Review Oppo Reno 4 Harga dan Spesifikasi: HP 4 Jutaan dengan Kamera yang Bisa Diandalkan

Layar Oppo Reno 4 (Gizmologi)
Layar Oppo Reno 4 (Gizmologi)

Awal bulan Agustus lalu, Oppo merilis HP kelas menengah terbarunya. Diberi nama Oppo Reno 4, ponsel anyar ini diakui banyak pengguna punya kemampuan kamera yang bisa diandalkan. Lalu, bagaimana performa perangkat ini secara keseluruhan? Simak uraian review Oppo Reno 4 harga dan spesifikasi di bawah ini, ya.

Kehadiran komponen smartphone canggih seperti SoC Snapdragon seri 700 milik Qualcomm dan sensor Sony IMX586 seringkali jadi pedang bermata dua bagi produsen. Di satu sisi, kedua komponen ini membuat HP kelas menengah terkesan premium; dari segi kamera serta performa.

Sedangkan di sisi lain, ledakan variasi HP kelas menengah terkadang bikin pengguna kebingungan dalam menentukan pilihan. Bukankah kita saat ini bisa menyaksikan sendiri, sudah ada banyak jenis produk yang dengan selisih di kisaran ratusan ribu serta spesifikasi yang nggak terlalu jauh berbeda.

Kondisi ini pada akhirnya membuat produsen seringkali merancang gimmick ketika terobosan. Contoh paling nyata adalah bocoran demi bocoran perangkat yang memancing rasa penasaran pengguna.

HP Oppo Reno 4 (YouTube)
HP Oppo Reno 4 (YouTube)

Jika ditelaah, apakah bocoran itu memang hasil pencarian jurnalis atau produsen yang sengaja menyebarkannya demi kepentingan penjualan?

Akan tetapi, menurut pengamatan dan pengalaman penulis, seri HP Oppo Reno 4 layak disebut berbeda –di tengah kondisi yang serba sama. Yang dihantarkan pada pengguna lebih substansial; baik dari segi fitur, inovasi, serta keunggulan-keunggulan lainnya.

Nggak salah juga jika HP Oppo terbaru ini langsung mencuri perhatian meskipun baru beberapa minggu diluncurkan. Lalu, bagaimana hasil performa HP kelas menengah Oppo ini?

Kali ini, tim Droila sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai Oppo Reno 4 harga dan spesifikasi serta uraian kelebihan dan kelemahan ponsel ini.

Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 4

Melihat tampilannya saja, pengguna bakal mudah dibuat terpukau. Perusahaan merancang perangkat sehingga terlihat lebih elegan dan premium. Nggak cuma itu aja, dukungan chipset pun terbilang memuaskan. Lebih lengkap, berikut ini uraian spesifikasi Oppo Reno 4.

Desain dan Layar

Desain Oppo Reno 4 (Gizmologi)
Desain Oppo Reno 4 (Gizmologi)

Dari Oppo Reno 4, kita mendapati upaya perusahaan untuk menginisiasi tren baru. Material kaca jenis terbaru digunakan perusahaan untuk membungkus bodi bagian belakang.

Sayangnya, tentu saja genggaman makin susah. Tapi, kelebihannya, kamu nggak bakal merasakan sensasi kaca hanya lewat sentuhan saja.

Dengan lebar 7,7 mm dan berat 161 gram, perangkat ini mudah menimbulkan kesan mewah –dan rapuh di saat yang bersamaan. Layaknya smartphone flagship, yang tetap terlihat elegan di tengah persaingan.

Untuk bagian layar, Oppo Reno 4 mengandalkan panel Super AMOLED dengan lebar 6,5 inci. Bagian pinggir dibikin melengkung –mendukung tampilan sehingga tampak makin mewah.

Kamera Oppo Reno 4

Kamera selfie Oppo Reno 4 (Kompas)
Kamera selfie Oppo Reno 4 (Kompas)

Uraian harga dan spesifikasi Oppo Reno 4 selanjutnya memasuki bagian kamera. Terdapat empat buah lensa yang bisa kamu temukan di bagian belakang. Keempat lensa tersebut ditata secara vertikal dan dibungkus panel berbentuk persegi panjang.

Memang, untuk penataan, Oppo lebih memilih gaya lama. Ya, kita sudah bisa menemukan banyak perangkat yang penataan kamera belakang bergaya demikian. Akan tetapi, bukan berarti tanpa peningkatan, ya.

Kamera belakang Oppo Reno 4 (Gizmologi)
Kamera belakang Oppo Reno 4 (Gizmologi)

Kamera utama menggunakan sensor canggih milik Sony; yakni Sony IMX586 yang memiliki bukaan f/2.4. Sayangnya, kamu nggak mendapatkan sensor telephoto dari seri ini. Berbeda dari varian satunya, yakni Oppo Reno 4  Pro 5G yang hanya diluncurkan untuk pasar Tiongkok saja.

Untuk ketiga lensa lainnya, masing-masing berkemampuan 8MP lensa ultrawide, 2 MP sensor kedalaman, dan 2 MP sensor makro. Dengan konfigurasi kamera utama ini, Oppo Reno 4 menjanjikan kenyamanan fotografi untuk berbagai medan dan keadaan.

Membalik perangkat, kita bakal menemukan kamera dual-camera. Ya, HP 4 jutaan ini menggunakan dua kamera selfie yang dibungkus punch-hole. Masing-masing berkemampuan 32 MP lensa wide dan 1,2 MP berjenis AON Smart Sensor.

