Memahami Kabel Data HP: Jenis, Susunan, Serta Cara Memilih yang Bagus dan Terbaik

Isi ulang daya menggunakan kabel data (TheWireCutter)
Isi ulang daya menggunakan kabel data (TheWireCutter)

Kini, kita bisa menemukan kabel data USB (Universal Serial Bus) di mana saja. Terutama kalo kamu ingin isi ulang daya perangkat elektronik; mulai dari handphone, tablet, kamera, hingga laptop. Padahal, kabel data sendiri hadir dengan beragam bentuk dan tipe. Maka dari itu, kali ini tim Droila bakal menguraikan jenis kabel data, komponen, serta bagaimana cara memilih yang awet.

Bagi sebagian pembaca, mungkin informasi ini nggak terlalu penting. Apalagi kalo kamu masih menggunakan tipe kabel data mikro. Ini merupakan jenis yang masih banyak digunakan dan mudah ditemukan penjualnya.

Hanya saja, untuk kamu yang sudah menggunakan jenis kabel data berbeda –misal kabel data tipe C, tentu penting kiranya untuk mengetahui macam-macam tipenya. Setidaknya, bisa menyelamatkanmu dari pengalaman salah membeli barang.

Dan untuk melengkapinya, penulis juga sudah menyiapkan cara memilih kabel data yang bagus. Mau tahu lebih lengkap? Scrolling lagi aja, ya.

Macam-macam kabel data (GlobalSpec)
Macam-macam kabel data (GlobalSpec)

Macam-Macam Kabel Data

Sudah jadi kodrat dan hal yang wajar untuk membeli kabel data. Entah ketika bepergian karena kabel charger HP ketinggalan, atau akibat kabel sebelumnya rusak. Masalahnya, apakah kamu tahu jenis kabel data yang pas untuk perangkat?

Maka dari itu, sebelum beli, ketahui dulu apa saja macam-macam kabel data. Lebih lengkap, berikut ini uraiannya.

Kabel USB Tipe A

Kabel data tipe A (Amazon)
Kabel data tipe A (Amazon)

Ini adalah jenis yang paling mudah kita temukan. Terdapat di hampir semua jenis kabel data saat ini. Dan menggunakan kabel USB tipe A, kamu bisa menghubungkan beragam jenis perangkat; mulai dari handphone, kamera, keyboard, mouse.

Dalam hal fungsi, kabel tipe A bisa dipakai untuk isi ulang daya atau transfer data. Kamu tentu pernah melihat jenis kabel data ini, kan?

Kabel Data Tipe B

Kabel data tipe B (Alibaba)
Kabel data tipe B (Alibaba)

Dibandingkan dengan tipe A, jenis kabel data ini paling jarang dan mungkin sulit ditemukan. Soalnya, nggak semua perangkat menggunakan jenis kabel USB ini.

Biasanya, kabel data tipe B hanya digunakan pada perangkat printer atau scanner. Fungsinya tentu saja untuk menghubungkan printer atau scanner dengan komputer. Mungkin, kamu pernah menemukan kabel tipe B pada perangkat lain. Tapi, percayalah, sangat langka sekali ada perangkat yang menggunakan kabel ini.

Kabel Data Mini

Kabel data mini (Bukalapak)
Kabel data mini (Bukalapak)

Dulu, kabel data mini jadi standar dari beragam jenis perangkat. Terutama di masa awal pengembangan HP Android. Kamu tentu masih menginganya, bukan?

Tapi itu adalah dulu. Beberapa tahun lalu. Kini, kabel data mini digantikan oleh tipe kabel data mikro yang bakal dijelaskan di bawah.

Barangkali, kamu masih bisa menemukan beberapa perangkat yang didukung kabel data mini. Hanya saja, biasanya dipakai oleh telepon pintar seri lawas. Di samping itu, kabel data ini juga masih digunakan pada beberapa perangkat; misal kamera, pemutar MP3, dan konsol game.

Kabel Data Mikro USB

Kabel data mikro (RaceMeCanada)
Kabel data mikro (RaceMeCanada)

Inilah jenis data yang paling mudah kita temukan. Hampir semua perangkat Android masih didukung tipe kabel data ini.

