Spesifikasi dan Harga HP Samsung Galaxy A30s 2020: Desain Elegan, Baterai Besar, Harga Cuma 3 Jutaan!

Harga Samsung Galaxy A30s (MobyGeek)
Harga Samsung Galaxy A30s (MobyGeek)

Diberi nama Galaxy A30s, ponsel ini punya berbagai keunggulan. Nah, kali ini tim Droila bakal mengupas lebih dalam mengenai review spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy A30s. Pengin tahu bagaimana hasilnya?

Desain premium tapi dibekali dengan spesifikasi tinggi. Itulah visi yang ingin ditanamkan Samsung lewat seri Galaxy A miliknya. Tak butuh waktu lama bagi perusahaan untuk meluncurkan penerus Galaxy A30.

Dan sekali lagi Samsung terbilang sukses dalam mewujudkan visi dari serial Galaxy A. Desain premium berkat dukungan display berkonsep Infinity-U. Hasilnya, handphone bezelles ini jadi salah satu produk yang paling diburu penggemar –bahkan sampai saat ini.

Pernyataan di atas bukanlah asumsi belaka. Melihat dari tren pencarian pengguna Google, ada beberapa kata kunci yang berkaitan dengan Samsung Galaxy A30s mengalami peningkatan sepekan terakhir.

Samsung Galaxy A30s (Samsung)
Samsung Galaxy A30s (Samsung)

Melansir dari data yang bisa kita lihat pada laman Google Trends, kata kunci ‘Samsung A30s’ mengalami peningkatan tajam. Kata-kata yang berkaitan pun mengalami peningkatan serupa; mulai dari ‘Samsung A30s harga’, ‘spesifikasi A30s samsung’, sampai ‘harga hp samsung’.

Rasa penasaran memancing penulis untuk mengulik lebih dalam mengenai perangkat ini. Hasilnya, rasa takjub akibat melihat perpaduan antara spesifikasi, desain, serta harga yang cukup menggoda.

So, baik kamu seorang penggemar setia produk Samsung maupun yang sedang ingin coba, simak dulu deh uraian review spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy A30s di bawah. Penulis juga sudah menyiapkan bagaimana kelebihan dan kelemahan Galaxy A30s, lho.

Spesifikasi dan Harga Samsung A30s

HP Samsung Galaxy A30s memiliki beberapa poin unggulan. Antara lain di sektor display atau tampilan, daya tahan, serta chipset yang digunakan. Sebelum masuk ke pendapat penulis, kuy pahami dulu bagaimana spesifikasi dan harga HP Samsung A30s 2020.

Display dan Desain

Spesifikasi Galaxy A30s (YouTube)
Spesifikasi Galaxy A30s (YouTube)

Gradasi warna dengan kombinasi pola prisma menjadi tampilan yang terbilang cukup mencuri perhatian. Membuat Samsung A30s terlihat unik serta memberi kesan mewah dan elegan. Hanya saja, material yang digunakan untuk membungkus body dari plastik.

Hasilnya memang memperkuat gradasi jadi lebih mengkilat. Tapi, kekurangan tentu saja dalam hal kebersihan. Barangkali pembaca juga sudah mengalami; bahan plastik terkenal mudah kotor karena bekas sidik jari.

Review Samsung Galaxy A30s (RancahPost)
Review Samsung Galaxy A30s (RancahPost)

Masuk ke bagian display, Galaxy A30s menggunakan konsep Infinity-V. Artinya, layar bakal dihiasi poni. Tapi tentu saja desain tersebut memiliki gaya yang berbeda jika kamu membandingkannya dengan ponsel lain.

Untuk memperkuat kesan mewah, perusahaan membekali HP kelas menengah ini dengan layar tipe Super AMOLED dengan lebar 6,4 inci. Layar ini mampu menampilkan gambar dengan resolusi 720 x 1560 piksel, lho. Dengan begitu, pengguna bakal dimanjakan dengan tampilan dan grafis yang menawan!

Kamera Galaxy A30s

Desain belakang Galaxy A30s (EGadget)
Desain belakang Galaxy A30s (EGadget)

Sektor kamera tampaknya nggak terlalu jadi perhatian Samsung. Bekal tiga kamera tentu bakal membuat beberapa pengguna merasa kurang. Apalagi, untuk harga Rp 2 jutaan, kini kamu sudah bisa mendapatkan HP dengan 4 kamera.

Akan tetapi, lain soal kalo kamu adalah pengguna setia Samsung. Soalnya, harga tiga jutaan sudah termasuk menguntungkan. Apalagi Galaxy A30s dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh. Membuatnya tahan seharian serta bisa temani kamu dalam berbagai kegiatan.

Kamera Samsung Galaxy A30s (Gadgetren)
Kamera Samsung Galaxy A30s (Gadgetren)

Kembali ke persoalan kamera, total terdapat 4 buah lensa yang sudah ditanamkan perusahaan. Tiga kamera belakang masing-masing memiliki kemampuan 25 MP lensa wide, 8 MP lensa ultrawide, serta 5 MP sensor kedalaman.

Fitur fotografi pun terbilang memuaskan. Soalnya, kamu bisa menangkap momen dengan mode panorama atau HDR. Pun dalam hal video, Galaxy A30s mampu menghasilkan rekaman berkualitas 1080 piksel pada 30 FPS. Bikin video TikTok pun dijamin bersih dan jernih, Gan!

