7 Game Asah Otak Terbaik dan Gratis, Bisa untuk Anak atau Dewasa!

game asah otak terbaik
game asah otak terbaik

Otak dan kemampuan berpikir yang prima tentu jadi harapan banyak orang. Dan untuk mendapatkannya, kamu bisa berlatih menggunakan game asah otak berikut ini. Langsung download dan mainkan aja, ya.

Sudah bukan rahasia, seiring usia bertambah fungsi otak pun berkurang. Akan tetapi, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa menjaga agar pikiran tetap aktif –terutama saat usia tua- bisa membantu fungsi otak.

Fungsi-fungsi tersebut antara lain aktivitas mengingat, memahami, menalar, menganalisis, menilai, berbahasa serta imajinasi. Dan ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan: cukup unduh salah satu dari banyaknya judul game untuk asah otak di toko aplikasi.

Game mengasah otak dibuat berdasarkan premis bahwa stimulus mental bisa meningkatkan neuroplasticity, yakni potensi sel otak untuk mengalami regenerasi atau multipiklasi. Inilah yang membuat manusia terlihat cerdas atau pintar.

Sudah diakui, baik secara medis maupun saintifis, bahwa aplikasi game asah otak bisa menjadi alat bantu dalam melatih fungsi mental. Masalahnya, ada terlalu banyak aplikasi yang bakal kamu temukan. Sedangkan waktu milikmu tentu terlalu sia-sia untuk mencoba satu per satu aplikasi yang sudah ada.

Nah, agar pembaca nggak perlu trial and error, tim Droila sudah mengumpulkan dari berbagai sumber game untuk asah otak terbaik yang bisa kamu coba. Langsung pilih dan pasang di HP milikmu aja, ya.

game teka teki
game teka teki

Game Asah Otak untuk Anak

Kini, kemampuan berpikir si kecil sudah bisa kita latih sejak dini. Dan jika kamu merasa tidak memiliki banyak waktu, bisa gunakan salah satu game asah otak untuk anak berikut ini. Langsung cek aja, ya.

Happify

Happify adalah aplikasi yang didesain untuk meningkatkan kondisi emosional manusia, entah saat kamu mengalami stress, cemas, atau berlebihan. Nah, pengguna bisa memilih salah satu di antara 60 pilihan, tergantung pada apa yang ingin ditingkatkan.

Pilihan-pilihan yang disediakan antara lain menaklukan pikiran buruk, meningkatkan rasa optimis terhadap karir, serta membangun kepercayaan diri.

Berdasarkan keterangan yang bisa kita baca pada toko aplikasi Android dan iOS, nantinya pengguna bakal mendapat laporan hasil lengkap dengan pilihan yang disarankan untuk dicoba. So, langsung deh download game asah otak ini lewat toko aplikasi masing-masing.

Peak – Brain Game & Training

Aplikasi game untuk asah otak selanjutnya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Peak. Tersedia di Play Store dan App Store, aplikasi game mengasah otak ini merupakan salah satu game sejenis yang memiliki rating tinggi. Bahkan, game ini sudah menyabet penghargaan Aplikasi Terbaik tahun 2014.

Di dalam aplikasi ini terdapat 40 game unik yang dibuat dan dikembangkan oleh ilmuwan neurosains serta ahli game. Semua game yang dibuat didesain untuk melatih ingatan, fokus, menyelesaikan masalah, kecepatan berpikir, bahasa, koordinasi, kreativitas, serta kontrol emosi.

Ada pula fitur personal trainer yang disebut Coach. Ini merupakan fitur yang bakal membantumu untuk menemukan jenis latihan dan waktu terbaik yang bisa memaksimalkan skill yang kamu miliki.

Terdapat pula aspek kompetisi dalam game ini. Jadi, kamu bisa mengajak teman bermain bersama dan bertanding lalu membandingkan peta otak serta penampilan kalian di dalam game.

Memorado – Game Otak

Bagaimanapun, dengan kemampuan otak yang unggul, tentu bakal membuat hidup jadi lebih tenang dan nyaman. Dan jika kamu ingin mendapatkannya, Memorado – Game Otak adalah salah satu jawaban yang kamu butuhkan. Mengapa?

Salah satu keunggulan game untuk asah otak dibandingkan yang lain ini adalah porsi latihan pikiran yang dibuat menyenangkan dan sudah dipersonalisasikan dengan kebutuhan dirimu. Jadi, nantinya kamu pun bakal mendapat jenis-jenis latihan yang benar-benar dibutuhkan.

Ada 15 game yang masing-masing berisi 450 level. Dan semua game ini dirancang berdasarkan neurosains. Jadi, kamu pun nggak perlu khawatir akan kemungkinan tertipu atau hanya kaleng-kaleng aja.

Di samping itu, ada juga jenis latihan yang bisa meringkankan tekanan mental, yang mana bisa membantumu untuk meredakan stress serta mengembalikan keseimbangan mental. Keuntungan lainnya, game mengasah otak ini tersedia di Android maupun iOS!

game asah otak online
game asah otak online

Game Asah Otak Teka-Teki

Mengasah kemampuan otak tak hanya dibutuhkan anak-anak saja. Bahkan, sebaiknya aktivitas ini dilakukan oleh seluruh usia. Dan untuk remaja maupun dewasa, kamu bisa manfaatkan game asah otak teka-teki di bawah. Bikin kemampuan otak lebih prima!

Lumosity: Brain Training

Salah satu game asah otak untuk Android dan iOS dengan rating tinggi lainnya adalah Lumosity.Hingga kini, lebih dari 90 juta pengguna dari berbagai penjuru dunia yang download dan menggunakan layanan dari aplikasi game ini.

Saat kamu pertama kali mengunduh aplikasi Lumosity, kamu sebagai pengguna pemula wajib menyelesaikan Fit Test untuk menentukan nilai dasar. Hasilnya nanti bakal digunakan untuk merancang latihan harian agar sesuai dengan kemampuanmu.

Latihan-latihan tersebut antara lain puzzle, game ingatan, game menyelesaikan masalah, game logika, serta game berpikir kritis.

Seperti game yang memiliki rating tinggi lainnya, Lumosity juga menyediakan fitur yang membuatmu bisa melihat perkembangan skor. Dengan begitu, kamu pun bisa mengetahui dengan pasti bagaimana perkembangan mental yang kamu miliki.

Elevate

Inilah game untuk asah otak yang sudah diakui banyak pengguna sebagai yang terbaik di kelasnya. Game mengasah otak ini didesain untuk meningkatkan konsentrasi, kemampuan berbicara, kecepatan memahami, ingatan, serta kemampuan matematika.

Pengguna pun bakal disediakan program latihan yang sudah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, yang mana juga bakal disesuaikan dengan waktu kegiatan agar mendapat hasil maksimal.

Terdapat 40 game untuk asah otak yang bisa kamu pilih dan mainkan, yang mana didesain berdasarkan kolaborasi dengan para ahli: termasuk ilmuwan syaraf dan gamer profesional.

Dan sembari kamu berlatih menggunakan game ini, ada program yang berjalan dan berfungsi untuk melacak perkembanganmu . Dan buat kamu yang menyukai nuansa kompetitif, disediakan pula fitur yang membuatmu bisa membandingkan skor dengan teman.

game asah otak untuk anak
game asah otak untuk anak

Game Logika

Ada banyak jenis game yang termasuk dalam kategori asah otak. Salah satu jenis yang populer dan dimainkan banyak orang adalah game logika. Dan untungnya, game jenis ini bisa dimainkan oleh seluruh kelompok usia. Penasaran?

4 Pics 1 Word

Salah satu game asah otak Android dan iOS yang menyenangkan untuk dimainkan adalah Pics 1 Word. Dan sesuai namanya, game ini bakal menunjukkan empat gambar. Nah, nantinya, kamu sebagai pengguna harus menemukan satu kesamaan yang tertuang dalam satu kata dari gambar-gambar yang ditunjukkan.

Sebagai contoh, gambar di atas terdiri dari orang yang sedang bersepeda naik bukit, wanita menggigit permen, pria dengan otot perut six pack, serta kacang. Dari keempat gambar tersebut, satu kesamaannya yakni ‘Keras’ atau ‘Hard’.

Nah, game ini memintamu menggunakan bahasa Inggris. Jadi, ada keuntungan ganda yang bakal kamu dapatkan: selain melatih otak, pun juga bisa memperkaya kosakata bahasa Inggris. Menarik, kan?

One Brain

Game mengasah otak ini dibangun dengan dasar pikiran bahwa otak manusia dibagi menjadi dua belahan dengan tugas yang berbeda. Otak kiri menjalankan fungsi analitis dan berorientasi detail, sementara otak kanan menjalankan fungsi intuitif dan impulsif.

Nah, game dalam game asah otak terbaik ini menunjukkan pada pengguna pertanyaan-pertanyaaan yang bisa dijawab dengan ‘Yes’ atau ‘No’. Dan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, otak membutuhkan kerja sama di antara dua belahan. Membutuhkan komunikasi secara seimbang antar keduanya.

Sebagai contoh, pertanyaan mungkin bakal berbunyi, “4 + 3= 6”. Nah, pengguna pun tentu langsung menjawab tombol ‘No’. Dan pertanyaan selanjutnya bisa jadi jenis pertanyaan yang membutuhkan jawaban menggunakan otak kiri. Begitu terus dengan urutan keberulangan yang berbeda-beda.

Seiring waktu berjalan, game asah otak offline ini turut membantu otakmu untuk menggunakan kedua belahan secara efektif. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih mudah, cepat, dan tepat dalam mengatasi masalah serta mengambil keputusan.

Sama seperti game sebelumnya, One Brain bisa digunakan dari perangkat Android maupun iOS. So, langsung unduh aja, ya.

Jangan sampai merasakan penyesalan di hari tua gegara kemampuan berpikir dan konsentrasi menurun, langsung unduh dan mainkan game-game di atas aja.

Nah, itulah berbagai game asah otak yang bisa kamu mainkan. Semoga penjelasan review game di atas bisa membantumu dalam menjaga kondisi otak agar tetap prima!

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like