Fotografer HP Wajib Tahu: Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan Kamera Zoom Periskop

Fotografer HP (Medium)
Fotografer HP (Medium)

Jadi fotografer HP kini semakin mudah dan bisa dilakukan semua orang. Selain dimudahkan oleh beragam pilihan perangkat teknologi fotografi handphone pun kian canggih. Dan salah satu teknologi terbaru adalah lensa periskop. Akan tetapi, apa sih kira-kira perbedaan antara lensa periskop dengan lensa telefoto? Wajib tahu deh kalo kamu beneran pengin jadi fotografer HP.

Kini, kamera menjadi fitur yang terpisahkan dari HP. Sejak kamera handphone pertama diluncurkan, fitur ini jadi fokus branding dari banyak OEM. Hingga akhirnya membuat banyak vendor pun menginvestasikan dana dalam jumlah besar demi menghasilkan hasil fotografi yang lebih baik.

Dan selama beberapa tahun terakhir,produsen HP mulai menyalurkan energi kreatif mereka demi menghasilkan teknologi kamera terbaik serta mengakomodasi lebih banyak sensor pada perangkat. Hasilnya, kini kita bisa menyaksikan peningkatan persaingan antar brand yang menawarkan jumlah sensor lebih banyak dengan harga yang makin terjangkau.

Kekurangan kamera periskop (XDA-Developers)
Kekurangan kamera periskop (XDA-Developers)

Ya, inovasi merupakan kunci untuk bertahan dalam lingkungan kompetitif ini. Dan satu teknologi kamera yang tengah jadi pusat inovasi adalah kamera zoom periskop. Dengan kemampuannya untuk memperbesar 5x atau 10x gambar optis, kamera ini menawarkan cara yang mudah dan cepat untuk menangkap gambar di kejauhan.

Nah, dalam artikel ini, penulis bakal menguraikan lebih dalam mengenai kamera periskop serta perbedaanya dengan kamera telephoto. Untuk kamu yang berminat jadi seorang fotografer HP, wajib deh baca ulasan di bawah.

Apa Itu Teknologi Kamera Zoom Periskop?

Apa itu kamera periskop (XDA-Developers)
Apa itu kamera periskop (XDA-Developers)

Sebagaimana yang bisa kita baca dari buku panduan Samsung, periskop merupakan alat optik yang memungkinkan pengguna melihat apa yang ada di sekelilingnya tanpa hambatan dan terlihat dari lingkungan sekitar.

Secara tradisional, alat ini terdiri dari kaca atau prisma yang dipantulkan dalam sudut yang tepat. Sehingga memungkinan orang untuk melihat apa yang ada di atas atau di bawahnya. Dan sebelumnya, kamu bisa melihat penerapan alat ini pada tank atau kapal selam.

Nah, mengapa kita membahas alat periskop tradisional yang mungkin sudah kamu pelajari dulu saat SMP atau SMA? Hal itu dikarenakan kesamaan prinsip kerja antara alat periskop dengan kamera periskop yang bisa ditemukan pada smartphone.

Alih-alih mampu memperbesar gambar 2x atau 3x secara optis, kamera periskop biasanya mampu menawarkan 5x atau 10x zoom dengan menggunakan lensa lebih dari satu. Maka dari itu, peran dari lensa periskop adalah untuk memperkuat susunan lensa tanpa meningkatkan ketebalan smartphone.

Perbedaan Antara Kamera Periskop dan Telephoto

Kelebihan kamera periskop (PocketNow)
Kelebihan kamera periskop (PocketNow)

Kamu tentu sudah lebih dulu mengenal apa itu kamera telephoto. Apalagi, Droila kerap menyebutkan jenis lensa ini dalam artikel rekomendasi handphone terbaik.

Agar lebih jelas, kamera ini biasanya berfungsi untuk memberi kemampuan zoom pada kamera HP. Ya, kamu bisa memperbesar obyek di kamera tanpa harus mendekatkannya. Nah, untuk kamera periskop, biasanya merupakan versi peningkatan dari kamera telephoto standar.

Meskipun berbeda dalam hal orientasi, telephoto dan periskop bisa dibedakan berdasarkan bentuk bukaanya. Bahkan, sangat mudah dibedakan. Soalnya, kamera periskop memiliki bukaan lensa berbentuk persegi panjang; sehingga mudah sekali diidentifikasi dibandingkan kamera jeni slain.

Sementara itu, untuk kamera telephoto, menggunakan bukaan berbentuk lingkaran dan sulit diidentifikasi.

HP dengan Kamera Zoom Periskop, HP yang Cocok untuk Fotografer

Kamera periskop untuk fotografer HP (Mashable)
Kamera periskop untuk fotografer HP (Mashable)

Salah satu ponsel yang sudah diakui banyak banyak dipakai fotografer handphone adalah Huawei P30 Pro (review). Ini merupakan ponsel pertama yang dibekali 5x zoom periskop. Setelah itu diikuti oleh Oppo Reno 10x Zoom Edition.

Nggak butuh waktu lama bagi Samsung buat mengikuti jejak Huawei dan Oppo. Awal tahun ini, perusahaan pun meluncurkan Samsung Galaxy S20 Ultra (review) menawarkan kamera periskop yang memiliki aperture f/2.5.

Lensa periskop (Pocketnow)
Lensa periskop (Pocketnow)

Selang lama sejak Huawei pertama kali memperkenalkan seri P30 Pro, Vivo X30 Pro pun diluncurkan dengan tagline “HP Kamera Periskop Teranyar”. Sayangnya, Vivo enggan mendistribusikan HP ini ke negara lain. Ya, kamu Cuma bisa membeli dan menggunakannya di China saja.

Xiaomi, perusahaan yang usianya relatif muda dibandingkan kompetitor, juga memiliki ponsel unggulan sesuai trend ini. HP pertama yang diluncurkan perusahaan dengan modul periskop zoom yakni Mi 10 Youth Edition. Satu lagi perangkat yang eksklusif untuk pasar Tiongkok saja.

Selanjtunya, Realme hadir dengan HP flagship killer –tak lain adalah Realme X3 SuperZoom. Ditenagai chipset Snapdragon 855, ini merupakan salah satu HP yang cocok untuk fotografer. Mengingat performa serta kelengkapan modul lensa yang sudah ditanamkan perusahaan.

Kelebihan Kamera Zoom Periskop

Setup kamera periskop (Samsung)
Setup kamera periskop (Samsung)

Seperti yang sudah sedikit digambarkan di atas, kemampuan zooming kamera HP berevolusi secara substansial selama satu dekade terakhir. Dan kemunculan kamera zoom periskop menjadi contoh yang baik jika membicarakan kemampuan zoom optik pada HP.

Kelebihan paling kentara dari kamera ini yaitu memberi pengguna kebebasan dan kemudahan untuk menangkap objek atau pemandangan dari jarak jauh tapi hasilnya sebanding dengan kamera point-and-shoot tanpa perlu menggerakan lensa.

Selain itu, orientasinya yang tegak lurus memungkinkan produsen HP untuk menyesuaikannya dengan desain serta kebutuhan jumlah lensa dari perangkat tanpa berdampak besar pada harga maupun ketebalan perangkat.

Akan tetapi, tentu kamera ini memiliki beberapa kekurangan. Dan agar kamu makin paham, simak uraian di bawah, ya.

Kekurangan Kamera Zoom Periskop

Memang, seperti yang sudah berulangkali diuraikan, kamera zoom periskop mampu menambah kemampuan zoom dari lensa sehingga memudahkan pengguna menangkap obyek atau pemandangan dari jarak jauh.

Akan tetapi, kamera ini juga memiliki kelemahan. Biasanya, kamera zoom periskop hadir dengan focal length –dan berdampak pada kemampuan zooming- dengan nilai yang sudah ditetapkan. Keterbatasn ruang di dalam setup kamera mencegah susunan lensa untuk bergerak terlalu banyak.

Maka, biasanya, gerakan hanya mampu memfasilitasi autofokus –bukan zooming in atau out. Oleh karena itu, kamu tetap nggak serta merta bebas untuk menggerakkan zoom kamera –seperti yang bisa kamu dapatkan dari kamera DSLR atau mirrorless.

Terlepas dari kelemahan yang sudah kita uraian di atas, penulis tetap mengakui kalo ini merupakan teknologi yang wajib dibeli oleh para penggemar dan yang aktif fotografer HP. Soalnya, memungkinkanmu menghasilkan gambar yang lebih variatif dari sisi jarak, ruang, dan warna.

Jangan sampai ketinggalan informasi teknologi terupdate dari Droila yang hadir setiap hari. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, games, software, tips HP Android atau iOS serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like