Untuk kamera depan, terdapat lensa 16 MP jenis wide. Sama seperti kamera belakang, kamera selfie mampu menghasilkan video berkualitas 1080 piksel pada 30 FPS. Jenis kamera serta fitur yang sudah ditanamkan ini tentu membuat Galaxy A30s lebih menggoda, bukan?

Dapur Pacu dan Perangkat Lunak

Display Galaxy A30s (Gadgetren)
Display Galaxy A30s (Gadgetren)

Pada Galaxy A30s, perusahaan lebih mempercayakan dukungan performa dari chipset yang dikembangkannya sendiri. Ya, ponsel ini menggunakan chipset Exynos 7904 yang dibantu GPU Mali-G71 MP2.

Nggak terlalu mengagumkan, pun bisa dibilang cukup memuaskan. Yang jelas, kamu akan jauh dari rasa kecewa ketika menggunakan ponsel ini untuk berbagai kegiatan. Baik itu gaming, browsing, chatting, sampai vlogging. Lancar jaya!

HP Samsung A30s (Gadgetren)
HP Samsung A30s (Gadgetren)

Untuk bagian perangkat lunak, perusahaan mengandalkan kinerja Android 9.0 Pie. Tenang aja, Galaxy A30s turut mendapat pembaruan sistem operasi dari Google, kok. Dengan begitu, kamu pun bisa meningkatkan versi OS jadi Android 10, bray.

Apalagi, masih ada dukungan One UI 2.0 yang mengelola tampilan antarmuka. Dirancang lebih sederhana membuatnya mudah digunakan pengguna dari berbagai latar belakang. Pun untuk proses adaptasi nggak membutuhkan waktu lama!

Harga HP Samsung A30s 2020

HP Samsung Galaxy A30s (EGadget)
HP Samsung Galaxy A30s (EGadget)

Kini kita beralih soal harga. Seperti sudah disinggun di atas, Samsung Galaxy A30s merupakan ponsel harga 3 jutaan. Dan sejak semula dikeluarkan sampai saat ini, harganya Cuma turun beberapa ratus ribu saja.

Saat diperkenalkan pertama kali pada bulan Oktober 2019, harga Samsung Galaxy A30s dibanderol sebesar Rp 3,299 juta. Dan kini, berdasarkan pencarian penulis pada beberapa toko online, rata-rata toko menjualnya mulai dari Rp 3,1 juta.

Nah, kalo kamu tertarik memiliki HP Samsung kelas menengah terbaik ini, langsung deh klik tautan yang sudah disiapkan penulis di bawah ini. Ada beberapa toko online lengkap dengan daftar harganya, lho.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy A30s

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A30s (Dok.Istimewa Droila)
Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A30s (Dok.Istimewa Droila)

Sebenarnya penulis sudah sedikit menyinggung beberapa kelemahan produk ini di atas. Namun, agar lebih jelas, penulis uraikan lagi apa saja kelebihan dan kekurangan Galaxy A30s. Cek terus, ya.

Kekurangan

  • Nggak didukung isi ulang nirkabel
  • Tidak dilindungi anti debu atau air
  • Body dibungkus materai plastik. Bikin mudah kotor dan licin.
  • Performa Exynos kurang memuaskan
Samsung A30s (MSPImages)
Samsung A30s (MSPImages)

Kelebihan

  • Didukung OS Android terbaru
  • Display Super AMOLED
  • Kamera depan 16 MP
  • Baterai besar, 4.000 mAh
  • Didukung fitur fast charging
  • Menggunakan kabel tipe-C

Kesimpulan dan Review Samsung Galaxy A30s

Pilihan warna Galaxy A30s (Tokopedia)
Pilihan warna Galaxy A30s (Tokopedia)

Setelah berpanjang lebar menguraikan spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya, kini saatnya kita membahas lebih dalam mengenai Galaxy A30s. Dan menurut penulis, ada beberapa dua hal yang bisa kita jadikan catatan.

Kedua hal tersebut tentu saja berkaitan dengan performa dan harga. Jika kamu adalah calon pembeli yang mempertimbangkan harga ketimbang spesifikasi produk, Galaxy A30s tentu saja dirasa kurang. Apalagi jika kamu mencari HP yang bisa memainkan game berat seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends.

Performa Exynos 7904 masih terasa kurang dan belum mampu menyaingi SoC milik Qualcomm. Dan berdasarkan pengalaman penulis, memang kamu masih bisa memainkan game PUBG Mobile melalui ponsel ini. Tapi, tentu dengan grafis yang nggak terlalu memuaskan.

Desain Galaxy A30s (Gadgetren)
Desain Galaxy A30s (Gadgetren)

Tapi, pendapat di atas tentu nggak berlaku bagi pengguna setia. Soalnya, penulis juga mengamini kalo ini adalah produk Samsung terbaik untuk kelas menengah. Dan hal itu pula yang, menurut penulis, menjadikannya tetap kompetitif serta banyak dicari bahkan sampai saat ini.

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai review, spesifikasi dan harga HP Samsung Galaxy A30s. Dan di atas adalah pendapat penulis pribadi. Lalu, bagaimana pendapatmu? Coba deh bagikan lewat kolom komentar media sosial Droila.

Jangan sampai lewatkan beragam rekomendasi handphone terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu bisa mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadget, software, games, serta tips HP Android atau iOS yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like