Berkenalan dengan Jenis dan Fungsi Lensa HP, Fotografer Smartphone Wajib Tau

Fungsi lensa kamera HP (Android Authority)
Fungsi lensa kamera HP (Android Authority)

Saat membeli smartphone, salah satu fitur yang paling diperhatikan adalah kemampuan kamera. Dan kini, sudah ada banyak HP yang didukung beberapa lensa. Paling sedikit didukung dua lensa. Sedangkan yang paling banyak mencapai lima. Tapi, apakah kamu tahu jenis dan fungsi lensa HP tersebut?

Jika kamu hanya memanfaatkan kamera HP untuk sekadar foto dan mengabadikan momen, wajar jika kamu tidak terlalu memperhatikannya. Sebab, yang terpenting hanyalah bagaimana setup kamera yang dimiliki perangkat bisa membantumu menghasilkan gambar terbaik.

Sebaliknya, bagi kamu yang punya hobi fotografi HP, wajib tahu fungsi dan jenis lensa pada smartphone. Sehingga, kamu benar-benar bisa mengoptimalkan kemampuan masing-masing lensa untuk menghasilkan foto yang lebih maksimal.

Fungsi kamera HP (Gamebrott)
Fungsi kamera HP (Gamebrott)

Fungsi Lensa Kamera HP dan Jenisnya

Masing-masing kamera memiliki lensa untuk mengarahkan cahaya serta sensor yang berfungsi menangkapnya. Keduanya memengaruhi kualitas dari hasil jepretan.

Selama beberapa tahun terakhir, produsen HP sudah menambahkan makin banyak lensa di bagian kamera belakang. Sehingga menghasilkan istilah HP dua kamera, empat-kamera, hingga lima kamera.

Lantas, apa sih fungsi masing-masing lensa HP tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tim Droila sudah merangkumkan dari Popsci terkait informasi ini. Jika kamu ingin memaksimalkan hasil fotografi HP, wajib deh membaca uraian di bawah.

Fungsi Kamera Ultra Wide atau Wide-Angle

fungsi lensa ultra-wide angle (Android Authority)
fungsi lensa ultra-wide angle (Android Authority)

Secara sederhana, lensa ini yang paling kerap dipakai ketika kamu mengambil foto dari satu objek. Baik itu foto pemandangan atau foto wajah teman.

Seperti namanya, kamera mampu menangkap objek yang lebih luas, dengan jarak yang sedikit “menjauh”. Maksudnya, seakan-akan Anda mundur beberapa langkah ke belakang. Alhasil, kamu bisa mendapatkan lebih banyak objek dalam satu bingkai.

Kini, kamera ultra lebar sudah umum kita temui pada HP harga 2 jutaan. Biasanya jadi kamera kedua pada beberapa model, seperti Infinix Zero 8 (review), Redmi 9 (review), atau Redmi 9T (review).

Beberapa ponsel flagship bahkan menggunakan lebih dari satu kamera ultra-wide. Contohnya seperti iPhone XS Max yang memiliki dua kamera sejenis. Alhasil, foto landscape yang diambil dari ponsel ini terlihat lebih ciamik dengan warna yang dinamis.

Terdapat beberapa pengaturan yang wajib kamu ketahui. Pastikan untuk selalu memperhatikan focal length dari lensa dan field of view. Sehingga kamu bisa mengukur berapa jumlah objek yang bisa dimasukkan ke dalam satu frame foto.

Focal length pendek dengan fields of view yang tinggi memungkinkanmu untuk menangkap lebih banyak objek. Begitu pula sebaliknya. Alhasil, kamera ultra-wide merupakan pilihan terbaik jika kamu ingin mengambil foto grup.

Fungsi  Kamera Telephoto

Lensa telephoto pada Galaxy S21 Ultra 5G (XDA-Developers)
Lensa telephoto pada Galaxy S21 Ultra 5G (XDA-Developers)

Saat ini, HP yang dibekali kamera telephoto masih terbatas. Pasalnya, vendor baru menanamkan jenis lensa kamera ini pada smartphone flagship saja. Contohnya seperti Huawei P40 Pro (review), Samsung Galaxy S20 (review), atau Oppo Reno 10x Zoom.

Lensa ini menawarkan kemampuan khusus berupa pembesaran optical zoom. Mulai dari 2x, 3x, hingga yang paling besar mencapai 100x. Pada Samsung Galaxy S20 dan Galaxy S21 Ultra (review), pengguna bisa mendapatkan foto objek berjarak beberapa kilometer dengan hasil yang jernih dan detail.

Kamera Monokrom B/W

Kamera monokrom pada HP (Digital Trends)
Kamera monokrom pada HP (Digital Trends)

Beberapa kamera smartphone punya sensor yang dikhususkan untuk mengambil foto monokrom. Keuntungan dari foto monokrom dalam bentuk B/W (Black/White) yakni ketajaman. Hal itu pula yang membuat beberapa fotografer lebih menyukai foto tanpa warna.

Meskipun lensa HP ini teruji fungsi dan keunggulannya, cuma ada beberapa model saja yang ditanami. Beberapa ponsel dari Huawei dan Honor menggunakannya. Pula, beberapa seri keluaran Motorola atau Nokia.

Sensor Kedalaman

Fungsi sensor kedalaman (Quora)
Fungsi sensor kedalaman (Quora)

Kalo kamu menemukan HP yang dibekali sensor kedalaman, maka ponsel tersebut dirancang mampu menjalankan satu fungsi khusus; yakni mengukur kedalaman ruang. Artinya, kamu bisa mendapatkan efek blur layaknya fotografer profesional.

Tak hanya itu, ponsel tersebut juga memiliki Kecerdasan Buatan dengan kemampuan rendering yang lebih baik –baik lewat kamera depan maupun kamera belakang. Sayangnya, HP flagship dan ultra-premium mulai menambahkan fungsi dari lensa ini ke kamera lain. Contohnya seperti kamera ultra-lebar atau telefoto.

Sensor Makro

Fungsi sensor makro (GSMArena)
Fungsi sensor makro (GSMArena)

Jika Anda terbiasa mengambil foto closeup, maka Anda membutuhkan dukungan sensor makro tambahan. Beruntungnya, sensor ini lebih banyak digunakan ketimbang sensor monokrom B/W. Sehingga, memudahkan kamu yang memiliki ponsel kelas menengah untuk melanjutkan hobi fotografi.

Seperti namanya, fungsi lensa HP jenis makro memungkinkanmu untuk mengambil foto closeup ekstrem. Artinya, jenis foto yang ingin mendapatkan detail dari satu objek tertentu. Misal foto hewan, bunga, atau objek-objek lainnya.

Kamera HP terus berkembang dan dikembangkan. Tak menutup kemungkinan jika di masa depan kita akan menemukan lebih banyak lensa kamera HP –dengan fungsi yang lebih spesifik. Dan untuk sementara waktu, baru ada lima jenis dan fungsi lensa HP yang wajib kamu ketahui. Tentunya biar hasil jepretan lebih optimal, bukan?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like