5 Game MMORPG Android Ringan Terbaik, Petualangan untuk HP Spek Rendah

MMORPG ringan Android (Play Store)
MMORPG ringan Android (Play Store)

MMORPG adalah singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game. Artinya, jenis permainan video yang bisa dimainkan bersama ratusan atau ribuan pemain lain secara online. Nah, kali ini, tim Droila sudah siapkan daftar game MMORPG Android ringan terbaik. Tenang aja, penulis sudah menyiapkan judul game yang bisa dimainkan pada HP spek rendah!

Tawarkan petualangan yang seru dan mengasyikan, hingga saat ini game MMORPG masih jadi salah satu jenis game yang populer. Memang, dalam hal angka, tingkat popularitasnya masih kalah dengan game MOBA atau battle-royale. Hanya saja, penggemar game petualangan ini dikenal loyal dan royal.

Ya, setiap pemain tak segan untuk menghabiskan uang dalam jumlah besar agar karakter yang dimainkan tak terkalahkan. Tak jarang, ada kasus di mana item dalam permainan bisa dihargai hingga puluhan juta.

Game MMORPG ringan Android (Reddit)
Game MMORPG ringan Android (Reddit)

Hal itu pula yang menyebabkan kemunculan istilah Pay to Win. Dan kini, sudah tersedia beberapa judul game yang dikenal menawarkan skema Pay to Win. Game Genshin Impact adalah salah satu contohnya.

Beruntungnya, kini sudah tersedia beragam jenis game MMORPG. Salah satu jenis yang paling banyak dimainkan adalah game MMORPG ringan. Seperti yang bisa disimpulkan dari namanya, game yang termasuk dalam jenis tersebut bisa kamu pasang dan mainkan melalui HP Android berspesifikasi rendah.

Sehingga, untuk kamu yang menggunakan HP Android RAM 1GB atau 2GB pun tetap bisa memainkan game yang penuh petualangan dan nuansa menegangkan.

Daftar Game MMORPG Ringan Android Terbaik

Berdasarkan penelusuran penulis pada halaman Play Store, terdapat banyak judul game MMORPG Android ringan. Nah, untuk mempermudah pencarianmu, tim Droila sudah mengumpulkan daftar game MMORPG ringan Android terbaik.

Jika tertarik memainkannya, langsung cek salah satu judul game di bawah aja, ya.

Pereger MMORPG (Akses Awal)

Game Pereger MMORPG (Play Store)
Game Pereger MMORPG (Play Store)

Game MMORPG ringan pertama yang bisa kamu unduh berjudul Pereger MMORPG. Seperti yang bisa kita baca dari judul, game ini masih berada pada tahap pengembangan dan akses awal. Artinya, kamu masih akan menemukan banyak bug atau kerusakan pada sistem.

Meskipun begitu, game yang dikembangkan studio Red Bill Games ini layak jadi salah satu judul yang wajib dicoba. Pasalnya, kamu bisa merasakan sensasi game RPG pada umumnya pada HP low-end atau entry-level.

Ukuran game ini bervariasi, tergantung jenis perangkat yang kamu pakai. Di samping itu, hampir semua jenis sistem operasi Android bisa memainkannya. Menjadikan game Pereger sebagai salah satu pilihan yang wajib dicoba, bukan?

Rainbow Story: Fantasy MMORPG

Game Rainbow Story (Play Store)
Game Rainbow Story (Play Store)

Petualangan di dunia fantasi bakal terasa lebih menyenangkan karena diisi dengan karakter lucu nan imur. Selain itu, kamu juga bisa bertemu pemain dari berbagai penjuru dunia. Baik untuk PvP (Player versus Player), membentuk party, hingga menjelajahi dunia open-world yang sudah disediakan.

Seperti umumnya game MMORPG, kamu bisa mengatur tampilan karakter lebih leluasa. Mulai dari ujung kaki hingga kepala. Selain itu, game ini cuma berukuran 64MB serta bisa dimainkan pada OS Android 4.1 Jelly Bean!

MMO RPG Ancients Reborn – MMORPG

Game MMORPG Ancient Reborns (Play Store)
Game MMORPG Ancient Reborns (Play Store)

Game yang dikembangkan studio Xisle Games ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pemain dari berbagai penjuru dunia. Menawarkan mekanisme open-world yang super luas, pemain bisa menjelajah serta menyelesaikan cerita yang ditawarkan.

Selama berpetualang, kamu juga bisa bermain dengan teman. Bahkan, terdapat mekanisme raid dungeon sehingga menjadikan petualangan bersama terasa lebih menyenangkan! Apalagi, game ini hadir dengan grafis HD, tentu sayang kalo dilewatkan, bukan?

Game MMO RPG Ancients Reborn cuma berukuran 41MB saja. Selain itu, sistem operasi minimum yang bisa menjalankan game MMORPG Android ringan ini adalah Android KitKat. Tentu perangkatmu sudah menjalankan OS Android lawas ini, bukan?

MMORPG Laurum Online – RPG – Pixel MMO – PVP

Game MMORPG Laurum Online (Play Store)
Game MMORPG Laurum Online (Play Store)

Mainkan, tingkatkan level karakter, serta jadikan karakter yang terkuat. Di dalam dunia Laurum Online. Tenang aja, studio menjanjikan game MMORPG ini tidak Pay to Win, kok. Alhasil, perkembangan karakter benar-benar ditentukan dari waktu yang kamu luangkan untuk grinding level dan mengumpulkan item.

Terdapat pilihan kelas karakter yang tersedia. Mulai dari Warriror, Hunter, Wizard, atau Paladin. Masing-masing karakter memiliki 15 skill yang berbeda dan bisa digunakan untuk mengalahkan musuh. Tersedia juga mekanisme PvP, sehingga permainan pun terasa lebih menyenangkan dan menegangkan, bukan?

Tanpa panjang lebar, langsung deh download game MMORPG berukuran 63MB ini. Apalagi, kamu juga bisa memainkannya lewat HP Android yang masih menjalankan OS Android Jelly Bean.Tawaran menarik, bukan?

Naica Online – 2D MMORPG

Game Naica Online - 2D MMORPG (Play Store)
Game Naica Online – 2D MMORPG (Play Store)

Pilihan terakhir untuk game MMORPG ringan Android adalah game berjudul Naica Online.Menurut pengembang, game ini menawarkan kemudahan kustomisasi. Artinya, kamu bebas mengatur dan menyesuaikan tampilan atau kemampuan karakter.

Terdapat lima ras yang berbeda yang sudah disediakan. Antara lain Vulpians, Cerbalis, Denelites, Ophimanders, atau Azralians. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang unik dari game ini, kamu tidak akan menemukan pengaturan kelas.

Bukan berarti setiap hero tidak memiliki kemampuan. Soalnya, kamu bisa memadupadankan kemampuan hero tanpa batasan kelas. Artinya, yang dibutuhkan benar-benar kreativitas serta pemahamanmu terhadap permainan.

Memang, dari pilihan di atas, sebagian besar game yang disebutkan hadir dengan tampilan 2D atau pixel. Itulah konsekuensi yang harus dirasakan pemain karena game berukuran kecil.

Tapi, penulis jamin kalo salah satu judul game MMORPG Android ringan di atas menawarkan petulangan yang seru dan menegangkan. So, langsung unduh dan mainkan aja, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like