Melansir dari Android Authority, ukuran kecil jadi salah satu penyebab mikro USB populer di kalangan produsen perangkat elektronik. Soalnya, bisa membantu produsen untuk merancang perangkat yang lebih tipis.

Selain handphone, kini kabel mikro USB juga digunakan di sebagian besar perangkat. Mulai dari speaker bluetooth, earphone nirkabel, smartwatch, dan masih banyak lagi.

USB-C

Kabel data tipe C (Kompas)
Kabel data tipe C (Kompas)

Sebelumnya dikenal sebagain kabel data USB tipe C, ini adalah jenis terbaru dari teknologi ini. Meskipun belum banyak, sebagian besar HP kelas menengah dan smartphone flagship sudah mulai menerapkan kabel data ini.

Menurut penelusuran penulis, ada dua keungulan USB-C dibandingkan jenis lain. Pertama yakni kecepatan data yang diakui lebih tinggi. Kedua adalah fleksibilitasnya; kamu bisa langsung mencolokkan kabel ke perangkat tanpa perlu memposisikan sesuai ukuran.

Itulah beberapa jenis kabel data yang mudah kita temui dan banyak digunakan saat ini. Ada jenis yang kurang populer dan mulai tergantikan, ada pula jenis yang sudah mulai diterapkan tapi terbatas pada perangkat jenis tertentu saja.

[Bonus] Cara Memilih Kabel Data yang Bagus

Setelah kamu mengetahui apa saja jenis kabel data, tentu jadi makin mudah mencari yang sesuai perangkat, bukan? Akan tetapi, masalah baru muncul tanpa kamu sadari; ada begitu banyak pilihan kabel data yang tersedia di pasaran.

Nah, berdasarkan penelusuran penulis, ada beberapa poin yang bisa kamu jadikan tolak ukur dalam memilih kabel data terbaik. Mau tahu apa aja? Simak terus uraian di bawah, ya.

Jenis kabel data (Fujifilm)
Jenis kabel data (Fujifilm)

Panjang Kabel Data

Layaknya jalan yang berfungsi menghubungkan satu lokasi dengan lokasi lainnya; begitulah fungsi kabel data. Alat ini bakal membantumu untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lain. Entah untuk transfer data atau sekadar isi ulang daya.

Maka, seperti jalan, panjang menjadi penentu kalo kamu ingin mendapatkan kecepatan transfer data atau daya yang tinggi. Selain itu tentu saja persoalan teknis; jenis kabel yang digunakan. Soalnya, jenis kabel nantinya mempengaruhi resistensi hingga akhirnya ke kecepatan.

Bahan Pembungkus Kabel

Coating atau pembungkus adalah lapisan material bagian terluar dari kabel. Singkatnya, bahan yang bisa kita ketahui dengan melihat dan meraba saja.

Umumnya, ada beberapa jenis coating yang digunakan; antara lain PVC, sintetis, karet, kulit, fiber kevlar, dan nilon. Kendalanya, untuk kamu yang awam mungkin bakal kesulitan untuk mengetahui jenis material coating.

Tapi tenang. Setiap kabel data yang bagus biasanya disertai keterangan jenis material pembungkus. Sehingga, kamu pun bisa memilih kabel data berdasarkan kemampuan coating  yang nggak mudah terkoyak, tahan air, serta menutup seluruh bagian kabel.

Fitur Tambahan

Kamu tentu pernah mendengar atau tahu jenis kabel data Fast Charging. Perlu diketahi, ini bukanlah jenis teknologi yang dipasangkan pada perangkat. Akan tetapi, ditanamkan pada adaptor atau kabel data.

Fitur inilah yang menyebabkan rata-rata harga kabel asli bawaan HP cenderung lebih mahal. Soalnya, kamu nggak akan mudah menemukannya dari merk lain. Dan sekalipun ada charger yang diklaim menggunakan fitur ini, baiknya sih diuji dulu untuk membuktikannya.

Nah, itulah beragam jenis kabel data dan cara memilih yang bagus dan terbaik. Semoga uraian di atas bisa membantumu untuk mendapatkan tipe kabel data terbaik, ya.

Jangan sampai ketinggalan informasi teknologi terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android atau iOS, serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like