HP Vivo Y12s: Review, Spesifikasi, Harga Terbaru, Kelebihan dan Kekurangan

Review Vivo Y12s (YouTube)
Review Vivo Y12s (YouTube)

HP Vivo Y12s adalah ponsel kelas low-end terbaru dari perusahaan. Diluncurkan bulan November, perangkat ini memiliki berbagai keunggulan agar bisa kompetitif di kelasnya. Dibanderol Rp 2 jutaan, apakah Vivo Y12s merupakan pilihan paling tepat untukmu? Yuk simak review Vivo Y12s di bawah. Penulis sudah menyiapkan uraian spesifikasi, harga terbaru, serta kelebihan dan kekurangan.

Sejak perusahaan pertama kali memperkenalkan Vivo seri Y, sudah banyak perbaikan dan peningkatan yang diberikan. Tentu tanpa melepaskan fitur andalan dari kelas ini; yakni HP baterai besar dengan harga terjangkau.

Ya, jenis perangkat yang paling dibutuhkan dari kelas low-end. Dan berdasarkan penelitian IDC, berkat HP dari kelas inilah Vivo sukses menguasai pasar Indonesia dan jadi Brang yang paling laris berturut-turut.

Mengakhiri tahun 2020, Vivo pun kembali menghadirkan perangkat untuk kelas tersebut. Diberi nama Vivo Y12s, ini merupakan HP Vivo terbaru yang dijual dengan harga Rp 2 jutaan.

Lalu, akankah perangkat ini sukses di tengah kompetisi yang semakin ketat? Agar kamu makin kenal dengan ponsel ini, yuk simak review HP Vivo Y12s di bawah.

HP Vivo Y12s (Vivo)
HP Vivo Y12s (Vivo)

Spesifikasi Vivo Y12s

Perlu kamu tahu, Vivo Y12s cuma tersedia di beberapa negara Asia saja. Dan beruntungnya, Indonesia jadi salah satu negara dimana perusahaan memutuskan untuk meluncurkan produk ini.

Tak ada yang istimewa dari produk ini; selain kapasitas baterai serta RAM yang terbilang besar untuk HP harga 2 jutaan. Namun, Vivo Y12s bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu yang cari perangkat kedua.

Dan kalo kita melihat namanya, bisa dikatakan kalo ini Vivo Y12s merupakan penerus dari Vivo Y12 yang sudah diluncurkan tahun 2019 lalu. Di atas kertas, tak ada yang terlalu berbeda antara spesifikasi Y12s dengan pendahulunya.

Makin penasaran? Langsung aja deh simak uraian yang lebih lengkap berikut ini.

Review Desain dan Layar Vivo Y12s

Layar Vivo Y12s (Vivo)
Layar Vivo Y12s (Vivo)

Vivo dikenal dengan desain yang sederhana namun elegan. Dan kesederhanaan itulah yang jadi daya tarik utama dari perangkat ini.

Menariknya, hanya ada dua pilihan warna yang tersedia; yakni warna Glacier Blue atau biru dan Phantom Black atau hitam. Keduanya pilihan warna tersebut dirancang agar tampak berkilau, meskipun menggunakan material plastik pada body bagian belakang.

Sayangnya warna yang cukup menarik perhatian nggak cukup berimbang dengan bagian desain perangkat. Ponsel ini terbilang cukup berat. Apalagi kalo dibandingkan dengan HP 2 jutaan lainnya.

Harga Vivo y12s (GSMArena)
Dimensi Vivo y12s (GSMArena)

Nah, beralih ke bagian depan, kamu bakal menemukan layar dengan yang dihiasi poni berbentuk waterdrop. Menggunakan panel IPS LCD, grafis yang bisa ditampilkan memiliki resolusi 720 x 1600 piksel.

Beruntungnya, perusahaan sudah melapisi layar depan dengan kaca Corning Gorilla Glass. Meskipun perusahaan enggan menyebut jenisnya, setidaknya bisa bikin kamu lebih tenang berkat perlindungan ganda ini, bukan?

Review Chipset dan Dapur Pacu Vivo Y12s

Dapur pacu Vivo y12s (Gizmologi)
Dapur pacu Vivo y12s (Gizmologi)

Membandingkan Vivo Y12s dengan pendahulunya, penulis menemukan kalo chipset merupakan salah satu bagian yang ditingkatkan. Jika Vivo Y12 (review) ditenagai MediaTek Helio P22, maka Vivo Y12s mendapat dukungan chipset MediaTek Helio P35.

Meskipun berbeda tahun peluncuran, ada banyak peningkatan fitur dan performa dari seri P35. Melansir halaman resmi MediaTek, chipset seri P35 mendukung layar FullHD+ dengan RAM jenis LPDDR3 dan LPDDR4x.

Baterai HP Vivo Y12s (Vivo)
Baterai HP Vivo Y12s (Vivo)

Sayang, Helio P35 cuma bisa mendukung pengoperasian dual-camera aja. Meskipun begitu, tambahan fitur Electronic Image Stabilization (EIS) tentu menjanjikan hasil perekamanan video yang lebih memuaskan ketimbang chipset lain di kelasnya.

