HP Samsung Galaxy A31: Spesifikasi, Harga Terupdate, Kelebihan dan Kekurangan

Layar dan kamera depan Galaxy A31 (SamMobile)
Layar dan kamera depan Galaxy A31 (SamMobile)

Sedang cari HP murah tapi kamera bagus? Kalo iya, HP Samsung Galaxy A31 bisa kamu jadikan pilihan. HP Samsung terbaru ini sudah terbukti menyediakan performa kamera terbaik dengan harga terjangkau. Tapi, sebelum beli, simak dulu review Samsung A31 di bawah, ya. Sehingga kamu pun tahu bagaimana spesifikasi, harga terupdate, kelebihan dan kelemahannya.

Teruntuk kamu yang ingin mencicipi pakai HP flagship tapi nggak mampu beli karena harga yang terlalu tinggi, maka Samsung Galaxy A31 adalah pilihan tepat. Perusahaan membekali HP terbarunya ini dengan komponen mumpuni; RAM berkapasitas, layar jenis AMOLED, dan tak lupa konfigurasi empat.

Menurut penulis, salah satu fitur yang lebih menarik dari konfigurasi empat kamera adalah baterai berkapasitas 5000 mAh. Ya, kapasitas yang cukup besar dan menjanjikan kenyamanan kalo kamu aktif di lapangan.

Nah, sebelum benar-benar beli HP Samsung A31 2020, baiknya ketahui dulu bagaimana spek, harga terupdate, serta kelebihan dan kekurangan. Sehingga, kamu nggak akan merasa salah pilih ketika sudah memiliki.

Tanpa berlama-lama, langsung cek uraian di bawah, bray!

HP Samsung Galaxy A31 (Samsung)
HP Samsung Galaxy A31 (Samsung)

Spesifikasi Samsung A31

Diluncurkan untuk mengisi persaingan di kelas HP mid-end, tentu bukan tugas yang mudah bagi HP Samsung A31. Seperti kita tahu, kompetisi berlangsung begitu ketat di kelas ini.

Sampai saat ini, Realme, Xiaomi, dan Vivo makin melaju di peta persaingan; meninggalkan Samsung jauh di belakang.

Namun, kalo melihat susunan komponen yang sudah dibekalkan, penulis melihat adanya potensi dari HP Samsung Galaxy A31.  Lebih lengkap, berikut ini susunan spek Samsung A31.

Desain dan Layar

Desain Galaxy A31 (Samsung)
Desain Galaxy A31 (Samsung)

Secara keseluruhan, Galaxy A31 dirancang dengan tren dan mode 2020. Sehingga, dari tampilan sekilas saja, cukup mirip dengan saudaranya yang dibanderol lebih mahal; yakni Galaxy A51 yang sudah pernah penulis ulas.

Dan saat penulis mencoba bandingkan kedua perangkat ini secara langsung, benar-benar nggak jauh berbeda! Hanya saja, dari sisi dimensi, Samsung A31 sedikit lebih tebal. HP Samsung terbaru ini memiliki dimensi 159,3 x 73,1 x 8,6 mm dengan berat 185 gram.

Penggunaan material polycarbonate yang membungkus body bagian belakang menjadikan tampilan Galaxy A31 terlihat lebih elegan. Ditambah dengan panel berbentuk persegi yang menjadi wadah dari empat kamera utama dengan 1 LED Flash.

Layar Galaxy A31 (Samsung)
Layar Galaxy A31 (Samsung)

Sementara itu, beralih ke bagian depan, kamu bakal menemukan layar tipe AMOLED. Seperti yang pernah dibahas penulis dari tulisan lain, layar AMOLED terbukti lebih unggul dibandingkan tipe layar IPS LCD.

Keunggulan itu terutama pad kemampuan menghasilkan gambar yang detail dengan warna cerah. Serta, tampilan gambar AMOLED nggak akan terpengaruh oleh sinar matahari; seperti kasus yang umum ditemui para pengguna HP dengan layar IPS LCD.

Layar tersebut memiliki lebar 6,4 inci serta didukung fitur sensor sidik jari in-display. Sedangkan untuk kamera depan, perusahaan memilih membungkusnya pada notch berbentuk waterdrop.

Chipset dan Perangkat Lunak

Chipset dan performa Samsung A31 (Samsung)
Chipset dan performa Samsung A31 (Samsung)

Seperti yang bisa kita baca dari poster iklan Samsung Galaxy A31, perangkat ini ditenagai chipset MediaTek Helio P65. Sedangkan perangkat yang diulas penulis didukung RRAM 6GB dengan ROM 128GB. Cukup lapang dan bisa bikin kamu lebih bebas dalam menggunakannya.

Merasa kurang dengan memori 128GB? Beruntungnya, Galaxy A31 sudah dibekali slot kartu SD. Artinya, kamu bisa menambahkan kartu SD tambahan yang mendukung pengoperasian hingga 512GB.

Di bagian perangkat lunak, Samsung A31 sudah menjalankan OS One UI 2.0 yang dibuat berdasarkan Android 10. Artinya, selain mendapatkan OS asli Samsung terbaru, perangkat ini juga sudah menjalankan Android 10.

Fitur tambahan Galaxy A31 (Samsung)
Fitur tambahan Galaxy A31 (Samsung)

Dalam pandangan penulis, kombinasi inilah yang menjadikan Galaxy A31 cukup kompetitif saat disandingkan dengan produk dari Realme, Vivo, Xiaomi, hingga Oppo. Apalagi, setiap aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan pabrik, bisa dengan mudah kamu uninstall.

Hanya saja, kalo kamu mencari HP gaming murah, maka Galaxy A31 bukanlah jawaban. Saat penulis pakai untuk memainkan game sederhana seperti Clash of Clans atau Temple Run, memang performanya tetap lancar.

Akan tetapi, lain soal kalo kamu pakai untuk memainkan PUBG Mobile atau COD Mobile. Ya, ini bukanlah perangkat yang tepat! Eits, bukan berarti HP Samsung A31 nggak bisa menjalankan kedua game tersebut. Hanya saja, kamu perlu mengatur dengan tampilan grafis terendah agar permainan bisa berjalan.

Kamera Galaxy A31

Spesifikasi Galaxy A31 (SamMobile)
Spesifikasi Galaxy A31 (SamMobile)

Sudah disinggung di atas, HP Samsung Galaxy A31 memiliki konfigurasi empat kamera di bagian belakang. Dari keempat kamera tersebut, satu berfungsi sebagai sensor utama dan memiliki kemampuan 48 MP.

Selain itu, masih ada dukungan dari sensor 8MP wide-angle, sensor kedalaman 5MP, dan mode potret 5MP. Sedangkan untuk kamera depan, perusahaan sudah menanamkan lensa dengan kemampuan 20 MP.

Kamera belakang Samsung A31 (Samsung)
Kamera belakang Samsung A31 (Samsung)

Seperti kita tahu, sektor kamera merupakan salah satu keunggulan HP Samsung. Dan begitulah yang dirancang perusahaan pada HP terbarunya ini. Nggak cuma spek kamera yang ditingkatkan, kamu juga bakal mendapat bantuan dari AI, pengaturan antarmuka yang membuat navigasi aplikasi terasa mudah, serta puluhan koleksi stiker AR yang pasti bakal bikin jatuh cinta pengguna.

Dan berdasarkan uji coba penulis, kamera Galaxy A31 mampu menghasilkan gambar menawan jika digunakan pada siang hari serta di dalam ruangan dengan pencahayaan cukup. Baik dari segi detail dan warna sudah terjamin berkat bantuan AI.

Fitur Unggulan HP Samsung Galaxy A31

Fitur keamanan (Samsung)
Fitur keamanan (Samsung)

Selain kamera, kapasitas baterai jadi poin yang diunggulkan perusahaan. Bahkan, perusahaan pun selalu mencantumkan keunggulan ini di setiap iklan Galaxy A31.

Kalo Cuma lihat iklan saja, mungkin hanya sedikit dari kamu yang bakal percaya. Dan saat penulis mencoba secara langsung, ternyata iklan tersebut nggak jauh dari kenyataan.

Memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh, Samsung A31 mampu bertahan sampai 22 jam 34 menit. Sayangnya, perusahaan nggak membekali HP Samsung Galaxy A31 dengan teknologi fast charging.

Dengan begitu, kamu membutuhkan waktu 2 jam 16 menit untuk mengisi ulang baterai dari 0 sampai 100%.

Harga Samsung A31 Terupdate

Kelebihan dan kekurangan Samsung A31 (SamMobile)
Kelebihan dan kekurangan Samsung A31 (SamMobile)

Samsung Indonesia pertama kali memperkenalkan Galaxy A31 pada bulan Mei. Dan sejak saat itu, kamu sudah bisa membeli HP Samsung terbaru ini dari berbagai tempat; baik lewat toko online maupun store resmi Samsung Indonesia.

Nah, menilik dari website resmi Samsung Indonesia, harga Samsung A31 terupdate dibanderol Rp 3,699 juta dengan spesifikasi 6GB dan ROM 128GB. Sedangkan spek yang lebih tinggi, yakni RAM 8GB/128GB, dijual dengan harga Rp 3, 999 juta.

Kalo kamu pengin memiliki HP Samsung terbaru ini, nggak perlu pindah ke lain tempat. Penulis sudah menyiapkan tautan yang bakal mengarahkanmu ke halaman penjualan Galaxy A31. So, langsung cek tautan di bawah aja untuk cek harga Samsung Galaxy A31 terupdate.

Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung A31

Kapasitas baterai Galaxy A31 (Samsung)
Kapasitas baterai Galaxy A31 (Samsung)

Peluncuran demi peluncuran HP terbaru dilakukan perusahaan. Kini, sudah tersedia banyak pilihan HP Samsung dari berbagai harga. Maka dari itu, selama mencari rekomendasi hanphone terbaik, penting kiranya tahu bagaimana kelebihan dan kekurangan perangkat tersebut.

Masih tertarik untuk mengetahui? Langsung aja deh cek kelebihan dan kelemahan Samsung A31 di bawah ini, ya.

Kekurangan

  • Bezel lebih tebal dibandingkan kompetitor
  • Sensor sidik jari berjalan lambat
  • Chipset yang digunakan kurang bertenaga jika dibangdingkan dengan perangkat lain
  • Kamera nggak dibekali Mode Malam dan HDR manual
  • Kurang bertenaga ketika memainkan game berat

Kelebihan

  • Tipis dan punya desain menarik
  • Display layar tipe AMOLED terbukti menawan
  • Kapasitas dan daya tahan baterai panjang
  • Performa canggih dari Android 10 dan One UI 2.0
  • Konfigurasi kamera cukup memuaskan di berbagai kondisi
  • Hasil video maupun gambar dari kamera selfi memuaskan

Spesifikasi Detail HP Samsung Galaxy A31

Spek Samsung A31 (SamMobile)
Spek Samsung A31 (SamMobile)

Desain

  • Frame alumunium dengan body belakang dari material polycarbonate
  • Dimensi 159.3 x 73.1 x 8.6 mm
  • Berat 185 g
  • Empat pilihan warna: Prism Crush White, Prism Crush Black, Prism Crush Red, Prism Crush Blue

Layar

  • Tipe Super AMOLED capacitive touchscreen
  • Ukuran layar 6,4 inci rasio body ke layar 84,9%
  • Resolusi layar 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan 411 ppi

Dapur Pacu

  • Mediatek MT6768 Helio P65
  • GPU Mali-G52 MC2
  • RAM 6GB dan 8GB
  • ROM 128GB
  • Sistem operasi Android 10
  • OS antarmuka One UI 2.0
  • CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55)

Kamera

  • Empat kamera
  • 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 123˚, (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
  • 5 MP, f/2.4, (macro)
  • 5 MP, f/2.4, (depth)
  • Fitur kamera depan: LED flash, panorama, HDR
  • Kamera selfie 20 MP, f/2.2, (wide)

Baterai

  • Li-Po 5000 mAh, non-removable
  • Fast charging 15W

Fitur Tambahan

  • Game booster
  • On-screen sensor sidik jari

Harga

  • Rp. 3.699.000 (6GB/128GB)
  • Rp. 3.999.000 (8GB/128GB)

Kesimpulan

Promo Samsung A31 (Samsung)
Promo Samsung A31 (Samsung)

Memang benar, HP Samsung A31 mewarisi nilai-nilai unggulan dari perusahaan. Desain menawan, komponen spek perangkat yang memuaskan, serta fitur-fitur yang bakal meningkatkan pengalaman audio-visual pengguna.

Hanya saja, kalo melihat dari harga, Galaxy A31 terlihat tertinggal dalam peta persaingan. Kini, Xiaomi dan Realme berupaya menyuguhkan perangkat dengan performa tinggi serta harga terjangkau.

Sedangkan Samsung, masih berkutat dengan desain yang serupa, chipset yang tak jauh berbeda, serta harga yang terbilang tinggi untuk ukuran spesifikasi bawaannya.

Lalu, akankah Galaxy A31 sukses merebut perhatian pasar dan membuat Samsung merajai merk HP paling laris di Indonesia? Biarlah waktu yang menjawabnya.

Usai sudah uraian hari ini mengenai HP Samsung Galaxy A31. Bagaimana pendapatmu mengenai perangkat Samsung terbaru ini? Coba deh bagikan lewat media sosial Droila.

Jangan sampai ketinggalan rekomendasi handphone terbaik dari Droila yang hadir setiap hari. Klik subscribe agar kamu mendapatkan pemberitahuan informasi terlengkap seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iOS.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like