BerandaGadgets7 Kelebihan dan Kekurangan Alcatel 1S: Pilihan Menarik HP Di Bawah 1,5...

7 Kelebihan dan Kekurangan Alcatel 1S: Pilihan Menarik HP Di Bawah 1,5 Juta

Pada Februari 2019, Alcatel kembali meramaikan pasaran smarthphone dengan merilis Alcatel 1S. HP entri ini murah, hanya Rp1 jutaan saja. Penasaran dengan HP-nya? Yuk simak kelebihan dan kekurangan Alcatel 1S.

Alcatel sebenarnya pernah merambah ponsel di Tanah Air. Produknya yang populer pada tahun 2015 adalah Alcatel Flash 2. Namun, karena adanya perubahan manajemen divisi ini dibubarkan pada 2017.

Saat itu, pemegang saham Alcatel adalah Nokia. Setelah TCL memperoleh lisensi dari Nokia, debut Alcatel pun dimulai kembali di pasaran Indonesia pada 2019. Alcatel 1S inilah yang menjadi penanda kembalinya Alcatel.

Spesifikasi Alcatel 1S

Sebagai ponsel kelas entri, tentu saja spesifikasi yang ditawarkan biasa-biasa saja. Namun, ada juga fitur yang menarik sehingga ponsel ini layak dibeli. Berikut ulasan spesifikasi Alcatel 1S selengkapnya yang sudah dihimpun Droila dari berbagai sumber.

spesifikasi alcatel 1s
spesifikasi alcatel 1s

Desain dan Layar

Bodi HP entry-level ini bisa dibilang mungil dan minimalis. Dimensinya 147,8 x 70,7 x 8,6 mm. Beratnya pun hanya 146 gram. Materialnya memang terbuat dari polikarbonat sehingga terasa ringan di genggaman.

Ada empat pilihan warna: Blue, Black, Gold, dan Rose. Warna Rose ini tentu menjadi daya tarik wanita. Apalagi bentuknya mungil sehingga terkesan imut dan feminin.

Mari kita lihat lebih spesifik. Di sisi kanan, terdapat tombol daya dan power. Namun, fingerprint masih diletakkan di belakang. Di sisi kiri, terdapat slot SIM dengan model Hybrid Dual SIM.

Kabar baiknya, ponsel ini masih menyertakan jack audio 3,5 mm. Namun, kabar buruknya, port USB-nya masih menggunakan model mikro. Terkesan jadul di masa kini.

Di bagian depan, ada layar IPS LCD 5,5 inci. Layar ini mampu menampilkan gambar dengan grafik beresolusi 720 x 1440 piksel atau HD+. Selain itu, layar ini juga mampu menampilkan 16 juta warna.

kekurangan alcatel 1s
kekurangan alcatel 1s

Performa dan Chipset

Alcatel 1S masih menggunakan sistem operasional Android 9.0 Pie. Belum ada keterangan apakah masih bisa di-upgrade. Mengingat kini, sistem operasional terbaru adalah Android 12.

Ponsel ini menggunakan chipset Unisoc SC9863 (28 nm). Chipset ini didukung CPU Octa-core 8 inti dengan kecepatan hingga 1,6 GHz. Sementara grafiknya didukung GPU IMG 8322.

Sayangnya, kapasitas RAM maupun ROM ponsel ini kecil. RAM-nya 3GB dan ROM hanya 32GB. Kamu bisa menambah memori eksternal. Namun, harus mengorbankan 1 SIM-card.

HP 1 jutaan dibekali dengan baterai Li-Ion 3060 mAH. Pengisian daya juga belum mendukung fast charging. Sehingga untuk mengisi daya dari 0% hingga penuh membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam

Daya tahan baterainya biasa saja. Untuk penggunaan normal dan di luar ruangan, lebih baik bawa powerbank atau charger.

Selain menggunakan fingerprint, kamu juga bisa menggunakan Face Unlock. Inilah fitur yang membuat ponsel ini masih belum terlalu ketinggalan zaman.

spesifikasi dan harga alcatel 1s
spesifikasi dan harga alcatel 1s

Kamera

Alcatel 1S menggunakan dual camera. Kamera utama belakang beresolusi 13 MP. Resolusi gambar yang dihasilkan mencapai 4160 x 3120 piksel. Kamera belakang ini dilengkapi LED Flash.

Kamera kedua merupakan kamera depth 2MP. Kamera belakang dilengkapi dengan fitur HDR.

