Google Assistant: Pengertian, Fitur, & Cara Menggunakannya

bicara dengan google assistant
bicara dengan google assistant

Kamu pasti tak asing dengan fitur Google Asistant di HP Android? Ya, fitur ini berperan selayaknya asisten yang membantumu melakukan beberapa hal saat menggunakan HP. Namun, hingga saat ini banyak orang lebih memilih tidak menggunakannya. Padahal, banyak fitur dan manfaat dengan menggunakan Google Assistant.

Apa Itu Google Assistant?

Sesuai namanya, Google Assistant merupakan kecerdasan buatan yang dibuat oleh Google agar dapat melakukan tugas layaknya asisten virtual. Fitur ini merupakan pengembangan dari Google Now, lebih canggih dan mampu melakukan percakapan dua arah.

Fitur ini diluncurkan pada Mei 2016. Awalnya hanya support pada HP Google Pixel. Namun, saat ini, fitur asisten virtual Google sudah dapat diakses di semua HP Android dan perangkat lain, seperti tablet, PC, dan lainnya.

download google assistant
download google assistant

Fitur Google Assistant

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang sangat membantumu untuk multitasking. Seperti halnya seorang asisten, kehadiran Google Assistant diharapkan dapat membantu manusia dalam mengoperasikan perangkatnya. Lebih spesifik, kamu harus mengetahui beberapa fitur Google Assistant berikut ini.

Memberikan Rute Navigasi

Salah satu fitur Google Assistant online adalah memberikan rute navigasi. Fitur ini sangat berguna buat kamu saat berkendara atau sedang melakukan perjalanan ke tempat yang tidak kamu ketahui rute jalannya.

Kamu juga bisa memintanya untuk memberikan informasi lalu lintas. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisasi terjebak dalam kemacetan.

Mencarikan Jawaban

Salah satu kebiasaan orang masa kini adalah mencari jawaban di internet. Ya, memang benar, internet mampu menyuguhkan berbagai macam jawaban atas pertanyaan yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, pertanyaan sepele pun ada di internet.

Nah, sekarang, tanpa perlu mengetik, kamu dapat meminta Google Assistant untuk mencarikan jawaban pertanyaanmu. Misalnya kamu sedang belajar Bahasa, kamu dapat mengajaknya tanya jawab perihal kosa kata. Menarik bukan?

Menyetel Alarm dan Pengingat

Fitur berikutnya dalah menyetel alarm dan pengingat. Jika kamu suda download Google Assistant, kamu dapat menyuruhnya menyetel alarm untukmu. Apalagi saat kamu capek, kadang mager banget mau nyetel alarm. Dengan adanya Google Assistant, kamu bisa lebih santai. Bikin pengingat juga leih praktis dengan bantuan fitur asisten virtual Google ini.

google assistant online
google assistant online

Cara Memaksimalkan Fungsi Google Assistant

Selain ketiga fitur di atas, masih banyak fitur-fitur lain yang bisa kamu maksimalkan penggunaannya. Agar aplikasi ini dapat berfungsi dengan maksimal, aktifkan Google Assistant di HP-mu. Manfaatkan fitur-fiturnya untuk membantumu melakukan banyak hal.

Terkadang kamu tak bisa mengoperasikan HP-mu saat sedang mengemudi atau melakukan hal lain. Manfaatkan layanan Google Assistant ini.

Kamu bisa memintanya untuk menunjukkan arah, membantu mencarikan informasi, bahkan mengirimkan pesan untuk seseorang yang ada di kontakmu.

Saat sedang gabut, kamu juga bisa mengajak Google Assistant berbicara. Tinggal katakana saja, “Saya bosan.” Dia akan berusaha menghiburmu dengan menyajikan game, memberikan lelucon, bahkan mencoba merayu atau menggombal.

Cara Membuka Google Assistant

Cara membuka Google Assistant sebenarnya sangat mudah. Ikuti langkah berikut untuk mengaktifkan Asisten Google.

  1. Buka aplikasi Asisten Google di ponsel atau tablet Android.
  2. Jika Asisten Google nonaktif, kamu akan melihat opsi untuk mengaktifkannya. Klik Aktifkan.

Sebelum mengajaknya berbicara, kamu harus melatih fitur asisten virtual Google untuk mengenali suaramu. Caranya gampang kok.

  1. Buka aplikasi Google Assistant dan ucapkan “Setelan Asisten”.
  2. Di bagian Setelam Populer, klik Voice Match.
  3. Klik Model Suara kemudian Latih ulang model suara
  4. Ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan Google.

Untuk seterusnya, jika ingin membukafitur asisten virtual Google, kamu cukup menekan tombol Home agak lama.

Cara Bicara dengan Google Assistant

Setelah suaramu dikenali, kamu dapat bicara dengan Google Assistant. Caranya mudah.

  1. Ucapkan “Oke Google”
  2. Dengarkan jawabannya.
  3. Berikan perintah atau perintah.
  4. Setelah itu, Google Assistant akan merespon sesuai apa yang kamu inginkan.
aktifkan google assistant
aktifkan google assistant

Cara Mengatasi Google Assistant yang Sering Muncul Sendiri

Terkadang orang tidak sengaja menekan tombol Google Assistant home. Tombol Home pada HP Android memang di atur untuk membuka Google Assistant. Jadi, jika kamu menekannya agak lama, Google Assistant akan muncul.

Jika kamu merasa terganggu dengan hal ini, kamu bisa saja menonaktifkannya. Ikuti cara berikut!

  1. Buka Google Assistant dengan menekan tombol Home agak lama.
  2. Setelah muncul, klik Profil yang ada di kanan atas.
  3. Pilih Setting
  4. Lalu pilih Asistant
  5. Klik menu Phone
  6. Nonaktifkan Google Assistant dengan menekan tombol biru.
  7. Selesai.

Itulah cara mengatasi Google Assistant yang sering muncul sendiri. Namun, jika kamu masih menggunakannya, lebih baik jangan dinonaktifkan. Cukup kamu lebih hati-hati saat menyentuh LCD HP.

Baru-baru ini, fitur asisten virtual Google ini mengembangkan fiturnya agar bisa digunakan di mobil. Hal ini tentu sangat berguna. Tau sendiri kan, kalau orang nyetir harus fokus. Dengan adanya Google Assistant tentu kegiatan seperti mengirim pesan, menjawab telepon, dan navigasi dapat dibantu oleh Google Assistant.

Oh, ya. Google Assistant juga bisa digunakan di laptop atau pc, loh. Google Assistant PC dapat membantumu mengirim email, menjawab pertanyaan, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

So, bagi kamu yang belum pernah menggunakan fitur Google ini, sebaiknya dicoba deh. Maksimalkan penggunaan Google Assistant agar ponselmu benar-benar berfungsi sebagai smartphone.

Usai sudah penjelasan kali ini mengenai Google Assistant. Semoga uraian mengenai teknologi canggih HP Android di atas bisa membantumu untuk lebih mengoptimalkan fungsi ponsel, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like