Chipset dan Performa HP

Kamera Oppo Reno 4 (AntaraNews)
Kamera Oppo Reno 4 (AntaraNews)

Dalam hal performa, tak ada yang istimewa dari Oppo Reno 4. Apalagi untuk pengguna yang mampu menilai kompetisi serta mengutamakan performa untuk penggunaan ekstrim.

Bukan bermaksud untuk mengecilkan performa perangkat, akan tetapi untuk menjaga harapan pengguna agar lebih realistis. Soalnya ponsel ini ditenagai chipset Snapdragon 720G, seri yang juga dipakai oleh Redmi Note 9 Pro, Realme 6 Pro, dan Vivo iQOO U1.

Padahal, ketiga perangkat di atas dijual dengan harga jauh lebih murah ketimbang Reno 4.  Maka dari itu, wajar kiranya jika nanti ada beberapa pengguna yang merasa Reno 4 terlalu mahal –jika dilihat dari segi chipset yang digunakan.

Meskipun begitu, bukan berarti Oppo Reno 4 nggak menawarkan sesuatu yang berbeda. Dukungan RAM 8GB dengan ROM 128GB, tentu menjanjikan pengalaman yang lebih leluasa.

Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 4 (Review1st)
Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 4 (Review1st)

Artinya, kamu nggak perlu repot memikirkan penyimpanan, pun HP Android lemot gegara terlalu banyak pasang aplikasi, Gan!

Dibalik chipset yang terasa biasa aja, Oppo terlihat kalo menargetkan pengguna spesifik. Dan menurut penulis, jenis pengguna yang ditargetkan yakni pengguna yang lebih mengutamakan video berkualitas halus dan detail dengan grafik yang memukau.

Hal ini bisa kita lihat dari penerapan layar selebas 6,5 inci bertipe Super AMOLED; jenis panel yang jarang digunakan oleh HP kelas menengah. Hasilnya, grafis yang dihasilkan memiliki refresh rate 90 Hz. Ya, kamu bisa memainkan PUBG dengan gambar berkualitas tinggi!

Harga Oppo Reno 4 di Indonesia

Unboxing Oppo Reno4 (YouTube)
Unboxing Oppo Reno4 (YouTube)

Diluncurkan dengan tajuk Clearly of You, Oppo Reno 4 merupakan perwujudan keinginan perusahaan untuk memberi perangkat yang tepat guna dan sesuai beragam kegiatan anak muda. Dan dari segala kelebihan dari sisi spesifikasi yang sudah disebutkan di atas, HP Oppo terbaru ini terbilang cukup murah lho harganya.

Saat pertama kali diluncurkan, Oppo Indonesia membanderol Oppo Reno 4 dengan harga Rp4,999 juta. Dan kini, berdasarkan penelusuran penulis, sudah ada beberapa lapak online yang menjualnya dengan selisih beberapa ratus ribu.

Pengin tahu harga Oppo Reno 4 dari berbagai platform toko online? Tenang, penulis sudah menyiapkan daftar harga Oppo Reno 4 terbaru di Indonesia. Langsung cek dengan klik salah satu tautan di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 4

Tabel spesifikasi lengkap Oppo Reno 4 (Dok.Istimewa/Droila)
Tabel spesifikasi lengkap Oppo Reno 4 (Dok.Istimewa/Droila)

Sebenarnya, penulis sudah memberikan beberapa uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 4 di atas. Namun, agar lebih jelas, penulis uraikan dalam bentuk daftar kelebihan dan kekurangan. Scrolling lagi, gan.

Kekurangan

  • Material body bagian belakang membuatnya licin saat digenggam
  • Nggak didukung chipset terbaik dengan harga yang ditawarkan
  • Nggak dibekali kamera telephoto
  • Performa kamera makro kurang memuaskan
Review Oppo Reno 4 (InfoBrand)
Review Oppo Reno 4 (InfoBrand)

Kelebihan

  • Ringan dan produk yang menguntungkan –dalam hal baterai serta ukuran layar
  • Dibekali slot kartu SD dan mendukung sampai kapasitas microSD sebesar 256GB
  • Colokan headset 3,5mm
  • Kualitas layar mengagumkan
  • Daya tahan baterai panjang
  • Hanya butuh waktu 30 menit untuk isi ulang daya baterai dari 0-100%
  • Kualitas video dan foto bisa diandalkan

Review Oppo Reno 4

Melalui Oppo Reno 4, perusahaan terbilang berhasil menghadirkan HP kelas menengah yang punya performa memuaskan. Dan menurut penulis, perangkat ini memang dirancang untuk lebih fokus pada layar, grafis, kamera, dan daya tahan baterai.

Dan satu-satunya kekurangan, yang bagi penulis sangat disayangkan, adalah keputusan perusahaan untuk memilih chipset Snapdragon 720G. Apalagi sekarang sudah ada beberapa pilihan perangkat yang didukung chipset Snapdragon 765G –dengan harga yang kurang lebih sama.

Review HP Oppo Reno 4 (TribunNews)
Review HP Oppo Reno 4 (TribunNews)

Nah, usai sudah pembahasan kali ini mengenai harga dan spesifikasi Oppo Reno 4. Semoga uraian di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan, ya.

Jangan sampai lewatkan rekomendasi handphone terbaik yang terbit setiap hari di Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, games, dan tips HP Android atau iOS setiap harinya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like