Daftar HP yang Bisa Update Android 11 dan Jadwal Pembaruan OS Semua Perangkat

HP Android 11 (Android Central)
HP Android 11 (Android Central)

Seperti sebelumnya, update Android 11 dimulai dari HP Google Pixel. Hanya saja, ada yang berbeda pada pembaruan sistem operasi Android kali ini. Beberapa HP OnePlus juga kedapatan mendapatkan pembaruan terlebih dulu.

Seperi kita tahu, versi stabil dari OS Android 11 sudah dirilis dua bulan lalu. Dan harus diakui, Google hanya menambahkan sedikit fitur baru pada sistem operasi Android anyarnya ini.

Meskipun begitu, tetap ada banyak alasan yang membuat kita –para pengguna Android- layak merasakan gegap gempita dalam menyambut update Android 11.

Entah karena kamu penasaran dengan tampilan anyar dari pemberitahuan chat, balon percakapan, atau pembaruan ijin aplikasi yang membuat data perangkat lebih terjaga.

Sayangnya, untuk saat ini pembaruan OS Android 11 cuma tersedia untuk HP Google Pixel dan beberapa seri OnePlus saja. Sementara itu, Samsung masih menjalankan uji coba One UI 3.0 yang dikembangkan untuk mengakomodasi Android 11 dan baru sampai tahap Beta Publik.

OEM lain –seperti Xiaomi, Oppo, dan Realme- juga tengah menggarap sistem operasi UI untuk Android 11. Maka, bisa disimpulkan kalo pengguna lain mesti bersabar jika ingin mencicipi fitur canggih Android 11.

Jadwal Update Android 11

Beruntungnya, kini sudah tersedia jadwal untuk HP yang bisa update Android 11 dari berbagai merk. Melansir Android Central, berikut ini adalah jadwal pembaruan OS Android 11 pada semua perangkat. Coba deh cek, kapan HP Android milikmu mendapatkan pembaruan sistem operasi terbaru ini.

HP Xiaomi dengan Android 11 (Android Central)
HP Xiaomi dengan Android 11 (Android Central)

Kapan Update Android 11 Google Pixel?

Sejak awal diluncurkan, Google Pixel selalu mendapatkan privileged jika ada pembaruan OS Android. Tak terkecuali saat update Android 11. Nah, kamu yang menggunakan salah satu perangkat di bawah sudah bisa lho melakukan pembaruan OS.

Jadwal update Google Pixel (Android Central)
Jadwal update Google Pixel (Android Central)

Kapan Update Android 11 Samsung?

Dulu, Samsung dikenal sebagai salah satu produsen yang nggak bisa menyediakan dukungan software terbaik. Tapi, itu adalah dulu. Sekarang, perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan ini sudah memperbaiki kelemahan tersebut. Bahkan, perubahan yang diberikan cukup signifikan!

Sebelumnya, Samsung mengumumkan kalo semua HP flagship miliknya bakal mendapatkan pembaruan OS selama tiga tahun. Mulai dari seri Galaxy S10 hingga yang terbaru. Sementara itu, diketahui pula kalo Samsung tengah menjalankan Publik Beta untuk One UI 3.0 di Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Update Android 11 Samsung (Android Central)
Update Android 11 Samsung (Android Central)

Publik Beta ini sudah tersedia untuk pengguna seri Galaxy S20 dan Note 10. Dan menurut rencana, perusahaan bakal meluncurkan versi stabil dari One UI 3.0 pada akhir 2020 nanti. Oleh karena itu, beberapa ponsel di bawah diperkirakan bakal mendapatkan pembaruan Android 11 tak lama lagi.

Mungkin, pengguna seri Galaxy S9 bisa berharap untuk mendapatkan pembaruan tersebut. Tapi, Samsung sendiri belum memberikan garansi terkait pembaruan ini. Jadi, tunggu aja, ya.

Kapan Update Android 11 Xiaomi?

Kini, Xiaomi diakui sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia. Menawarkan HP murah berkualitas mewah, Xiaomi cepat mendapatkan penggemar yang mencari HP harga Rp 2 – Rp 5 jutaan.

Saat ini, perusahaan tengah menjalankan program Closed Beta Android 11 untuk HP Mi 10 dan Mi 10 Pro. Dan meskipun perusahaan sudah menyediakan versi stabil dari Android 11; tapi itu baru tersedia untuk pengguna di China saja.

Android 11 Xiaomi (Android Central)
Android 11 Xiaomi (Android Central)

Jadi, untuk kamu pengguna Xiaomi yang tinggal di Indonesia, harap sabar dulu, ya. Soalnya, masih butuh waktu beberapa minggu agar perusahaan meluncurkan pembaruan ini. Dan berdasarkan unggahan forum Xiaomi MIUI, update Android 11 Xiaomi bakal diluncurkan pada lebih dari 30 model HP; mulai dari Mi, Poco, serta Redmi.

Kapan Update Android 11 Oppo?

Oppo sebelumnya sudah memperkenalkan ColorOS 11 yang dikembangkan berdasarkan Android 11. Memang, sistem operasi UI ini masih dalam tahap Closed Beta dan baru tersedia untuk pengguna seri Oppo Find X2 dan Reno 3 saja. Tapi, perusahaan menjanjikan kalo versi stabil bakal diluncurkan akhir tahun ini.

Nah, berdasarkan penelusuran tim Android Central, berikut ini adalah jadwal rilis Android 11 untuk semua HP Oppo. Dan diperkirakan, sebelum kuarter kedua 2021, HP Oppo kelas menengah dan Flaship sudah mendapatkan pembaruan ini.

Update Android 11 Oppo (Android Central)
Update Android 11 Oppo (Android Central)

Kapan Update Android 11 Realme?

Meskipun pengguna Realme sering diejek netizen sebagai HP murah, jangan salah sangka. Realme bukanlah HP murahan. Pengembangan spesifikasi, fitur, serta teknologi terus diberikan perusahaan. Tak terkecuali untuk update Android 11.

Android 11 Realme (Android Central(
Android 11 Realme (Android Central)

Saat ini, perusahaan tengah menjalankan program Closed Beta Android 11 untuk Realme UI 2.0. Program ini diperuntukkan bagi pengguna HP X50 Pro. Dan meskipun perusahaan belum memberikan keterangan resmi terkait HP yang bisa update Android 11, menurut penulis semua perangkat yang diluncurkan selama 18 bulan terakhir bakal bisa ditingkatkan versi OS.

Nah, kira-kira itulah daftar HP yang bisa update Android 11 dari Google Pixel, Samsung, Xiaomi, Realme, dan Oppo. Apakah perangkatmu masuk dalam daftar di atas?

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi software terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan beragam informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, games, tips HP Android dan iOS, serta rekomendasi handphone terbaik setiap harinya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like