Dalam hal kualitas perekaman, ponsel ini mampu menghasilkan video beresolusi 1080 piksel di 30 fps. Namun, belum ada fitur stabilisator. Ya, sesuai dengan harganya.

Kamera depan Alcatel 1S beresolusi 5 MP. Kamera depan ini juga memiliki fitur HDR. Sementara untuk kualitas perekaman videonya bisa mencapai 720 piksel di 30 fps.

hp alcatel 1s
hp alcatel 1s

Harga Alcatel 1S Terbaru

Saat pertama kali rilis, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp1,6 juta. Kini, harga Alcatel 1S dapat kamu beli dengan harga Rp1.350.000,00. Kamu bisa membeli secara online maupun online.

Berhubung HP ini sudah berusia 3 tahun. Mungkin agak susah menemukannya. Namun, kamu juga bisa membeli HP second. Hanya saja, lebih baik diteliti dan dipastikan kondisi masih normal dan original.

Tertarik beli? Tenang, kamu bisa langsung cek salah satu tombol di bawah ini. Kamu bisa cek harga Alcatel 1S terbaru di sejumlah toko online.



Kelebihan dan Kekurangan Alcatel 1S

SpesifikasiAlcatel 1S
DesainFrame dan body belakang terbuat dari material plastic
Berat146 gram
Dimensi147.8 x 70.7 x 8.6 mm
Layar5.5 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 74.4%
Resolusi720 x 1440 piksel
ChipsetUnisoc SC9863
GPUIMG8322
RAM3GB
ROM32GB
OSAndroid 9.0 Pie
Kamera Belakang13 MP, f/2.0, 1/3.1″, 1.12µm
2 MP, (depth)
FiturLED flash
HDR
Panorama
Video [email protected]
Kamera Depan5 MP, f/2.2, 1/5″, 1.12µm
FiturHDR
Video [email protected]
BateraiLi-Ion 3060 mAh, non-removable
WarnaBlue
Black
Rose
Gold
HargaRp 1.350.000 (Toko Online)
Tabel spesifikasi lengkap Alcatel 1S (Dok.Istimewa/Droila)

Setelah mengetahui spesifikasi dan harganya, yuk kita simpulkan kelebihan dan kekurangan Alcatel 1S.

Kekurangan

  1. Bagi sebagian orang, layar kurang lebar.
  2. Pengisian daya belum fast charging.
  3. Fitur kamera biasa saja.
  4. Chipset kurang mantap.
  5. Kapasitas memori kecil.

Kelebihan

  1. Desain mungil dan ringan.
  2. Memori eksternal dapat ditambahkan hingga 128 GB.
  3. Sudah support fingerprint dan Face Unlock.

Review Alcatel 1S

alcatel 1s
alcatel 1s

Spesifikasi yang dimiliki ponsel ini memang cenderung biasa-biasa saja. Aplagi bagian RAM 3GB. Padahal, HP masa kini memiliki RAM minimal 4GB agar bisa menginstal berbagai macam aplikasi primer.

Dengan kapasitas tersebut, tentu kamu harus pandai-pandai dalam memilih aplikasi mana yang memang harus dipasang.

Kapasitas baterai yang kecil tentu menjadi hal yang kurang menarik. Mengingat banyak masyarakat yang mengutamakan aspek baterai. Sekalipun itu adalah pengguna Android awam.

Ditambah masa pengisian yang lama. Hal ini membuat kamu harus berpikir berulang ketika ingin membawanya beraktivitas di luar. Hemat daya atau membawa powerbank.

Terlepas dari fitur-fiturnya yang terbatas, HP entry-level ini tak akan mampu bersaing lebih lama lagi. Banyak fitur yang kalah saing dengan kompetitor di kelasnya.

Jika kamu memiliki anggaran lebih, kamu bisa membeli seri terbarunya, yaitu Alcatel 1S NFC. Fitur-fiturnya sudah mengalami peningkatan. Harganya pun masih di kisaran Rp1 jutaan.

HP ini lebih cocok digunakan untuk anak-anak atau orang tua yang baru belajar menggunakan smartphone. Untuk anak muda yang kekinian dan orang yang sudah bekerja, HP ini kurang cocok.

Kebutuhan anak muda dan pekerja lebih kompleks. Kecuali, jika kamu menggunakan HP ini untuk pendamping.

Sekian ulasan kelebihan dan kekurangan Alcatel 1S. Setelah membaca artikel spesifikasi dan harga HP Android ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik