Kelebihan dan Kekurangan Advan GX: Gaming Oke, Harga Di Bawah 2 Juta!

Harga Advan GX (Blogspot)
Harga Advan GX (Blogspot)

Kompetisi segmen HP entry-level di Indonesia semakin ramai. Bulan Juli lalu, produsen ponsel lokal meluncurkan produk terbarunya -yakni Advan GX. Tertarik memiliki smartphone gaming murah ini? Simak dulu uraian review, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Advan GX di bawah.

Tahun 2021 memang jadi tahun yang cukup lesu bagi ekonomi. Tapi, di tengah kondisi tersebut, produksi HP masih berjalan tanpa henti.

Bahkan, baru-baru ini pasar ponsel Indonesia kedatangan dua penantang baru. Yakni Itel dan Tecno. Dua ponsel yang berdiri di bawah perusahaan pemilik Infinix. Dan yang mengagumkan, kedua brand HP baru tersebut juga menyasar segmen entry-level!

Kemudian, Advan Indonesia pun hadir lebih produktif. Bebarengan dengan peluncuran Advan G5 Plus, perusahaan juga memperkenalkan Advan GX.

Diklaim lebih bertenaga dan menarik di kelasnya, perusahaan menilai bahwa ponsel ini bakal jadi rajanya HP entry-level. Nah, apakah klaim tersebut hanyalah klaim kosong belaka? Atau Advan GX punya amunisi yang mendukung klaim itu?

Untuk mengupasnya, tim Droila sudah menyiapkan uraian seputar review, spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Advan GX. Simak uraian di bawah ini, ya.

Speifikasi Advan GX (Advan Digital)
Speifikasi Advan GX (Advan Digital)

Advan GX Spesifikasi

Kali ini, Advan Indonesia sukses menawarkan ponsel yang cukup menarik. Apalagi jika kita membandingkan spesifikasi Advan GX dengan HP entry-level lainnya. Membuat ponsel anyar ini cukup kompetitif.

Lantas, bagaimana spesifikasi Advan GX? Penasaran? Berikut ini penjelasannya.

Desain

Cantik dan cukup mencuri perhatian. Itulah kesan yang penulis dapatkan begitu memegang HP Android murah ini.

Bagian punggung dihiasi modul berbentuk persegi panjang serta panel sidik jari. Sementara itu, body perangkat dilapisi material plastik.

Yang menguntungkan, berbagai keunggulan itu bisa kamu dapatkan dengan harga di bawah Rp 2 juta saja. Cukup menggiurkan, bukan?

HP Advan GX (Advan Digital)
HP Advan GX (Advan Digital)

Layar

Inilah salah satu bagian yang menjadi keunggulan Advan GX. Bagaimana tidak, perusahaan sudah membekalinya dengan layar yang sangat lapang!

Ukuran layar Advan GX mencapai 6,8 inci. Jauh lebih lebar ketimbang ponsel entry-level lainnya. Dan aspek ini pula yang membuat Advan GX menawarkan pengalaman berbeda saat bermain game.

Seperti umumnya ponsel di kelas terebut, Advan GX mengandalkan panel IPS LCD. Grafis yang dihasilkan memiliki resolusi HD+. Ya, cukup memuaskan jika dipakai untuk gaming, streaming, atau bikin konten video.

Harga dan spesifikasi Advan GX (Facebook)
Harga dan spesifikasi Advan GX (Facebook)

Dapur Pacu

Sektor dapur pacu juga menjadi perhatian perusahaan. Dan meskipun masih mengandalkan System on Chipset milik Unisoc, seri yang dipakai kali ini lebih bertenaga. Bahkan, menurut klaim perusahaan, mengalahkan performa Snapdragon 660 dan MediaTek Helio G70!

Ponsel ini mengandalkan dapur pacu Unisoc Tiger T618. SoC ini tersusu atas dua ARM Cortex-A75 dan enam ARM Cortex-A55. Tak ayal, seri ini menjamin pemrosesan yang lebih kencang.

Di samping itu, masih ada dukungan RAM 6GB. Membuat ponsel bakal lebih kuat jika dipakai untuk kebutuhan multitasking. Sedangkan di bagian penyimpanan internal, perusahaan menanamkan memori berkapasitas 64GB.

Berkat berbagai peningkatan di sisi teknologi, Advan GX pun sudah mampu menjalankan Android 11. Jadi, kamu tak perlu khawatir ketinggalan tren jika membeli perangkat ini.

Review Advan GX (Advan Digital)
Review Advan GX (Advan Digital)

Kamera

Sektor kamera turut mendapat peningkatan. Total, terdapat lima buah lensa yang sudah ditanamkan perusahaan. Empat kamera terletak di belakang, dan satu buah di depan.

Kamera belakang dibungkus modul berbentuk persegi panjang. Di dalamnya juga terdapat tambahan LED Flash. Sedangkan masing-masing kamera memiliki kemampuan 48MP lensa wide, 8MP lensa ultra wide, 2MP lensa makro, dan 0,3 MP sensor kedalaman.

Sementara itu, kamera depan dibungku notch berbentuk tetesan air. Yang mengagumkan, kemampuan kamera selfie Advan GX yakni 25MP! Sehingga, kamu bisa mendapat hasil foto dari kamera depan yang lebih memuaskan.

Tak hanya itu, kamera depan Advan GX juga sudah dibekali teknologi Kecerdasan Buatan. Membuat ponsel ini mampu menjalankan fitur keamanan pemindaian wajah.

Harga Advan GX

Kelebihan dan kekurangan Advan GX (Advan Digital)
Kelebihan dan kekurangan Advan GX (Advan Digital)

Saat pertama kali Advan Indonesia memperkenalkan ponsel ini, Advan GX dijual dengan harga Rp 1,799 juta. Kini, dua bulan kemudian, harga Advan GX mencapai Rp 1,999 juta. Itu adalah harga yang penulis dapatkan dari situs resmi Advan Indonesia.

Beruntungnya, penulis menemukan harga yang lebih variatif melalui sejumlah toko online. Dan jika pembaca ingin mendapatkan harga Advan GX paling murah, langsung deh cek lewat tombol di bawah

Kelebihan dan Kekurangan Advan GX

Spek lengkap Advan GX (Dok. Istimewa/Droila)
Spek lengkap Advan GX (Dok. Istimewa/Droila)

Setelah mengetahui spesifikasi Advan GX, kini waktunya penulis menguraikan sejumlah kelebihan dan kekurangannya. Berdasarkan uji coba penulis, berikut ini kekurangan dan kelebihan Advan GX yang wajib kamu ketahui:

Kekurangan

  • Performa chipset Unisoc Tiger T618 masih kurang bertenaga
  • HP mudah panas
  • Tanpa dukungan mode gaming

Kelebihan

  • Desain menarik
  • Konfigurasi kamera dengan performa memuaskan
  • Android 11
  • Baterai berkapasitas besar
  • Harga di bawah Rp 2 juta

Review Advan GX: Solusi Menarik yang Lebih Irit

Kamera HP Advan GX (Advan Digital)
Kamera HP Advan GX (Advan Digital)

Dengan kehadiran Infinix dan Tecno, Advan memiliki kompetitor kuat di kelas entry-level. Sedangkan kedua perusahaan sudah lebih berani menawarkan perangkat yang didukung chipset dengan kemampuan lebih tinggi.

Memang, Advan GX bisa dipakai untuk memainkan sejumlah game berat. Tapi, dengan syarat, kamu harus mengaktifkannya dengan pengaturan grafis paling rendah. Jika tidak, gambar akan terlihat lebih berat, baterai cepat habis dan panas.

Hanya aja, jika untuk pemakaian sehari-hari, Advan GX memiliki performa yang cukup mumpuni. Baik untuk gaming, streaming, vlogging, atau dipakai untuk sekolah online. Apalagi, kamera depan dengan resolusi besar tentu menjanjikan gambar yang lebih mengagumkan.

Jadi, sudahkah Anda menentukan pilihan?

Usai sudah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Advan GX kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan sebelum beli perangkat ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like