Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Connect WiFi, Manjur Buat Semua Ponsel Android

cara mengatasi hp tidak bisa connect wifi (Technipages)
cara mengatasi hp tidak bisa connect wifi (Technipages)

Saat ini, hampir seluruh aktivitas kita membutuhkan internet. Sehingga, sebagian besar rumah pun sudah dipasangi WiFi agar menghemat biaya. Namun, bagaimana jika HP tidak bisa connect WiFi? Adakah cara mengatasinya?

Tentu kondisi tersebut adalah salah satu pengalaman yang tidak ingin kamu hadapi. Apalagi, jika kamu seseorang yang aktivitasnya membutuhkan koneksi internet. Bisa jadi petaka!

Entah untuk mengumpulkan tugas, mengirimkan hasil kerja, atau meeting bersama klien. Praktis, seluruh aktivitas manusia kini membutuhkan internet. Kondisi ini turut dipercepat oleh pandemi –yang membuat seluruh kegiatan kita semakin dibatasi.

Maka dari itu, ketika HP tidak bisa konek WiFi, yang timbul dan kita rasakan adalah kecemasan baru. Takut bahwa setiap kegiatan jadi terhambat dan terlambat.

Maka dari itu, untuk pembaca yang sedang menghadapi masalah ini, tim Droila sudah mengumpulkan beberapa cara mengatasi HP tidak bisa connect WiFi.

Penyebab HP tidak bisa konek WiFi (Blogspot)
Penyebab HP tidak bisa konek WiFi (Blogspot)

Penyebab HP Tidak Bisa Konek WiFi

Seperti kata pepatah, “sedia payung, sebelum hujan”. Dan berdasarkan pepatah tersebut, bisa disimpulkan bahwa manusia harus selalu bersiaga menghadapi berbagai kondisi serta tantangan. Tak terkecuali kondisi di mana HP Android milikmu tidak bisa connect WiFi Indihome atau WiFi dari provider lain.

Nah, berdasarkan penelusuran penulis, ada beberapa hal yang menjadi penyebab HP tidak bisa konek WiFi. Mau tahu?

  1. Koneksi WiFi di rumahmu bermasalah
  2. Fitur WiFi pada perangkat belum diaktifkan
  3. Permasalah di bagian firmware HP

Ya, ketika kamu mendapati HP Android yang dipakai tidak bisa terhubung ke WiFi, coba deh cek salah satu kondisi di atas. Dan berdasarkan penyebab yang sudah disebutkan, ada beberapa cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung HP milikmu.

Cara Menyambungkan WiFi yang Tidak Bisa Terhubung ke HP

Kini, kamu sudah mengetahui apa saja penyebab HP tidak bisa konek WiFi. Artinya, kamu sudah siap untuk benar-benar mengatasi permasalahan ini. Lantas, apa saja yang bisa kamu lakukan? Hasil uji coba tim Droila, ada beberapa cara menyambungkan WiFi yang tidak bisa terhubung dan bisa kamu lakukan sendiri. Cek uraian di bawah, ya.

Cek Pengaturan Jaringan, Jangan-Jangan Wi-Fi Masih Off

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan bahwa pengaturan Wi-Fi di HP milikmu sudah hidup. Bagaimanapun, jaringan WiFi yang tersedia tidak akan bisa tersambung jika pengaturan HP milikmu juga mati, bukan?

Maka dari itu, kamu wajib mengecek terlebih dulu. Sebelum akhirnya beralih ke penyelesaian yang lain. Kan, siapa tahu, kamu lupa kalo masih menonaktifkan koneksi WiFi. Dasar, tapi penting, bray!

Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan nama dari router yang ingin kamu hubungkan dengan HP. Jangan sampai kamu sudah kebingungan, tapi ternyata router yang kamu sambungkan milik orang lain. Jadi, jangan lupa untuk cek juga router dari jaringan yang tersedia, ya.

Reboot Router dan HP Milikmu

Mungkin pula, sumber dari masalahmu adalah router yang bermasalah. Tak jarang, masalah mendasar ini juga jadi biang yang menyebabkan HP tidak bisa tersambung ke WiFi. Dan penyelesaiannya pun gampang, kok.

Cukup reboot router dari jaringan WiFi yang tersedia. Tekan tombol power untuk menonaktifkan router. Tunggu sekira 30 detik. Kemudian, hidupkan kembali router tersebut. Selanjutnya tunggu beberapa saat agar router menyiapkan koneksi internet.

Begitu router sudah siap, cek HP milikmu. Pastikan bahwa HP sudah terhubung dengan jaringan WiFi yang tersedia. Kalo masih nggak mau terhubung, coba deh buat restart HP. Ya, inilah cara paling ampuh untuk menyelesaikan berbagai permasalah HP. Termasuk HP tidak bisa connect WiFi.

Reset ke setelah pabrik HP Android (AndroidPIT)
Reset ke setelah pabrik HP Android (AndroidPIT)

Reset ke Setelan Pabrik

Inilah cara terakhir dan paling ampuh. Pula, langkah yang paling sering penulis sebut pada artikel tips HP lainnya. Tak lain adalah dengan melakukan reset ke setelan pabrik .

Sudah terbukti kok kalo cara ini bisa memperbaiki berbagai eror dan problem pada HP Android. Selain itu, reset ke setelan pabrik juga bisa menghapus bug yang menyebabkan performa ponsel milikmu kurang optimal.

Sayangnya, cara ini juga memiliki sisi negatifnya. Seperti yang sudah berulangkali penulis sebutkan, reset ke setelan pabrik bakal menghapus seluruh data yang tersimpan pada perangkat. Termasuk data aplikasi yang sudah dipasang, video, foto, hingga kontak.

Maka dari itu, jika kamu ingin menjalankan cara ini untuk mengatasi HP tidak bisa konek WiFi, ada baiknya untuk melakukan back-up data terlebih dulu. Simpan data-data penting lewat Google Drive atau penyimpanan berbasis Cloud lainnya.

Sehingga, ketika HP sudah hidup kembali, kamu bisa langsung mengunduh data-data tersebut.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi HP tidak bisa connect WiFi yang bisa kamu lakukan sendiri. Semoga saja salah satu cara di atas bisa membantumu untuk mengatasi masalah ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like