Pada Vivo Y12s, chipset ini juga didukung RAM 3GB dengan ROM 32GB. Ya, satu lagi kekurangan Vivo Y12s jika kita membandingkannya dengan HP 2 jutaan lain.

Soalnya, sudah ada beberapa HP 2 jutaan yang didukung RAM 4GB dengan ROM lebih besar, bukan. Contohnya adalah Samsung Galaxy A12 (review) yang cuma selisih Rp 400 ribu aja.

Review Kamera Vivo Y12s

Kamera belakang Vivo Y12s (Vivo)
Kamera belakang Vivo Y12s (Vivo)

Hari ini, beli HP tiga kamera adalah hal yang mudah. Ada banyak pilihan yang sudah tersedia dari berbagai harga. Dan sayangnya, HP Vivo Y12s nggak masuk dalam pilihan tersebut.

Ya, handphone Vivo terbaru ini cuma dibekali dua kamera. Terdiri dari kamera 13MP yang berfungsi sebagai lensa utama serta 2MP sensor kedalaman. Sebagai tambahan, lensa wide 13MP juga didukung fitur PDAF.

Sementara itu, kamera depan Vivo Y12s nggak berbeda dengan pendahulunya. Keduanya menggunakan kamera selfie 8MP. Tapi, jangan tanya soal hasil, ya. Tentu bakal berbeda antara kedua perangkat.

Fitur-fitur berbasis teknologi Kecerdasan Buatan milik Vivo Y12s menjanjikan hasil video maupun foto yang lebih halus. Bahkan, distorsi pada gambar pun bakal diminimalisir oleh fitur-fitur pendukung.

Harga Vivo Y12s Terbaru

Desain Vivo Y12s (NoypiGeeks)
Desain Vivo Y12s (NoypiGeeks)

Desain kece dengan performa yang cukup memuaskan. Dan sejak pertama kali diluncurkan, perusahaan menjual Vivo Y12s dengan harga Rp 1,999 juta saja. Tenang, itu adalah harga resmi yang penulis dapat dari website Vivo Indonesia.

Dan berdasarkan penelusuran penulis pada beberapa toko online, ada lebih banyak pilihan harga Vivo Y12s. Nah, kalo kamu tertarik untuk memiliki HP Vivo Y12s, langsung klik salah satu tautan yang sudah disiapkan penulis di bawah, ya.

Kesimpulan

SpesifikasiVivo Y12s
DesainFrame dan body dari material plastik
Berat191 gram
Dimensi164.4 x 76.3 x 8.4 mm
LayarIPS LCD; lebar 6,51 inci
ResolusiFullHD+ 720×1600 piksel
ChipsetMediaTek Helio P35
GPUPowerVR GE8320
RAM3GB
ROM32GB
OSAndroid 10; Funtouch 11
Kamera Belakang13 MP, f/2.2, (wide), PDAF
2 MP, f/2.4, (depth)
FiturPortrait, Photo, Video, Pano, Live Photo, Time-Lapse, DOC
Kamera Depan8MP, f/1.8
Fitur[email protected]
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removableCharging 10WReverse charging 5W
WarnaGlacier Blue, Phantom Black
HargaRp. 1.999.000

Ya, inilah pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh kamu yang ingin beli HP baru. Hal yang wajar, mengingat ada begitu banyak pilihan yang tersedia. Dan Vivo Y12s hanyalah salah satu pertimbangan saja, di antara ragam produk yang tersedia di pasar.

Contohnya adalah Samsung Galaxy A11, Galaxy A12, Redmi 9, hingga Realme C12. Masing-masing perangkat tersebut didukung tiga kamera –satu poin utama yang nggak dimiliki Vivo Y12s.

Dan untuk Realme C12, ponsel anyar ini bahkan didukung baterai 6000 mAh. Selisih jauh dengan Vivo Y12s yang cuma dibekali 5000 mAh.

Sebagai tambahan, agar kamu makin memahami tentang HP terbaru ini, kenali pula bagaimana kelebihan dan kekurangan Vivo Y12s. Berikut ini uraiannya..

Kekurangan Vivo Y12s

  • Resolusi gambar cuma sampai 720p saja
  • Hasil rekaman video kurang stabil
  • Hasil foto low-light kurang memuaskan
  • Tanpa didukung fitur fast charing
  • Tanpa dukungan kamera ultrawide
  • Nggak dibekali fitur NFC
  • Kurang pas kalo dipakai untuk memainkan game berat

Kelebihan Vivo Y12s

  • Baterai 5000 mAh
  • Fitur reverse-charging
  • Sensor sidik jari yang terletak di samping
  • Dukungan OS UI Funtouch 11
  • Fitur kamera berteknologi AI yang memuaskan

Usai sudah uraian dari rekomendasi handphone terbaik kali ini mengenai HP Vivo Y12s. Dan dari uraian di atas, bisa kita simpulkan kalo Vivo Y12s terbilang cukup memuaskan dahaga penggemar yang pengin ganti HP Vivo baru tapi dana pas-pasan.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like