HP Vivo Y20: Review, Spesifikasi, dan Harga Terupdate 2020

Vivo Y20 Dawn White (YouTube)
Vivo Y20 Dawn White (YouTube)

Baterai berkapasitas besar tampaknya tengah jadi fokus utama Vivo. Setelah sebelumnya merilis beberapa HP Vivo baterai besar, perusahaan pun menyusul dengan produk terbaru yang punya spesifikasi seragam; tak lain adalah seri Vivo Y20. Kurang lebih, beginilah review HP Vivo Y20 untuk pembaca Droila.

HP entry-level Vivo ini diperkenalkan tak selang lama usai perusahaan merilis smartphone flagship fotografi di Indonesia. Nggak tanggung-tanggung, perusahaan memperkenalkan dua produk sekaligus; yakni Vivo Y20 dan Y20i.

Dari segi desain, tak ada banyak perbedaan dibandingkan seri sebelumnya –Vivo Y19. Masih mengusung tiga kamera belakang dengan desain serupa. Pun untuk bagian chipset maupun kamera; tak ada terlalu banyak perbedaannya!

Lebih spesifik, penulis kali ini bakal menguraikan bagaimana review Vivo Y20. Lalu, kira-kira apa yang bikin Vivo Y20 menarik? Untuk kamu yang sedang cari referensi untuk ganti HP baru dan menyediakan budget Rp 2 jutaan, simak ulasan Vivo Y20 di bawah, ya.

HP Vivo Y20 (Gadgetren)
HP Vivo Y20 (Gadgetren)

Review Lengkap Vivo Y20

Tahun ini, kelas menengah dan entry-level mengalami peningkatan persaingan. Realme hadir dan mulai mencuri perhatian. Sementara itu, Samsung, Oppo, dan Vivo pun mulai merancang strategi untuk kembali mengisi kompetisi ini. Sedangkan Xiaomi masih jadi jawara dan rujukan banyak pengguna.

Maka dari itu, kehadiran Vivo Y20 di tengah iklim kompetisi yang ketat tentu patut dipertanyakan; apa yang membuat perusahaan yakni kalo perangkat ini bakal dipilih banyak pengguna. Dalam review HP Vivo Y20 di bawah, penulis sudah menyiapkan uraian komponen penyusun HP Vivo terbaru ini. Mau tahu bagaimana performanya? Simak, Gan!

Layar dan Desain

Kamera depan Vivo Y20 (Vivo)
Kamera depan Vivo Y20 (Vivo)

Beruntungnya, skema warna sederhana yang membungkus perangkat sudah ditingkatkan. Menjadikan HP Vivo Y20 terlihat lebih indah dan elegan. Bahkan, dari sudut pandang tertentu, memberikan kesan bertekstur metalik –sekalipun bagian belakang dibikin dari material plastik.

Nggak seperti HP Vivo murah pada umumnya, Vivo Y20 lebih tipis dan kokoh. Tapi, kamu harus tetap waspada. Soalnya, perusahaan nggak membekali ponsel ini dengan keamanan yang mumpuni –bahkan layarnya nggak dilindungi Corning Gorilla Glass!

Sementara itu, bezell tipis di bagian bawah sedikit mengurangi rasio layar ke body. Tapi tenang aja, kamu tetap mendapatkan perangkat dengan layar selebar 6,51 inci berteknologi IPS LCD, kok. Di samping itu, layar ini juga mampu menyajikan gambar beresolusi 720 x 1600 piksel. Cukup memanjakan mata, bukan?

Chipset dan Fitur Bawaan

Layar Vivo Y20 (Vivo)
Layar Vivo Y20 (Vivo)

Dalam hal performa, Vivo Y20 ditenagai chipset Snapdragon 460 yang didukung GPU Adreno 610. Seperti sudah kita ulas sebelumnya pada review Oppo A53 2020,  chipset entry-level terbaru dari Qualcomm ini menawarkan efisiensi daya dibandingkan seri sebelumnya.

Selain itu, chipset entry-level ini juga sudah dibekali teknologi Kecerdasan Buatan. Sehingga, beragam fitur fotografi berdasarkan AI pun kini sudah bisa dinikmati pada HP entry-level. Tak terkecuali Vivo Y20.

Untuk departemen perangkat lunak, Vivo Y20 menjalankan sistem operasi Android 10 dengan dasar tampilan antarmuka OS Funtouch 10.5. Dengan konfigurasi tersebut, perusahaan menjamin akan performa yang dinamis serta pengalaman fantastis.

Untuk bagian penyimpanan, Vivo Y20 hadir dengan RAM 4 GB serta memori internal sebesar 64 GB. Kalo kamu merasa memori penyimpanan kurang, bisa kok ditingkatkan sampai 256GB. Cukup cari kartu SD yang sesuai aja, bukan?

Kamera Vivo Y20

Kamera belakang Vivo Y20 (Vivo)
Kamera belakang Vivo Y20 (Vivo)

Tiga kamera utama berteknologi AI ditanamkan oleh perusahaan. Ketiga kamera tersebut masing-masing memiliki kemampuan 13 MP sensor wide PDAF, 2 MP sensor makro, serta 2 MP sensor kedalaman.

Untuk fitur dukungan, kamera utama ini juga ditemani LED Flash serta mode HDR. Kalo kamu hobi bikin video TikTok, hasil rekaman tiga kamera belakang pun memuaskan, kok. Soalnya, bisa menghasilkan gambar dengan resolusi 1080p pada 30 FPS.

Sementara itu, untuk kamera depan, hanya ada satu kamera utama yang tersimpan pada notch berbentuk waterdrop. Kamera depan ini memiliki kemampuan 8 MP. Kamera depan ini juga dibekali beragam fitur menarik; seperti foto selfie, Face Unlock, serta video call.

Ya, tak ada yang baru dari sektor kamera Vivo Y20. Standar baku yang bisa kamu temui pada HP entry-level lainnya. Akan tetapi, kalo kita mempertimbangkan dukungan perangkat lunak pada kamera Vivo –yang populer dengan kinerja serta hasil olahan gambar, bikin Vivo Y20 makin menggoda, Gan!

Harga Ponsel Vivo Y20 Terbaru

Spesifikasi Vivo Y20 (Akamaized)
Spesifikasi Vivo Y20 (Akamaized)

Sejak pertama kali diperkenalkan akhir bulan Agustus lalu, belum ada perubahan dalam hal harga jual. Menilik dari website resmi, harga Vivo Y20 terbaru dibanderol Rp 2,199 juta saja.

Ada dua pilihan warna yang diberikan perusahaan. Yakni Nebula Blue serta Dawn White. Di samping itu, fitur unggulan lainnya yang bakal bikin Vivo Y20 makin menggoda yakni baterai 5000 mAH serta Ultra Fast Side Fingerprint.

Tertarik untuk memiliki HP Vivo terbaru ini? Langsung deh klik tautan toko online yang sudah penulis siapkan di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y20

Vivo Y20 series (Gizmologi)
Vivo Y20 series (Gizmologi)

Tak ada peningkatan dalam hal spesifikasi produk barangkali jadi kelemahan paling fatal. Tapi, bagi pengguna, barangkali kelemahan tersebut tak terlalu kentara. Tentu review HP Vivo Y20 bakal kurang lengkap kalo nggak disertai uraian kelebihan dan kekurangan. Penasaran?

Kekurangan

  • Harga lebih mahal dibandingkan produk lain dengan spesifikasi yang hampir sama
  • Nggak cocok untuk kamuyang doyan gaming, soalnya HP mudah panas
  • Terlalu banyak bloatware yang ditanamkan perusahaan
  • Hanya pilihan memori 64GB yang tersedia
Tampilan depan Vivo Y20 (Vivo)
Tampilan depan Vivo Y20 (Vivo)

Kelebihan

  • Baterai berkapasitas besar
  • Pengolah grafis memuaskan, hasil foto di siang hari minim distorsi
  • Konfigurasi triple-camera dengan dukungan teknolgoi AI
  • Funtouch 10.5 performanya lebih baik dibandingkan UI seri sebelumnya
  • Fitur canggih side mounted fingerprint

Spesifikasi Detail Vivo Y20

Desain

  • Material body plastik, depan dari kaca
  • Dimensi 164 x 76.3 x 8,4 mm
  • Berat 192.3 gram
  • 2 pilihan warna: Dawn White dan Obsidian Black

Layar

  • Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran 6,51 inci rasio screen-to-body 81,6%
  • Resolusi 720 x 1600 piksel, 20:9 rasio (kerapatan 270 ppi

Dapur Pacu

  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 460
  • RAM 4GB
  • ROM 64 GB (bisa ditingkatkan hingga 256GB)
  • Sistem operasi Android 10, Funtouch 10.5
  • CPU octa-core ((4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240)
  • GPU Adreno 610
Unboxing Vivo Y20 (YouTube)
Unboxing Vivo Y20 (YouTube)

Kamera

  • Tiga kamera belakang (13 MP wide PDAF f/1.8, 2 MP macro f/2.4, sensor kedalaman 2 MP f/2.4
  • Kamera selfie notch (8 MP wide)
  • Fitur LED Flash, Portrait, Photo, Video, Panorama, Live Photo, Slo-mo, Time-Lapse, Professional

Baterai

  • Kapasitas 5.000 mAh
  • Didukung fitur Fast Charging
  • Tanpa isi ulang nirkabel
  • Daya keluaran 9V/2A/18W
  • Dibekali fitur Mode Hemat Daya

Fitur

  • Kunci layar          : face unlock, sensor sidik jari, password, pola kunci, pin
  • Sensor                  : ambient light, accelerometer, proximity, kompass,
  • Split-screen

Harga

  • Website resmi   : Rp. 2.199.000,-

Kesimpulan

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20 (SiamPhone)
Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20 (SiamPhone)

Dalam hal spesifikasi dan harga yang ditawarkan, Vivo Y20 memang terlihat lebih mahal. Namun, bisa kita maklumi kalo mengingat tambahan fitur game booster dan software kamera yang memuaskan. Selain itu, nggak ada lagi yang istimewa.

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai review HP Vivo Y20. Cuma punya budget Rp 2 jutaan tapi pengin mendapatkan produk yang memuaskan? Bisa lho mempertimbangkan HP Vivo terbaru ini sebagai pilihan.

Jangan sampai ketinggalan rekomendasi handphone terbaik dari Droila yang hadir setiap hari. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, games, tips HP Android dan iOS lainnya.  

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like