Punya HP Cepat Panas dan Sering Mati Sendiri? Tenang, Begini Cara Mengatasi dan Pencegahannya

Ilustrasi HP panas (Tweak Library)
Ilustrasi HP panas (Tweak Library)

Tentu rasanya menyebalkan jika kita sedang asik bermain tapi hp cepat panas. Seperti ada ratusan semut yang menggigit telapak tangan. Hasilnya, kontrol permainan jadi terasa kurang nyaman dan kurang fokus, bukan?

Tenang, nggak cuma kamu aja kok yang merasakannya. Ada banyak pengguna Android dan iPhone yang pernah mengalaminya. Dan tentu saja, ada cara mengatasi HP cepat panas yang mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Tenang aja, kamu nggak perlu menggunakan atau install aplikasi pihak ketiga. Cukup jalankan langkah-langkah yang dijelaskan di bawah, maka pengalaman ini dijamin nggak akan terulang. So, penasaran?

Penyebab HP Cepat Panas

Cara mencegah HP cepat panas (Tatacliq)
Cara mencegah HP cepat panas (Tatacliq)

Perlu kamu ketahui, kinerja komponen HP berpengaruh besar dengan suhu yang dihasilkan. Dan jika sampai HP terlalu panas, bisa berpengaruh langsung ke komponen juga; contohnya, HP jadi lemot, baterai boros, sering mati sendiri, bahkan ada juga beberapa kasus di mana HP sampai meledak dan terbakar.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan kendala ini kamu alami. Dan sebagian besar alasannya berkisar seputar performa baterai. Apakah kamu punya beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang?

Soalnya, seperti sudah diuraikan melalui artikel sebelumnya, terlalu banyak aplikasi bisa menyebabkan baterai boros. Akibat lainnya, panas HP juga cepat meningkat.

Penyebab HP cepat panas (Gadgethacks)
Penyebab HP cepat panas (Gadgethacks)

Alasan lain yang juga kerap dilakukan banyak orang tapi jarang disadari adalah frekuensi penggunaan. Kalo kamu menggunakan HP dalam jangka waktu yang lama, baterai pun juga bekerja melampaui kemampuannya.

Hasilnya, temperatur HP pun meningkat. Ya, setiap jenis baterai punya batasan kemampuan. Jadi, nggak bisa asal kamu gunakan, ya.

Penyebab terakhir yakni persoalan koneksi. Mudahnya, karena koneksi yang terlalu jelek membuat chipset bekerja keras untuk menyambungkan HP dengan koneksi internet yang tersedia. Kerja keras ini pun membutuhkan lebih banyak daya. Dan karena menggunakan daya besar dalam waktu singkat, hasilnya pun temperatur HP meningkat.

Cara Mengatasi HP Panas

Dari uraian penyebab HP cepat panas di atas, bisa kita simpulkan jika sebagian besar penyebabnya yakni seputar baterai. Maka dari itu, untuk mengatasi HP panas pun bisa kamu identifikasi melalui hal-hal yang berpengaruh langsung dengan kinerja HP. Contohnya seperti aplikasi, lama waktu penggunaan.

Nah, untuk cara mengatasinya, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah, ya. Merangkum dari Makeuseof, semoga cara di bawah bisa mengatasi keluhanmu, ya.

Mematikan aplikasi latar belakang (Makeuseof)
Mematikan aplikasi latar belakang (Makeuseof)

Hentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Ya, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan pengecekan di bagian aplikasi. Kamu harus cari tahu, berapa jumlah aplikasi yang bekerja di latar belakang.

Untuk melakukannya mudah, kok. Cukup masuk ke Setting HP, buka menu Memori atau Penyimpanan, tab menu Aplikasi Berjalan lalu tap tombol Paksa Berhenti. Mudah, bukan?

Selalu Update Aplikasi Jika ada Pembaruan

Banyak aplikasi selalu memberikan pembaruan setiap minggu. Nah, kamu wajib meng-install pembaruan ini. Nggak bisa disepelekan. Soalnya, dalam pembaruan tersebut biasanya ada perbaikan untuk bug-bug yang menghambat performa aplikasi.

Dan dengan adanya pembaruan, aplikasi yang ter-install bisa berjalan lebih efisien dan harapannya bisa mengkonsumsi lebih sedikit daya.

Uninstall aplikasi yang tidak terpakai (Fonepaw)
Uninstall aplikasi yang tidak terpakai (Fonepaw)

Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Memang, berbagai kegiatan bisa kita lakukan lewat aplikasi. Kemudahan ini pun membuat kita gampang install setiap aplikasi yang ditemui. Padahal, nggak semua aplikasi benar-benar sering kamu gunakan, bukan?

Maka dari itu, coba deh pilih aplikasi apa yang sering digunakan dan mana yang jarang. Lalu, uninstall aplikasi yang jarang dipakai. Dengan begitu, bisa menghemat penyimpanan dan konsumsi baterai.

Pakai Baterai Original

Harus diakui kalo baterai original lebih mahal harganya. Apalagi, kita bisa mudah mendapatkan pilihan baterai palsu dengan harga yang jauh lebih murah. Asal kamu tahu, harga murah nggak berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan.

Dan biasanya, akibat penggunaan baterai pulsa yang menyebabkan HP cepat panas. So, mulai relakan uang untuk beli baterai asli, deh. Selain kualitas terjaga, usia HP juga jadi lebih panjang, Gan.

Copot Case Pelindung

Bisa dipahami jika kamu menggunakan case yang tebal, harapannya agar menjaga HP dari benturan. Logika ini juga dipakai banyak orang, kok. Akan tetapi, ukuran case yang terlalu tebal juga memengaruhi temperatur perangkat, lho.

Ya, case yang terlalu tebal bisa menutup sirkulasi udara ponsel. Antara udara yang masuk dengan yang keluar jadi tertutup jalannya. Hasilnya, HP cepat panas! So, mulai pertimbangkan lagi deh soal penggunaan case; apakah benar-benar dibutuhkan?

Mengurangi waktu penggunaan HP (Supportz)
Mengurangi waktu penggunaan HP (Supportz)

Kurangi Frekuensi Penggunaan HP

Online rasanya memang seperti candu. Apalagi kalo sedang baca gosip terbaru atau main game bareng teman. Sulit sekali dihentikan! Tapi, menggunakan HP terlalu lama juga berpengaruh langsung dengan temperatur ponsel, lho.

Jadi, mulai pertimbangkan lagi deh waktu penggunaan HP kalian. Jangan sampai karena keasikan, suhu HP meningkat, lalu perangkat mulai rusak. Kalian sendiri yang rugi kan, pada akhirnya?

Cara Agar HP Tidak Cepat Panas

Kalo kamu pengin mencegah HP cepat panas dan memperpanjang usia penggunaan perangkat, tim Droila punya beberapa tips yang bisa dilakukan sendiri. Coba deh lakukan langkah-langkah di bawah.

HP cepat panas (WordPress)
HP cepat panas (WordPress)
  1. Cek baterai dan pastikan baterai nggak bocor atau rusak. Baiknya sih kamu mengganti baterai setiap satu sampai dua tahu sekali. Dengan begitu, bisa meningkatkan daya tahan HP dengan mengurangi potensi HP panas.
  2. Copot case pelindung ketika isi ulang baterai.
  3. Matikan fitur-fitur Android yang jarang digunakan.
  4. Turunkan kualitas kamera jika dirasa terlalu tinggi. Langkah ini bisa mencegah HP cepat panas, kok.
  5. Coba deh buat nggak menggunakan HP terlalu lama; baik untuk streaming atau gaming.

Kalo pengalaman penulis saat HP yang dipakai terlalu panas, yang paling mudah dilakukan adalah dengan mematikan HP dan tunggu sampai benar-benar dingin. Dan yang dimaksud mematikan tentu saja nggak cuma kunci layar, ya. Tapi sampai mematikan daya HP.

Tapi itu menurut pengalaman penulis lho, ya. Kalo pembaca punya trik lainnya, coba deh bagikan di kolom komentar media sosial Droila. Siapa tahu bisa berguna untuk pengguna handphone pintar lainnya.

Usai sudah uraian kali ini mengenai cara mengatasi dan penyebab HP cepat panas. Kalo kamu ingin mendapatkan artikel tutorial Android dan iOS terlengkap setiap harinya, jangan lupa subscribe website Droila, ya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like