Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy M21: HP Kamera Murah yang Baterai Jumbo!

Kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy M21 (GSMArena)
Kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy M21 (GSMArena)

Bulan Maret tahun lalu merupakan momen di mana Samsung meluncurkan HP murah unggulannya. Tak lain adalah Galaxy M21, yang didukung setup kamera menawan dengan baterai berkapasitas raksasa! Jika tertarik beli, yuk kenali dulu kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy M21

Di tengah kompetisi yang makin sengit, Samsung masih diakui sebagai salah satu produsen smartphone yang cukup produktif. Perusahaan asal Korea Selatan ini senantiasa memperkenalkan smartphone barunya setiap bulan.

Namun, di antara beragam pilihan yang ditawarkan perusahaan, Galaxy M21 masih jadi model terbaik untuk segmen HP murah. Menawarkan berbagai teknologi canggih, ponsel entry-level ini dibanderol dengan harga cuma Rp2 jutaan.

Berkat itu, Galaxy M21 terbukti jadi salah satu ponsel yang paling dicari. Apalagi, HP Samsung murah terbaik ini juga dibekali dengan berbagai fitur mumpuni. Dua fitur unggulannya yakni setup kamera yang menjanjikan hasil optimal serta baterai berkapasitas jumbo.

Eits, jangan terburu-buru beli. Sebelum memutuskan untuk memiliki ponsel ini, baiknya sih kenali dulu bagaimana kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy M21. Dengan begitu, kamu bisa menghindari rasa kecewa ketika ada beberapa bagian dari perangkat yang tidak sesuai harapan.

Tanpa panjang lebar, yuk simak uraian spesifikasi, harga terupdate, serta kelebihan dan kekurangan Samsung M21 di bawah ini.

Desain Galaxy M21 (Samsung Indonesia)
Desain Galaxy M21 (Samsung Indonesia)

Spesifikasi Samsung M21

Sekilas, ponsel ini terlihat mirip dengan saudaranya yang diluncurkan juga diluncurkan tahun 2020, yakni Galaxy M31. Tapi, tenang saja, di atas kertas, ada beberapa perbedaan komponen di antara keduanya. Maka, wajar jika kedua perangkat dijual dengan harga berbeda.

Untuk perangkat yang memiliki baterai kapasitas 6000 mAh, bobot Samsung Galaxy M21 terbilang ringan. Satu fitur yang membuat ponsel ini lebih unggul ketimbang model lain.

Sayangnya, perusahaan lebih memilih body dari material plastik. Menjadikan permukaan perangkat lebih licin dan terkesan murah. Tapi, hal itu tak akan jadi masalah kalo kamu melapisi perangkat dengan case, bukan?

Layar Samsung M21 (Samsung Indonesia)
Layar Samsung M21 (Samsung Indonesia)

Di bagian belakang, kamu bakal menemukan modul berbentuk persegi. Modul tersebut berisi setup tiga kamera serta LED flash. Masing-masing kamera memiliki kemampuan 48MP lensa wide dengan fitur PDAF, 8MP lensa ultra lebar, serta 5MP sensor kedaman.

Fitur fotografi yang bisa kamu manfaatkan terdiri dari mode panorama dan HDR. Di samping itu, ponsel ini juga bisa menghasilkan rekaman video berkualitas 4K. Sayangnya, perusahaan tidak membekali Galaxy M21 dengan OIS sebagai stabilisator gambar.

Sementara itu, kamera depan tersimpan pada notch berbentuk waterdrop. Yang mengagumkan, kamera selfie ini memiliki kemampuan 20MP lensa wide. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan mode HDR pada kamera tersebut.

Kamera belakang Samsung Galaxy M21 (Samsung Indonesia)
Kamera belakang Samsung Galaxy M21 (Samsung Indonesia)

Meskipun kemampuannya cukup mengagumkan, sayang Samsung malah memilih notch dengan bentuk tersebut. Soalnya, kini kita sudah mudah menemukan desain kamera selfie yang lebih keren, yakni punch-hole.

Tapi itu cuma beberapa kelemahan yang dimiliki perangkat ini. Dan selain kelemahan, ponsel ini juga memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan model lain di segmen entry-level. Di bagian depan, Samsung melapisi perangkat dengan panel Super AMOLED. Layar ini memiliki panjang diagonal 6,4 inci.

Berkat layar tersebut pula kamu bisa lebih tenang ketika membuka perangkat di bawah terik sinar matahari. Seperti diketahui, layar AMOLED mampu menghasilkan warna yang lebih detail sekalipun terpapar sinar dari luar.

