Kelebihan dan Kekurangan Advan G9 Perfecto: Ponsel Gaming Baru dan Murah Buatan Dalam Negeri

Kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto (YouTube)
Kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto (YouTube)

Advan G9 Perfecto adalah model baru dari Advan G9 series yang diluncurkan awal Agustus lalu. Untuk pembaca yang tertarik memiliki, simak dulu review singkat HP murah baru ini. Selain itu, kenali pula bagaimana kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto, ya.

Mendekati akhir tahun, Advan Indonesia semakin agresif untuk menguasai kelas entry-level. Bisa kita lihat dari strategi peluncuran produk baru yang dilakukan dalam waktu berdekatan.

Setelah sebelumnya sukses memperkenalkan dua model anyar pada awal Agustus lalu. Perusahaan pun tak menunggu waktu lama untuk memperkenalkan seri terbarunya.

Diberi nama Advan G9 Perfecto, seri ini melengkapi dua Advan Series yang sudah diluncurkan November 2020 lalu. Yakni seri Advan G9 dan G9 Pro.

Lalu, bagaimana performa dan penilaian HP Advan terbaru ini? Serta, akankah Advan G9 Perfecto sukses menjadi pilihan di tengah pilihan HP entry-level yang semakin banyak?

Untuk mengetahui jawaban tersebut, tim Droila sudah mengumpulkan berbagai informasi yang kamu butuhkan. Seperti spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto.

Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah ini, ya.

Spesifikasi dan harga Advan G9 Pro (Advan Digital)
Spesifikasi dan harga Advan G9 Pro (Advan Digital)

Spesifikasi Advan G9 Perfecto

‘Perfecto’ merupakan kata dalam bahasa Spanyol yang berarti sempurna. Dan dari kata tersebut, Advan seakan ingin bahwa seri ini merupakan varian pamungkas yang berisi berbagai teknologi canggih.

Lalu, bagaimana sih kecanggihan HP Advan terbaru ini? Lebih lengkap, simak penjelasan yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber berikut ini.

Desain

Di masa digitalisasi seperti saat ini, kebutuhan akan layar berukuran lebar makin meningkat. Bisa kita lihat dari penambahan ukuran sejumlah ponsel kelas menengah hingga entry-level.

Ingin menghadirkan pengalaman yang sesuai kebutuhan pengguna, perusahaan menawarkan dimensi perangkat yang lebih lebar. Serta layar berukuran yang lebih lebar.

Seperti umumnya ponsel murah, Advan G9 Perfecto hadir dengan balutan material plastik. Kamu pun tak akan menemukan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass di bagian depan. Sehingga, jika tertarik membeli, harap lebih berhati-hati selama mengoperasikannya, ya.

Desain Advan G9 Perfecto (Advan Digital)
Desain Advan G9 Perfecto (Advan Digital)

Layar

Bagian layar juga tak luput dari peningkatan. Perusahaan menambahkan ukuran layar sehingga tampak lebih lebar. Jadi, pas untuk berbagai kegiatan yang dilakukan secara online, bukan? Seperti webinar, sekolah online, dan masih banyak lagi.

Namun, dari segi pilihan teknologi, tak ada yang baru dari perangkat ini. Seperti HP entry-level lainnya, Advan G9 Perfecto mengandalkan layar IPS LCD berukuran 6,6 inci.

Layar ini mampu menghasilkan grafis berkualitas 720×1600 piksel. Yang jelas, sudah lebih dari cukup dengan grafis yang memanjakan pandangan pengguna.

Performa Advan G9 Perfecto (Instagram @Advan)
Performa Advan G9 Perfecto (Instagram @Advan)

Dapur Pacu

Sayang, pembaruan tak akan kita temukan di bagian dapur pacu. Soalnya, Advan diketahui menggunakan chipset yang sama seperti miliki Advan G9. Yakni chipset Unisoc SC9863A.

Memang, dalam hal performa, chipset ini cukup bisa diandalkan. Buktinya, Unisoc SC9863A bisa kita temukan pada sejumlah perangkat di Indonesia. Seperti Realme C11 2021, Alcatel 1, bahkan Advan G5.

Namun, menurut penulis, pemilihan chipset lawas pada ponsel yang ingin mewujudkan ‘Kesempurnaan’ tampaknya terasa sayang. Apalagi, perusahaan sudah mengandalkan chipset ini sejak Advan G5 yang diluncurkan tahun lalu.

Tak hanya itu, pemilihan memori pun terasa kurang. Ketika produk kompetitor sudah berani menanamkan RAM dan penyimpanan internal berkapasitas besar, Advan malah hanya membekali G9 Perfecto dengan konfigurasi 4GB/32GB.

Kamera Advan G9 Perfecto (Google User)
Kamera Advan G9 Perfecto (Google User)

Kamera

Total, terdapat lima buah kamera yang sudah ditanamkan perusahaan pada perangkat terbarunya ini. Empat buah kamera di belakang dan satu buah di depan.

Namun, dari sisi kemampuan, perusahaan cuma menjelaskan bahwa lensa utama bagian belakang memiliki resolusi 16MP. Sedangkan tiga kamera lainnya masing-masing berfungsi sebagai kamera beauty, kamera bokeh, dan kamera AI.

Ya, tanpa penjelasan lebih lanjut terkait kemampuan dari masing-masing kamera tersebut.

Sementara itu, kamera depan dibungkus notch berbentuk waterdrop. Ya, desain yang sedikit ketinggalan zaman jika kita bandingkan dengan sejumlah ponsel entry-level lainnya. Sedangkan kemampuan kamera ini sebesar 8MP.

Harga Advan G9 Perfecto

Harga Advan G9 Perfecto (Instagram @advan)
Harga Advan G9 Perfecto (Instagram @advan)

Barangkali, hal yang membuat Advan G9 Perfecto berani bersaing dengan produk lainnya adalah dari segi harga. Murah dan benar-benar menggoda!

Bagaimana tidak, berbagai teknologi canggih tersebut bisa kamu dapatkan hanya dengan harga di bawah 1,5 juta. Mengutip situs resmi Advan Digital, harga Advan G9 Perfecto terbaru dibanderol Rp 1,249 juta saja.

Dengan harga tersebut, kamu bisa mengandalkan performa dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 32GB. Tak hanya itu, ponsel anyar ini juga sudah menjalankan sistem operasi Android 10. Sehingga membuatnya makin menggoda.

Tertarik memiliki? Kamu nggak perlu googling dan pindah ke lain tempat. Penulis sudah menyiapkan daftar harga Advan G9 Perfecto di sejumlah toko online. Langsung cek harga Advan G9 Perfecto terbaru lewat tombol di bawah ini aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Advan G9 Perfecto

Spek lengkap Advan G9 Perfecto (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Advan G9 Perfecto (Dok.Istimewa Droila)

Melihatnya sekilas, jagoan anyar Advan ini memang terlihat menggoda. Apalagi, perusahaan sudah menawarkan desain serta warna baru yang melapisi bagian luar.

Tapi, jika kita bongkar bagian jeroan, kilau keindahannya pun berkurang. Lebih lengkap, yuk simak dulu kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto di bawah ini.

Kekurangan

  • Masih dibekali chipset lawas
  • Penyimpanan internal Cuma 32GB
  • Belum dibekali kamera ultrawide
Ukuran layar Advan G9 Pro (Advan Digital)
Ukuran layar Advan G9 Pro (Advan Digital)

Kelebihan

  • Harga terjangkau
  • Desain trendi
  • Konfigurasi empat buah kamera
  • Baterai berkapasitas besar, yakni 5.200 mAh
  • Android 10

Review Advan G9 Perfecto: Desain Asik, Harga Menarik

Review Advan G9 Perfecto (Instagram @advan)
Review Advan G9 Perfecto (Instagram @advan)

Seiring waktu berjalan, persaingan di segmen entry-level semakin ketat. Sejumlah produsen yang sebelumnya tak melirik segmen ini mulai menawarkan jagoannya. Tak hanya itu, bermunculan pula sejumlah brand baru yang juga ingin mengakuisisi pasar di segmen ini.

Maka, kita pun kini bisa mendapatkan lebih banyak HP 1 jutaan dengan spesifikasi yang menggoda. Mulai dari Redmi, Realme, hingga Samsung memiliki jagoannya di kelas ini. Sedangkan pemain baru seperti Tecno dan Infinix pun senantiasa mengembangkan produknya.

Dengan latar belakang kondisi tersebut, penulis menyayangkan pilihan perusahaan yang terkesan lambat dalam pengembangan. Memang, jika melihat pilihan, Advan memiliki lebih banyak produk untuk ditawarkan. Tapi, semuanya hampir seragam. Terutama di bagian jeroan.

Dan kondisi tersebut juga bisa kita dapati dari Advan G9 Perfecto. Jadi, untuk memperkirakan sambutan pasar pun tampaknya agak sulit. Apalagi, sekali lagi, kini sudah semakin banyak produk di segmen sejenis dengan spesifikasi yang lebih mumpuni.

Lalu, bagaimana menurut kamu? Yeay or Nay?

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Advan G9 Perfecto. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan sebelum beli HP Advan terbaru ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like