Review HP Poco X3 NFC: Kelas Menengah, Spesifikasi Mewah

Desain Poco X3 NFC (ExpertReviews)
Desain Poco X3 NFC (ExpertReviews)

Beberapa tahun belakang, kita sering mendapati ponsel yang diberi predikat flagship killer. Artinya, spesifikasi yang setara dengan ponsel flagship namun dibanderol harga terjangkau. Nah, istilah baru diberikan Xiaomi pada HP Poco X3 NFC; yakni ‘The Real Mid-Range Killer’. Apa artinya dan mengapa Poco X3 NFC bisa mendapatkan gelar tersebut? Simak uraian lengkap mengenai HP Xiaomi terbaru ini di bawah, ya.

Sebelumnya, Xiaomi lebih dulu merilis seri yang sama di India. Hanya saja, seperti yang bisa kita dapatkan dari pemberitaan berbagai media, perusahaan memberi nama yang sedikit berbeda –Poco X3.

Dan seperti yang bisa kita simpulkan dari perbedaan namanya (Poco X3 dan Poco X3 NFC), perbedaan utama tentu saja terdapat pada pemberian fitur NFC. Penulis juga sudah pernah menguraikan secara panjang lebar mengenai fitur, fungsi, serta cara kerja fitur NFC.

Jika kamu membaca, penambahan satu fitur ini tentu bikin Poco X3 lebih menggoda di Indonesia. Ditambah dengan dukungan komponen chipset berperforma tinggi, baterai dan RAM besar, serta harga terjangkau –menjadi faktor-faktor yang membuat Poco X3 NFC diberi predikat HP Pembunuh Kelas Menengah.

Agar kamu lebih memahami keunggulan HP Xiaomi terbaru ini, simak aja uraian mengenai HP Poco X3 NFC di bawah. Penulis sudah siapkan ulasan lengkap mengenai review, spesifikasi, harga di Indonesia, serta bagaimana kelebihan dan kelemahannya.

HP Poco X3 NFC (ZDNet)
HP Poco X3 NFC (ZDNet)

Spesifikasi Poco X3 NFC

Sejak pertama kali Xiaomi meluncurkan lini Pocophone, tak butuh waktu lama buat seri ini mendapat kepercayaan publik. Tawaran performa tinggi dengan harga menggoda jadi dua faktor utamanya. Dan sekali lagi, perusahaan memberi inovasi.

Lebih lengkap, berikut ini adalah komponen penyusun dari spesifikasi HP Poco X3 NFC Indonesia. Jika ingin beli, jangan sampai lewatkan penjelasan di bawah, ya.

Desain dan Layar

Display Poco X3 (Smartprix)
Display Poco X3 (Smartprix)

Pada bagian belakang perangkat, kamu bisa mendapati adanya tulisan Poco yang tertera dalam huruf besar. Menjadi penegas kalo ponsel yang kamu pegang adalah seri terbaru Poco X3 NFC. Body bermaterial plastik mungkin jadi kendala bagi beberapa orang. Soalnya, genggaman terasa lebih licin dan rawan tergelincir.

Hanya saja, dalam hal genggaman, sedikit lebih terjaga berkat penerapan frame berbahan alumunium. Pun kalo kamu pengin mendapatkan genggaman yang lebih aman, bisa kok menutupi bagian belakang dengan case –baik hard maupun soft.

Memiliki berat 225 gram dengan ketebalan 10mm, Poco X3 NFC memang terasa lebih besar dan mudah bikin tangan pegal. Alhasil, kamu perlu waktu untuk beradaptasi dalam menggunakan perangkat ini. Apalagi, panel kamera pun terlihat begitu menonjol.

Dimensi ketebalan Poco X3 (ExpertReviews)
Dimensi ketebalan Poco X3 (ExpertReviews)

Memang, modul berisi empat kamera utama ini bikin tampilan jadi lebih gahar. Sayangnya, rawan tergores dan butuh perhatian ekstra!

Sementara itu, Xiaomi memilih IPS LCD sebagai layar utama. Kamu pun bakal lebih tenang untuk soal keamanan. Soalnya, ada dua perlindungan yang melapisi layar beresolusi 1090 x 2400 piksel ini.

Yakni Corning Gorilla Glass serta pelindung layar di bawahnya –yang sayangnya nggak disebutkan lebih detail mengenai tipe atau jenisnya.

Chipset dan Perangkat Lunak

Kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC (Smartprix)
Kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC (Smartprix)

Perlu kamu ketahui, inilah ponsel pertama di dunia yang menggunakan chipset Snapdragon 732G. SoC kelas menengah terbaru dari Qualcomm ini memiliki pemrosesan 8nm dan merupakan versi peningkatan dari Snapdragon 730G –yang mana sebelumnya digunakan pada Poco X2.

Terdapat dua pilihan konfigurasi penyimpanan. Yakni RAM 6GB atau 8GB berjenis LPDDR4X dengan ROM 64GB, 128GB, dan 256GB. Sehingga, pemrosesan pun tentu bakal berjalan lebih kencang; tanpa lag atau panas berlebih pada perangkat.

Untuk saat ini, Snaodragon 732G sudah diakui sebagai chipset paling kencang untuk perangkat kelas menengah. Memang, melansir dari Smartprix, perbandingan skor benchmark dari Snapdragon 732G, 730G, dan 720G nggak terlalu jauh berbeda. Tapi tetap saja nggak menutup fakta kalo varian 732G merupakan yang terkencang di antara varian lainnya.

Kamera depan (ExpertReviews)
Kamera depan (ExpertReviews)

Sementara itu, untuk perangkat lunak, HP Poco X3 NFC sudah menjalankan Android 10. Meskipun bukanlah sistem operasi terbaru, tetap saja ada banyak keunggulan dan fitur-fitur canggih yang membuat Android 10 berbeda dengan versi OS sebelumya.

Sedangkan untuk lapisan antarmuka, HP Xiaomi terbaru ini sudah dibekali OS UI terbaru yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan, yakni MIUI 12 untuk Poco. Beruntungnya, pengguna bisa merasakan fitur yang kaya dari MIUI 12. Selain itu, penulis juga mengakui kalo UI tampilan antarmuka ini merupakan yang paling stabil. Artinya, minim bug serta tampilan yang bikin nggak nyaman.

Performa Gaming dan Kamera Poco X3 NFC

Grafis Poco X3 NFC untuk gaming (Gadgetren)
Grafis Poco X3 NFC untuk gaming (Gadgetren)

Membicarakan performa, dua hal yang paling mudah kita telusuri dan amati adalah kemampuan kamera serta gaming. Dari kedua hal tersebut, kamu bisa mengetahui fitur canggih apa saja yang sudah ditanamkan.

Sektor kamera nggak luput dari peningkatan. Perusahaan menjadikan lensa Sony IMX682 berkemampuan 64MP sebagai kamera utama. FYI, lensa tersebut saat ini jadi salah satu jenis lensa terbaik untuk HP kelas menengah.

Hasil kamera makro (ExpertReview)
Hasil kamera makro (ExpertReview)

Dan menurut penjelasan perusahaan, kalo dibandingkan dengan Sony IMX686, kekurangannya hanyalah minus kemampuan merekam video 60FPS. Alhasil, hasil jepretan bakal lebih gahar; baik saat siang maupun malam di mana cahaya tentu lebih sedikit.

Kamera utama didukung dengan lensa wide-angle berkemampuan 13MP, lensa potret 2MP serta lensa makro 2MP. Sedangkan di bagian depan, kamera selfie berkemampuan 20MP ditanamkan pada punch-hole yang terletak di bagian tengah.

Fitur Pendukung Lainnya

Desain belakang (ExpertReviews)
Desain belakang (ExpertReviews)

Kapasitas baterai merupakan salah satu bagian yang membedakan antara Poco X3 versi India dengan Poco X3 NFC versi Indonesia dan Eropa –tentu selain minus fitur NFC seperti yang tertera pada namanya.

Di India, Poco X3 hadir dengan baterai berkemampuan raksasa; yakni 6000 mAh. Sedangkan untuk Poco X3 NFC, perusahaan lebih memilih untuk menanamkan baterai berkapasitas lebih sedikit. Hanya 5160 mAh saja.

Meskipun begitu, dalam hal fitur-fitur pendukung, nggak jauh berbeda, kok. Kamu masih mendapatkan fitur pengisian daya cepat 33W dengan kabel data isi ulang USB tipe-C.

Bagian audio juga menjanjikan kenyaman pengguna. Bahkan, berdasarkan uji coba tim GSMArena, hasil audio Poco X3 NFC setara dengan Realme 7 Pro –yang memiliki selisih harga hampir Rp 1 juta! Makin menggoda untuk dibeli, bukan?

Harga Poco X3 NFC di Indonesia

Spesifikasi detail HP Xiaomi terbaru (Smartprix)
Spesifikasi detail HP Xiaomi terbaru (Smartprix)

Sesuai janji perusahaan, Xiaomi Indonesia baru saja memperkenalkan HP terbarunya ini pada 15 Oktober lalu. Di pasar dalam negeri, HP Poco X3 NFC hadir dengan harga yang cukup terjangkau, yakni berkisar di angkar Rp 3 jutaan saja.

Ya, berbagai kelebihan dan keunggulan performa tersebut bisa kamu dapatkan tanpa membuat kantong terbakar. Terlebih, ada dua pilihan yang bisa kamu bawa pulang; yakni RAM 6GB dengan harga Rp 3,099 juta serta RAM 8GB dengan harga Rp 3,499 juta.

Kalo kamu tertarik memiliki HP Xiaomi terbaru ini, tim Droila sudah siapkan tautan pembelian yang menuju ke beberapa toko online. Kamu bisa langsung cek harga dan cek out barang tanpa perlu mencari lagi toko yang menawarkan harga terbaik, Gan!

Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 NFC

Kelebihan Poco X3 NFC (MobileDrop)
Kelebihan Poco X3 NFC (MobileDrop)

Nggak sedikit kok pengulas HP profesional yang mengakui ketangguhan performa HP RAM besar terbaru ini. Baik dari dalam maupun luar negeri, setiap pengulas mengakui jika Poco X3 NFC merupakan pilihan paling tepat untuk HP kelas menengah.

Meskipun begitu, bukan berarti ponsel ini hadir tanpa kekurangan. Dan berdasarkan ulasan dari berbagai media, berikut ini adalah daftar kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC paling lengkap yang dirangkum penulis.

Kekurangan

  • Terlalu banyak bloatware
  • Fitur DynamicSwitch nggak bisa dimatikan
  • Ukurannya terlalu besar dan berat
  • Tingkat touch rate lebih rendah dibandingkan refresh rate
  • Hasil kamera pada cahaya rendah mengecewakan
Kamera belakang (ExpertReviews)
Kamera belakang (ExpertReviews)

Kelebihan

  • Layar IPS LCD berukuran besar dengan notch kecil, kontras tinggi, HDR10, serta refresh rate 120HZ
  • Desain unik, sertifikat IP53 untuk anti debu dan percikan air
  • Daya tahan baterai panjang dengan fitur pengisian daya cepat
  • Layak dimasukkan ke dalam daftar HP kelas menengah terkencang saat ini
  • Kualitas foto dan video memuaskan
  • MIUI 12 memiliki fitur yang kaya, mudah digunakan, dan minim bug
  • Harga yang sangat menggoda

Spek Detail Poco X3 NFC

Desain

  • Body dari material polycarbonate dengan kerangka berbahan alumunium
  • Dimensi HP 165.3 x 76.8 x 9.4 mm
  • Berat 215 g
  • Sertifikat IP53 anti debu dan air
  • Warna: Cobalt Blue dan Shadow Gray

Layar

  • Tipe IPS LCD
  • Lebar 6,67 inci dengan rasio layar ke body 84,6%
  • Resolusi layar 1080 x 2400 piksel
  • Refresh rate 120Hz
  • HDR10
  • Corning Gorilla Glass 5

Dapur Pacu

  • Chipset Qualcomm Snapdragon 732G
  • RAM 6GB/8GB
  • ROM 64GB/128GB/256GB
  • GPU Adreno 618
  • CPU Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)

Kamera

  • Konfigurasi empat kamera belakang

+ 64 MP, f/1.9, (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
+ 13 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1.0µm
+ 2 MP, f/2.4, (macro)
+ 2 MP, f/2.4, (depth)

  • Fitur dual-LED flash, HDR, panorama
  • Kamera depan 20 MP, f/2.2, (wide), 1/3.4″, 0.8µm
  • Fitur HDR dan panorama

Baterai

  • Li-Po 5160 mAh, non-removable
  • Fast charging 33W
  • Isi ulang 0-62% dalam waktu 30 menit dan 0-100% dalam waktu 65 menit (iklan)

Skor Performa

  • AnTuTu: 283750 (v8)
  • GeekBench: 1777 (v5.1)
  • GFXBench: 16fps (ES 3.1 onscreen)

Harga

  • Rp. 3.099.000 (6/64GB)
  • Rp. 3.499.000 (8/128GB)

Kesimpulan

Poco X3 NFC review (GSMArena)
Poco X3 NFC review (GSMArena)

Tak bisa kita pungkiri, HP Poco X3 NFC merupakan salah satu pilihan terbaik di kelasnya. Baik dalam hal performa maupun harga, susah dicari tandingannya! Pun jika membicarakan layar, tenaga, kamera, serta baterai.

Nggak diragukan lagi kalo penjualan HP Xiaomi terbaru ini pun bakal laris manis. Jika diberi kesempatan, penulis pun merasa nggak punya cukup alasan untuk menolak beli HP terbaru ini.

Maka, kalo kamu sedang menjelajah dan mencari rekomendasi HP terbaik saat ini, segera deh masukkan HP kelas menengah terbaik ini dalam troli belanja.

Nah, usai sudah uraian hari ini mengenai HP Poco X3 NFC. Semoga bisa membantumu dalam mendapatkan perangkat yang pas buat kegiatan, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iOS yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like