iOS 14 dan Berbagai Hal yang Perlu Kamu Ketahui: Fitur Baru, Cara Update, serta Seri iPhone yang Bisa Upgrade

iOS 14.4 pada HP iPhone (Slashgear)
iOS 14.4 pada HP iPhone (Slashgear)

Perkembangan dan pembaruan adalah aktivitas yang wajib dilakukan perusahaan teknologi. Tak terkecuali Apple. Perusahaan bikinan Steve Jobs ini terus mengembangkan iOS 14 dan iPadOS 14 untuk jadi lebih baik. Dan bulan Januari lalu, perusahaan meluncurkan versi iOS 14.4. Kira-kira, apa aja fitur baru iOS 14.4 dan kelebihannya dibanding versi sebelumnya, ya?

Sejak pertama kali Apple meluncurkan versi iOS 14 pada bulan September tahun lalu, banyak glitch dan bug yang ditemukan pengguna. Bahkan, terdapat beberapa jenis bug yang benar-benar mengganggu kinerja perangkat.

Kondisi tersebut tentunya memancing komplain dan keluhan dari pengguna. Tak hanya di Amerika Serikat saja, sebagai pasar pembeli Apple paling besar. Tapi di seluruh dunia!

Oleh karena itu, perusahaan pun terus mengembangkan versi terbaru. Dan pada setiap pembaruan, ada saja bug yang ditemukan pengguna.

Fitur baru iOS 14.4 (LamanZanaMordida)
Fitur baru iOS 14.4 (LamanZanaMordida)

Beruntungnya, keluhan tersebut kemungkinan bakal berhenti jika kamu memperbarui perangkat dengan iOS 14.4. Ini adalah versi sistem operasi terbaru bikinan Apple yang baru diluncurkan bulan Januari lalu. 

Sebagai versi paling baru, iOS 14.4 diklaim paling stabil. Di samping itu, berbagai bug yang pada versi sebelumnya mudah ditemukan dan terasa mengganggu, sudah diperbaiki oleh perusahaan.

Tak hanya memperbaiki bug saja, Apple juga sudah menambahkan beberapa pembaruan. Maka dari itu, bagi kamu yang belum memperbarui versi OS pada iPhone, segera deh.

Masih merasa nggak yakin? Kalo begitu, baca terlebih dulu penjelasan mengenai iOS 14.4 di bawah. Tim Droila sudah merangkumkan dari berbagai sumber informasi terkait iOS 14.4 yang perlu kamu ketahui. Mulai dari jadwal pembaruan, cara memperbaru iOS, hingga fitur anyar. Langsung cek, ya.

Fitur Baru iOS 14.4

Saat peluncuran, Apple menjelaskan bahwa pihaknya sudah menambahkan beberapa fitur anyar. Yang jelas, jenis fitur yang bakal memudahkan pengguna selama mengoperasikan perangkat iPhone!

Mau tahu apa saja? Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian mengenai fitur baru iOS 14.4 di bawah ini, ya.

Bebas Kreasikan Ikon Aplikasi

Pada iOS 14.4, perusahaan sudah menambah fitur baru yang disebut Pintasan Aplikasi. Salah satu layanan paling menarik dari fitur ini adalah kemampuan untuk menciptakan ikon aplikasi sendiri.

Artinya, pengguna bakal lebih leluasa dalam mengatur tampilan perangkat. Contohnya, alih-alih menggunakan ikon Apple Mail yang sudah terlalu mainstream, kamu bisa kok menggantikannya dengan gambar kucing.

Pakai Aplikasi Tanpa Perlu Memasangnya

Oleh perusahaan, fitur ini disebut App Clips. Layanannya mengubah aplikasi jadi format mini. Konten yang disajikan pun hanya sebagian dari layanan pada aplikasi versi penuh.

Dengan begitu,kamu bisa mencoba aplikasi terlebih dulu sebelum benar-benar memasangnya.  Layanan ini tentu saja makin memudahkan setiap pengguna yang selalu lupa untuk mencopot aplikasi saat tidak terpakai lagi, bukan?

Selain bisa mengatasi kebiasaan buruk pengguna, fitur ini juga bisa meminimalisir berbagai kondisi buruk. Misal menghentikan aplikasi berbahaya dari tindak pencurian data, menghemat ruang penyimpanan, dan masih banyak lagi.

Mode foto RAW iPhone 12 Pro Max (CNet)
Mode foto RAW iPhone 12 Pro Max (CNet)

Ambil Foto Format Raw

Fitur anyar yang ditambahkan Apple pada iOS 14.4 adalah mode Foto Raw. Ya, mode yang sangat menguntungkan para fotografer HP. Sayangnya, fitur tersebut cuma tersedia pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max saja.

Memang, fitur ini sifatnya masih terbatas. Tapi, begitu kamu menggunakannya, kamu bakal dibikin kagum dan terpana. Soalnya, fitur ini memugkinkanmu mengambil foto dalam format RAW. Artinya, jenis foto mentah tanpa sentuhan fitur Kecerdasan Buatan atau teknologi.

Alhasil, kamu pun bisa lebih leluasa mengedit foto yang disimpan. Tak hanya itu, kamu juga bisa kok menyesuaikan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas. Cukup bikin mupeng, bukan?

Cara Update iOS 14.4

Beruntungnya, memperbarui sistem operasi iPhone milikmu ke iOS 14.4 bukanlah perkara yang sulit. Kamu cuma perlu mengikuti langkah-langkah yang penulis kutip dari halaman dukungan Apple di bawah ini. Tanpa panjang lebar, langsung cek aja kalo kamu pengin mencontohnya, ya.

  1. Buka aplikasi Pengaturan, lalu klik menu Umum
  2. Dibagian atas, kamu akan menemukan tombol “Pembaruan Perangkat Lunak”, tap menu tersebut
  3. Jika sudah, ketuk menu “Unduh dan Pasang” yang muncul di layar
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses pemasangan selesai
Cara update iOS 14.4 (CNet)
Cara update iOS 14.4 (CNet)

HP iPhone yang Bisa Update iOS 14.4

Bukankah mudah cara update iOS 14.4 pada HP iPhone milikmu? Tapi, sebagai catatan, sistem operasi anyar ini tidak bisa dipasang pada seluruh seri iPhone. Artinya, cuma beberapa seri saja.

Maka, sebelum update iOS 14.4, baiknya cek dulu apakah perangkat yang kamu gunakan mendukung sistem operasi ini. Berdasarkan penelusuran penulis, iOS 14.4 bisa kamu pasang pada perangkat di bawah ini:

  1. iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max
  2. iPhone XS dan XS Max
  3. iPhone XR
  4. iPhone X
  5. iPhone 8
  6. iPhone 8 Plus
  7. iPhone 7
  8. iPhone 7 Plus
  9. iPhone 6S
  10. iPhone 6S Plus
  11. iPhone SE (2020)
  12. iPhone SE (2016)

Nah, usai sudah penjelasan hari ini mengenai iOS 14.4. Setelah membaca uraian di atas, langsung deh update sistem operasi. Sehingga kamu bisa mencicipi secara langsung beragam fitur terbaru iOS 14.4.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like