BerandaGadgetsHandphoneRekomendasi HP Harga 4 Jutaan Terbaik 2019, Kelas Menengah Spesifikasi Mewah

Rekomendasi HP Harga 4 Jutaan Terbaik 2019, Kelas Menengah Spesifikasi Mewah

Di Indonesia, setiap HP yang dibanderol dengan harga 4 jutaan termasuk dalam HP kelas menengah. Setiap produk dari kelas ini biasanya memiliki spesifikasi yang terbilang cukup jika  tinggi untuk melakukan banyak hal. Mulai dari fotografi, gaming, hingga kerja produksi.

Alasan lain yang membuat perangkat dari rentang harga 4-5 jutaan disebut menengah yakni harganya yang tak terlalu mahal. Berada di antara low-range yang dibekali spesifikasi terendah dan flagship dengan mesin dan fitur paling cangih.

Berkat harganya yang terjangkau, HP harga 4 jutaan tercanggih banyak diminati masyarakat. Penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset pasar IDC menyebutkan bahwa 38 persen dari total penjualan sebesar 8,8 juta di kuartal tiga 2019 dihuni oleh smartphone mid-range.

HP 4 jutaan (expertreviews.co.uk)
HP 4 jutaan (expertreviews.co.uk)

Pergeseran besar-besaran tengah terjadi di masyarakat. Pembeli yang tadinya sudah merasa cukup dengan menggunakan perangkat low-end yang biasanya diharga 1 sampai 3 juta, kini mulai mencoba dan mengaku puas dengan performa HP 4 jutaan.

Marketing Analyst dari IDC Indonesia, Risky Febrian, menyebutkan jika pergeseran pasar ini merupakan dampak dari tren yang tengah menjamur di Indonesia.

“Pergeseran tren membuat konsumen membutuhkan perangkat yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau. Itulah yang membuat smartphone mid-end diminati masyarakat,” jelas Risky seperti dilansir dari Liputan6.

Memilih HP Harga 4 Jutaan Terbaik 2019

Risky juga menjelaskan bahwa pembeli HP kelas menengah memiliki kesetiaan terhadap brand yang rendah. Masyarakat gampang terpengaruh dengan promo, harga, serta spesifikasi yang ditawarkan.

Kenyataan ini dipahami benar oleh vendor-vendor dari luar negeri. Ada puluhan produk yang diperuntukkan bagi kelas menengah yang sudah dirilis di Indonesia.

Saking banyaknya, tentu membuat banyak konsumen bingung dalam menentukan pilihan. Dan untuk memberi solusi atas kegelisahan ini, tim Droila sudah menyiapkan beberapa HP 4 jutaan 2019 yang layak kamu pertimbangkan. Berikut pilihanya.

Pocophone F1

Pocophone F1 harga dan review (techadvisor.co.uk)
Pocophone F1 harga dan review (techadvisor.co.uk)

Diluncurkan akhir tahun 2018 tak menjadikan Pocophone F1 bisa disingkirkan begitu saja dari daftar. Apalagi jika membicarakan HP 4 jutaan tercanggih 2019, produk dari Xiaomi ini masih layak dipertimbangkan.

Mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 845 yang memang berfokus pada peningkatan kualitas visual serta kecepatan pengolahan program, Pocophone F1 menjanjikan pembeli berbagai kemudahan serta kepuasan.

Pocophone F1 (soyacincau.com)
Pocophone F1 (soyacincau.com)

Dukungan RAM 6GB dan ROM 64GB tentunya bakal membebaskanmu dalam menggunakan perangkat ini untuk keperluan apa pun. Gaming oke, sekedar browsing atau produksi pun tak jadi soal. Apalagi baterai berkapasitas raksasai Li-Po 4000 mAh yang ditanamkan produsen tentunya bakal mendukungmu untuk kegiatan sehari penuh.

Satu-satunya kelemahan dari Pocophone F1 yang bisa dicatat yakni penggunaan plastik sebagai bahan dasar dari pembungkus body. Faktor ini tentu saja menjadi nilai negatif bagi beberapa pengguna yang merasa kurang cocok dengan plastik.

DI samping itu, ketiadaan fitur NFC tentu saja dirasa kurang menguntungkan di tengah perkembangan teknologi transaksi yang tampaknya bakal membutuhkan fitur ini. Jadi, untuk harga Rp4,1 juta; bagaimana Pocophone F1 menurutmu? Yeay or nay?

Realme X 8GB

Realme X 8GB (gadgetren.com)
Realme X 8GB (gadgetren.com)

Akhir kuartal tahun 2019, nama Realme muncul dan masuk dalam peringkat lima besar smartphone yang paling banyak dibeli di Indonesia. Wajar jika mengingat betapa produktifnya perusahaan yang berbasis di Shenzen ini dalam mengembangkan produk dan merilisnya di pasaran.

Dan salah satu produk dari perusahaan Cina ini yang layak untuk dipertimbangkan yakni Realme X RAM 8GB. Inilah salah satu produk unggulan Realme yang dikeluarkan demi meramaikan kelas menengah di HP harga 4 jutaan. Dan karena diperuntukkan bagi HP mid-range, ada banyak keunggulan fitur dan mesin yang dibawanya.

Mengandalkan kinerja Snapdragon 710, Realme sukses mencetak poin AnTuTu Benchmark mencapai 163.301. FYI, angka ini terbilang tingi untuk perangkat kelas menengah. Selain itu, ini merupakan chipset yang umumnya dipakai oleh smartphone gaming.

Didukung dengan GPU Adreno 616, menjadikan Realme X sebagai salah satu HP 4 jutaan yang sudah mampu menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Bagian belakang Realme X 8GB (grid.id)
Bagian belakang Realme X 8GB (grid.id)

Di balik berbagai kelebihan yang sudah disampaikan, ada beberapa kelemahan dari perangkat ini. Yang pertama yakni kapasitas baterai rendah. Realme X dibekali dengan baterai berkapasitas 3.765 mAh. Padahal, berbagai HP dari kelas ini biasanya dibekali baterai dengan kapasitas minimum 4.000 mAh.

Selain itu, sangat disayangkan HP ini nggak dibekali slot untuk memori eksternal. Alhasil, pengguna pun tak bisa meningkatkan kemampuan penyimpanan internal, meskipun sudah dibekali dengan ROM sebesar 128GB. Dan yang terakhir yakni ketiadaan dukungan terhadap NFC.

Untuk HP yang kini dihargai Rp3,9 juta, kamu bisa menemukan berbagai fitur canggih dengan desain elegan dan eksklusif. Akan tetapi, melihat kekurangan Realme X 8GB yang sudah penulis urai, tentunya kamu wajib mempertimbangkan ulang.

Samsung Galaxy A50

Samsung Galaxy A50 review dan harga (cocolity.com)
Samsung Galaxy A50 review dan harga (cocolity.com)

Tahun ini, seri Galaxy A memiliki lebih banyak varian. Sejauh ini, perusahaan asal Korea Samsung sudah memperkenalkan Galaxy A10, A20, A30, A40, A50, A70, dan A80 dengan fokus utama yang terletak pada penggunaan layar AMOLED terbaru serta kemampuan kamera premium.

Dan salah satu seri yang bisa dijadikan bahan pertimbangan yakni Samsung Galaxy A50. Seperti umumnya varian Samsung Galaxy untuk kelas menengah, bagian body dari seri A50 menggunakan pembungkus berbahan dasar plastik.

Di ujung sebelah kanan, kamu akan menemukan tiga kamera utama yang masing-masing berkemampuan 25MP + 8MP + 5MP. Du hal ini didukung dengan penggunaan warna gradasi yang memukau; menjadikan Galaxy A50 tampil lebih elegan.

Bagian belakang Samsung Galaxy A50 (futurecdn.net)
Bagian belakang Samsung Galaxy A50 (futurecdn.net)

Layar dengan lebar 6,4 inci Super AMOLED dibungkus dengan Gorilla Glass 3. Di layar bagian atas, terdapat notch dengan konsep water-drop yang menjadi wada untuk kamera depan berkemampuan 25MP.

Di bagian dapur pacu, chipset Exynos 9810 octa-core prosesor dipadankan dengan GPU Mali G72MP3. Dikombinasikan dengan dua pilihan RAM -4GB dan 6GB- serta dua pilihan ROM -64GB dan 128GB- menjanjikan pengguna pengalaman yang lebih maksimal.

Di toko resminya, Samsung Galaxy A50 varian RAM 6GB ROM 128GB dijual dengan harga Rp4,6 juta saja. Jika budget dirasa kurang, kamu bisa memilih versi yang lebih terjangkau, yakni varian RAM 4GB ROM 64GB yang dijual mulai dari Rp3,1 juta.

OPPO Reno Z

Review dan harga OPPO Reno Z (futurecdn.net)
Review dan harga OPPO Reno Z (futurecdn.net)

Awal tahun ini, produsen smartphone dari Cina, OPPO, sukses mencuri perhatian konsumen dan masyarakat lewat seri OPPO Reno. Hingga saat ini, sudah ada empat seri yang dikelarkan; antara lain OPPO Reno, OPPO Reno 10x Zoom, OPPO Reno 5G, dan OPPO Reno Z.

Masing-masing dibekali dengan spesifikasi gahar. Masing-masing memiliki harga yang dikhususkan untuk mengisi segmen pasarannya. Dan untuk segmen kelas menengah serta HP harga 4 jutaan terbaik 2019, OPPO Reno Z menjadi andalannya.

Didesain dengan bentang layar berukuran 6,4 inci, OPPO Reno Z menggunakan layar berteknologi AMOLED yang mampu menampilkan gambar beresolusi Full HD+. Bagian depan ini dihiasi dengan notch yang menjadi wadah kamera selfie berkemampuan 32MP.

Bagian belakang OPPO Reno Z (timeincuk.net)
Bagian belakang OPPO Reno Z (timeincuk.net)

Alih-alih menggunakan kamera buatan Leica seperti ketiga saudara lainnya, OPPO Reno Z dibekali dengan 2 kamera dengan sensor SONY IMX586 yang masing-masing berkemampuan 48MP dan 5MP. Inilah yang menjadikan OPPO Reno dibanderol dengan harga lebih terjangkau.

Meskipun begitu, pengguna juga masih bisa menikmati beberapa fitur unggulan yang terdapat di versi flagship. Fitur-fitur tersebut antara lain teknologi Fast Charging VOOC 3.0 serta sensor sidik jari yang ditanam di dalam layar depan.                 

Itulah dia berbagai review dari HP harga 4 jutaan terbaik 2019 yang bisa kamu beli. Jika kamu masih ingin mencari referensi serta review gadget lainnya, update terus artikel di Droila.

Rate this post
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik