A-Z Istilah Dalam Mobile Legend dan Artinya, Jangan Bengong Ketika Kawan Ngomong di Voice Chat

Mobile Legends (SpillWallProductions)
Mobile Legends (SpillWallProductions)

Diluncurkan sejak tahun 2017, game MOBA Mobile Legends: Bang Bang kini semakin populer di Indonesia. Pada tahun 2018 saja, tercatat ada lebih dari 170 juta pengguna game ini setiap bulannya. Dan kalo melihat hasil tersebut, kita tentu patut berterimakasih kepada pengembang maupun komunitas pengguna.

Kesetiaan dan popularitas ini nggak akan didapat tanpa upaya pengembang untuk terus memperbaik mode-mode permainan. Selain itu, ada beragam event yang bisa diikuti oleh pengguna dengan berbagai jenis hadiah menarik yang bisa didapatkan.

Sementara itu, pengguna yang aktif di berbagai platform menjadi game ini mudah mendapatkan pemain baru. Di sisi lain, komunikasi tersebut juga menghasilkan beragam istilah dalam Mobile Legend yang unik dan otentik.

Untuk pemain lama, mendengarkan berbagai istilah yang kerap diucapkan kala pertandingan atau Mabar tentu nggak jadi soal. Tapi, lain hal dengan pemain pemula Mobile Legend. Bisa pusing hingga bingung akibat nggak mengetahui artinya.

Nah,  agar pembaca lebih memahami game MOBA smartphone ini, tim Droila sudah siapkan beragam istilah-istilah dalam Mobile Legend beserta artinya. So, jangan sampai miss-com selama pertandingan dan jadi “beban”, ya.

Gameplay Mobile Legends (Peemzchannel)
Gameplay Mobile Legends (Peemzchannel)

Istilah-Istilah Dalam Mobile Legend dan Artinya

Bagi kamu yang sudah lama memainkan game Mobile Legends, pengguna istilah-istilah tertentu tentu saja memudahkan komunikasi selama bertandingan. Selain karena kemudahan dalam pengucapan dan singkat, maknanya bisa langsung membantumu menyusun strategi.

Akan tetapi, lain soal kalo yang mendengar seorang pemula. Bukannya menyusun strategi, yang dirasakan malah panik akibat nggak tahu arti. FYI, soalnya penulis pernah mengalami hal tersebut.

Maka, penting kiranya untuk pemain pemula mengetahu berbagai istilah dalam Mobile Legend dan artinya. Dan dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah istilah-istilah dalam game tersebut yang wajib kamu ketahui dan kerap digunakan selama pertandingan.

A

AFK (Away From Keyboard)

Sebenarnya, ini adalah singkatan dari Away From Keyboard. Awalnya istilah ini digunakan para pengguna desktop untuk menunjukkan kalo dia sedang berada jauh dari keyboard. Sedangkan dalam game ini, AFK diartikan sebagai tindakan meninggalkan pertandingan, baik sengaja maupun tidak.

Assist

Aksi dari hero ketika membantu teman untuk mengeliminasi lawan. Meskipun nggak sebanyak hero yang mengeleminasi secara langsung, kamu juga mendapatkan gold kalo membantunya, lho.

Aegis

Ini adalah spell yang bisa memberi shiled dan berfungsi untuk melindungi hero yang kamu mainkan serta kawan terdekat yang punya HP terendah. Spell ini bisa menahan 4 serangan dasar dan turet lawan selama 5 detik dengan waktu cooldowni sebanyak 150 detik.

B

Bot (Bottom Lane)

Jalur tengah dari peta Land of Dawn.

Buff

Efek positif yang didapat oleh hero. Baik itu berupa penambahan kemampuan, poin serangan, kecepatan, atau pengurangan waktu CD dan pengurangan konsumsi mana.

Buta Map

Istilah dalam Mobile Legend yang ditujukan pada player atau pemain yang nggak memperhatikan map di dalam game.

Build

Kombinasi item dan ability untuk meningkatkan kemampuan hero.

Map Land of Dawn Mobile Legends (Gamebrott)
Map Land of Dawn Mobile Legends (Gamebrott)

C

Carry

Peran satu atau lebih hero dalam satu tim yang tugasnya memberi damage dalam jumlah besar pada tim lawan. Biasanya yang berperan sebagai carry adalah hero Marksman (MM) atau Assassin.

CD (Cool Down)

Ini adalah istilah yang menunjukkan dari waktu yang diperlukan satu skill, spell, atau ability agar bisa dipakai lagi.

Crit

Singkatan dari Critical Attack. Artinya, damage ekstra yang bisa diberikan hero setelah jumlah serangan tertentu. Misal jumlah attack normal sebanyak 100, dengan critical attack 40%, saat serangan crit aktif maka jumlah damage menjadi 140.

Core

Pengelompokan hero berdasarkan spesialisasi perannya. Biasanya, hero ini lebih diutamakan untuk mendapatkan farming terlebih dulu.

D

Def (Defense)

Ini merupakan singkatan dari defense. Yakni, aksi tim atau beberapa hero untuk mempertahankan turet atau base.

Disable

Kemampuan hero untuk membuat lawan tidak berkutik. Kemampuan ini terdiri dari berbagai jenis, contohnya adalah stun, silent, slow, dan masih banyak lagi.

DPS

Singaktan dari Damage per Second. Yakni jumlah damage total yang bisa dihasilkan hero setiap detik. Istilah DPS biasanya dihitung berdasarkan serangan dasar.

Istilah dalam Mobile Legends Farming (Metaco)
Istilah dalam Mobile Legends Farming (Metaco)

E

Early Game

Masa awal pertandingan.

F

Farming

Aktivitas mengeliminasi monster di jungle atau minion untuk mengumpulkan gold.

Feed/Feeder

Istilah pada Mobile Legend ini mengacu pada anggota yang kerap mati dalam pertandingan. Soalnya, jumlah kill dari lawan bisa merugikan tim mu karena membantu lawan mengumpulkan skor, gold, dan exp.

Flicker

Berpindah posisi dalam jarak tertentu ke arah yang ditentukan. Biasanya perpindahannya berdasarkan pada garis lurus. Kemampuan dari spell yang bisa dipilih ini memiliki cooldown sebesar 120 detik.

G

GG (Good Game)

Artinya “Permainan yang Bagus”. Ini adalah pujian yang diberikan jika seseorang menunjukkan permainan yang baik dan mengundang decak kagum.

GGWP (Good Game Well Played)

Istilah ini kerap disampaikan ketika game usai. Di lain kesempatan, juga digunakan untuk mengejek musuh jika permainannya menguntungkanmu dan tim.

Ganking

Menyergap musuh secara bersamaan dari dalam semak.

H

Heal

Mengembalikan HP (Health Point) atau darah yang berkurang. Pemain Indonesia ada juga yang menyebutnya sebagai ‘Isi Darah’/

Hyper Carry

Strategi pertandingan dimana tim bakal mengutamakan satu hero agar build item dan level-nya jadi terlebih dulu. Strategi ini muncul setelah Moonton mengeluarkan patch bulan November lalu yang menjadikan 2 monster bisa memberi efek buff yang berbeda.

I

Invis

Singkatan dari invisible, yakni skill aktif dari item yang membuat pengguna item dan beberapa hero di sekitarnya jadi nggak terlihat. Efek invisible juga bisa didapatkan dengan bersembunyi di rumput atau hutan.

Inspire

Salah satu spell yang melemahkan pertahanan lawan serta menambah kecepatan serangan fisik selama 5 detik. Spell ini memiliki cooldown 60 detik.

Iron Wall

Selama 3 detik mengurangi efek dari physical magic damage sebesa 40% serta mengurangi efek dari hero mage. Salah satu jenis spell ini memiliki cooldown 60 detik.

J

Jungle

Hutan di mana hero bisa farming Creep untuk mendapat tambahan gold atau buff.

Jungling

Aktivitas membunuh monster, baik di wilayah musuh atau wilayah sendiri, untuk mengumpulkan gold dan EXP secepat mungkin.

L

Late Game

Paruh akhir dari pertandingan. Biasanya ditandakan dengan rata-rata hero sudah menggunakan build item penuh serta level 15.

Last Hit

Hit terakhir yang diberikan hero pada minion atau hero. Ini penting karena hero terakhir menentukan poin eliminasi dimiliki siapa dan membantu hero mendapatkan lebih banyak gold dibandingkan hero yang assist.

Lord

Monster terkuat di Mobile Legend. Jika kamu membunuhnya, Lord akan muncul dari base-mu dan melaju ke base musuh dengan lintasan yang jumlah turet-nya paling sedikit.

M

Mabar

Singkatan dari Maen Bareng. Biasanya disampaikan dalam bentuk ajakan untuk bermain bersama teman atau rekan tim.

Hero meta Mobile Legends (Blogspot)
Hero meta Mobile Legends (Blogspot)

MMR

Istilah dalam Mobile Legend ini merupakan singkatan dari Match Making Rating. Artinya, rating penilaian yang didapat dari jumlah permainan menggunakan hero tertentu yang dibandingkan dengan jumlah kekalahan dan kemenangan.

Mid

Jalur tengah dari peta Land of Dawn.

MM

Singkatan dari Marksman. Ini merupakan role hero yang melancarkan serangan jarak fisik dari jarak jauh. Contohnya seperti Granger, Irithel, Lasley, dan masih banyak lagi.

Meta

Hero yang memiliki damage berlebih dan cenderung mendekati OP (Over Powered). Penentuannya sendiri didapat berdasarkan update patch Mobile Legends yang kerap memberikan nerf atau buff untuk hero-hero tertentu.

N

Noob

Kata ini bersifat ejekan dan digunakan untuk mengejek pemain lama tapi kemampuannya masih buruk. Berbeda dengan Newbie yang berarti pemula, jadi bisa dimaklumi jika membuat kesalahan.

Nerf

Pengurangan kemampuan hero yang diberikan pengembang setiap update patch.

O

Open War

Memulai War berskala besar yang melibatkan lebih dari dua hero. Biasanya dimulai dengan inisiator (tank atau fighter) yang maju ke arah musuh untuk mengaktifkan skill disable lalu disusul hero meta atau carry di belakangnya untuk memberikan damage.

Offlaner

Pengelompokan hero berdasarkan specialty. Hero offlaner bertugas bermain sendirian dan menjaga jalur, sekalipun menghadapi 2 atau lebih hero lawan. Selain itu, hero offlaner juga bertugas menggangu carry lawan agar proses farming nggak berjalan lancar.

P

Push

Menyerang atau memukul mundur lawan agar kembali ke wilayahnya. Bisa dengan cara open war atau menghancurkan turet lawan.

Poke (Cicil)

Menyerang hero lalu lari dengan tujuan mengurangi HP hero lawan sedikit demi sedikit.

R

Report

Melaporkan pemain jika dirasa melanggar peraturan, contohnya seperti AFK, feeder, atau ketahuan menggunakan cheat.

Ganking di Mobile Legend (YouTube)
Ganking di Mobile Legend (YouTube)

Role

Pengelompokan hero berdasarkan peran. Terdiri dari support, marksman, mage, fighter, dan assassin.

S

Smurf

Akun baru atau kedua yang memiliki Win Rate dan KDA lebih kecil

Itulah berbagai istilah dalam Mobile Legend dan artinya yang wajib kamu ketahui. So, jangan sampai kamu dibacoti kawan gegara main nggak sesuai harapan, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi tutorial games terlengkap dari Droila. Cukup tekan tombol subscribe, maka kamu bakal mendapat pemberitahuan jika ada berita terbaru seputar teknologi, games, aplikasi, serta rekomendasi handphone terbaik di website ini.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like