bakal membantu kamu untuk lebih memahami setiap soal matematika yang dipelajari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like