Performa gaming Galaxy M21 (Samsung)
Performa gaming Galaxy M21 (Samsung)

Terlebih, layar ini juga dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Sehingga, kamu bisa tenang terhadap ancaman berupa goresan atau benturan.

Masuk ke bagian jeroan, Samsung Galaxy M21 mengandalkan chipset Exynos 9611. System on Chipset yang dikembangkan Samsung ini memiliki delapan inti serta didukung GPU Mali-G72. Performa pun bakal lebih kencang berkat dukungan RAM 4GB dengan penyimpanan 64GB.

Fitur-fitur lain yang wajib disebutkan yakni dukungan Android 10 yang bisa ditingkatkan ke Android 11, UI Customization One UI 3.0, baterai berkapasitas 6.000 mAh, serta pengisian daya cepat 15W.

Harga Samsung Galaxy M21 Terbaru

Kelebihan dan kekurangan Samsung M21 (Gadgetbridge)
Kelebihan dan kekurangan Samsung M21 (Gadgetbridge)

Samsung meluncurkan Galaxy M21 untuk pasar global pada bulan Maret 2020. Kemudian, Samsung Indonesia memboyong perangkat ini ke tanah air pada bulan April dan mulai dijual pada bulan Mei.

Saat itu, Samsung Indonesia membanderol Galaxy M21 dengan harga Rp3,2 juta. Dan beruntungnya, kini harga Samsung M21 sudah jauh lebih murah.

Berdasarkan keterangan yang penulis dapat dari website resmi Samsung Indonesia, harga Galaxy M21 terbaru kini cuma Rp2,599 juta saja. Turun hampir Rp700 ribu dibandingkan saat ponsel ini diluncurkan.

Namun, berdasarkan penelusuran penulis pada beberapa situs online, Galaxy M21 bahkan dijual jauh lebih murah. Maka, untuk kamu yang tertarik memiliki HP Samsung murah ini, penulis sudah menyiapkan tautan menuju masing-masing toko online.

Langsung aja klik dan cek harga Samsung M21 terbaru melalui tombol di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M21

Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy M21 (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy M21 (Dok.Istimewa Droila)

Harus diakui bahwa Samsung sukses menawarkan perangkat yang benar-benar menggoda. Kombinasi antara daya tahan panjang, layar yang mampu menghasilkan grafis menawan, serta harga yang cukup terjangkau.

Tapi, bukan berarti perangkat ini hadir tanpa kelemahan. Agar kamu lebih mengenalinya, berikut ini uraian kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy M21 yang wajib diketahui. Cekidot, Gan.

Kekurangan

  • Performa gaming tidak terlalu memasukan
  • Pengisian daya cepat masih kurang kencang
  • Tanpa dukungan OIS
  • Body dari material plastik membuat permukaan lebih licin
Daya tahan baterai Samsung M21 (Samsung Indonesia)
Daya tahan baterai Samsung M21 (Samsung Indonesia)

Kelebihan

  • Bobot yang cukup ringan dibandingkan ponsel lain di segmen yang sama
  • Layar AMOLED yang mendukung streaming dengan gambar berkualitas HD
  • Baterai berkapasitas jumbo
  • Didukung slot kartu SD
  • Fitur keamanan biometric

Kesimpulan: Masihkah Relevan dan Menguntungkan Untuk Dibeli Saat Ini?

Dapur pacu Samsung Galaxy m21 (Samsung)
Dapur pacu Samsung Galaxy m21 (Samsung)

Menurut penulis, Galaxy M21 merupakan salah satu ponsel tangguh milik perusahaan untuk segmen entry-level. Memang, dalam hal fitur dan desain, ponsel ini tidak dibekali inovasi tertentu. Hanya mengulang pola lama yang dijamin mudah dalam menarik perhatian pasar.

Tapi, itu tidaklah sepenuhnya buruk. Apalagi, pola tersebut merupakan formula yang didapatkan perusahaan usai bertahun-tahun bermain dalam pasar smartphone.

Bagian belakang Samsung Galaxy M21 (Smartprix)
Bagian belakang Samsung Galaxy M21 (Smartprix)

Tentu, kita bisa sedikit bersyukur dengan dukungan baterai berkapasitas besar. Maka, wajar kiranya Anda merasa kesulitan untuk melepaskan pandangan dari perangkat ini. Benar-benar menggoda!

Usai sudah uraian hari ini mengenai kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy M21. Semoga uraian di atas bisa membantu Anda dalam menentukan keputusan terkait ponsel yang ingin dibeli.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like