BerandaGadgets5 Kelebihan dan Kekurangan Alcatel 1SE: Udah Punya Kamera Ultrawide

5 Kelebihan dan Kekurangan Alcatel 1SE: Udah Punya Kamera Ultrawide

Alcatel 1SE dirilis pada 28 Oktober 2020. Ponsel kelas entri ini hanya dibanderol dengan harga Rp1 jutaan saja. Jika kamu tertarik membeli ponsel murah ini, kenali dulu kelebihan dan kekurangan Alcatel 1SE.

Kali ini Alcatel 1SE hadir dengan spesifikasi yang cukup komplet. Terutama bagian kamera telah mengalami peningkatan dari seri sebelumnya. Fitur-fitur yang lain juga patut dipertimbangkan. Berikut ulasannya.

Spesifikasi Alcatel 1SE

Alcatel yang sempat vakum ini rupanya kembali dengan produk yang menarik. Fitur-fiturnya berkualitas dan harganya pun tidak mahal. Inilah ulasan spesifikasi Alcatel 1SE yang wajib kamu tahu.

alcatel 1 se purple
alcatel 1 se purple

Desain dan Layar

Desainnya memang tak terlalu berbeda dengan seri Alcatel 1S. Bagian muka menggunakan desain mininotch. Bezelnya pun tipis sehingga tak ketinggalan zaman.

Ada dua varian warna: Agate Green dan Power Gray. Karena coraknya, permukaan belakang ponsel ini tampak mengkilap. Padahal permukaannya matte sehingga tidak licin di genggaman.

Di bagian belakang menggunakan material plastik, termasuk frame-nya. Di bagian belakang kamu akan melihat tiga kamera yang disusun vertikal. Di bawahnya ada lampu LED Flash. Fingerprint ada di sebelah kanannya.

Di sisi kanan, terdapat tombol daya dan volume. Di sisi kiri, ada slot SIM card dengan model hybrid. Ada juga tombol Google Assistant yang dapat membantumu sewaktu-waktu.

Sementara itu, di bagian bawah ada port micro-USB dan speaker. Kemudian, di sisi atas ada jack audio 3,5mm.

Secara keseluruhan, ponsel ini memiliki dimensi 159,2 x 75,2 x 8,7 mm. Nggak tipis-tipis banget. Beratnya sendiri hanya 175 gram. Jadi, mau dipegang lama-lama pun nggak akan cepat capek.

Alcatel 1SE menggunakan layar IPS LCD berukuran 6,22 inci. Layar ini mampu menampilkan gambar beresolusi hingga 720 x 1520 piksel. Kualitasnya lumayan baguslah untuk harga Rp1 jutaan.

hp alcatel 1se

Performa dan Chipset

Alcatel 1SE menggunakan sistem operasional Android 10. Ponsel ini tidak menggunakan chipset dari Qualcomm maupun MediaTek. Dia menggunakan Unisoc SC9863A (28nm).

CPU yang digunakan memiliki delapan inti. Kecepatannya sendiri mencapai 1,6 GHz. Untuk kualitas grafiknya, dipercayakan pada GPU IMG8322.

Alcatel 1SE yang dirilis di Indonesia menggunakan RAM 4GB. Kapasitas internalnya 64GB. Kamu juga bisa menambahkan memori eksternal hingga 32GB. Namun, kamu harus mengorbankan salah satu kartu SIM.

HP Android murah ini masih menggunakan baterai Li-Po 4.000 mAh. Memang bukan yang terbesar, tetapi daya tahan baterai ini cukup kuat untuk mendampingi aktifiktas seharian. Ingat, untuk penggunaan normal ya.

Sayangnya, ponsel ini belum mendukung teknologi fast charging atau pengisian daya cepat. Jadi, untuk mengisi daya sampai penuh, dibutuhkan waktu kurang lebih tiga jam.

Jika diperhatikan lagi, ponsel ini memiliki kualitas standar di kelasnya. RAM 4GB pun masih layak digunakan pada saat ini. Memang kapasitas internalnya minim sehingga kamu harus menambahkan memori eksternal.

Kemampuan ponsel ini cukup bisa diandalkan untuk berkomunikasi sehari-hari. Menjelajah sosial media pun masih oke. Untuk gaming, masih bisa memainkan game ringan.

alcatel 1se case

Kamera

Dengan harga Rp1 jutaan, HP entry-level ini memiliki kamera di belakang tiga buah. Kamera utama 13MP sudah dilengkapi autofokus. Kamera ultrawide 5MP, dan kamera depth 2MP.

Kamera belakang ini sudah memiliki fitur HDR dan panorama. Selain itu, kualitas video yang direkam mencapai 1080p di 30 fps. Sama halnya dengan kamera depan.

Kamera depan memiliki resolusi 5MP. Fiturnya juga sudah support HDR. Untuk foto selfi sudah cukup bagus saat mendapat pencahayaan yang tepat. Apalagi jika digunakan untuk video call, cukup okelah!

Harga Alcatel 1SE

harga alcatel 1se
harga alcatel 1se

Hingga saat ini, kamu masih bisa membeli ponsel ini secara offline. Namun, jika kesulitan, kamu bisa membelinya secara online. Harga Alcatel 1SE terkini adalah Rp1.799.000,00.

Dalam paket pembeliannya nanti, kamu akan mendapatkan 1 Alcatel 1SE. Di dalamnya juga ada charger, kabel pipih micro-USB, headset, SIM ejektor, case pelindung, pelindung layar, dan buku panduan serta kartu garansi.

Tertarik beli? Kamu bisa klik salah satu tombol di bawah ini. Kamu akan dibawa masuk ke sejumlah toko online. Sehingga, kamu bisa cek harga Alcatel 1SE terbaru setiap bulannya.



Kelebihan dan Kekurangan Alcatel 1SE

SpesifikasiAlcatel 1SE
DesainFrame plastik
Body plastik
Berat175 gram
Dimensi159.2 x 75.2 x 8.7 mm
Layar6.22 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 80.7%
Resolusi720 x 1520 piksel
ChipsetUnisoc SC9863A
GPUIMG8322
RAM4GB
ROM32GB
OSAndroid 10
Kamera Belakang13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.06″, 1.12µm, AF
5 MP, f/2.2, (ultrawide), 1/5.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash
HDR
Panorama
Video [email protected]
Kamera Depan5 MP, f/2.2, (wide), 1/5″, 1.12µm
FiturHDR Video [email protected]
BateraiLi-Po 4000 mAh, non-removable
WarnaAgate Green Power Gray
HargaRp 1.349.000 (Toko Online)
Spek lengkap Alcatel 1SE (Dok.Istimewa/Droila)

Setelah mengetahui spesifikasi dan harganya, tentu dapat dinilai kelebihan dan kekurangan Alcatel 1SE.

Kekurangan

  1. Masih menggunakan micro-USB.
  2. Belum support pengisian daya cepat.

Kelebihan

  1. Ada kamera ultrawide dan depth
  2. Kelengkapan dalam boks komplet.
  3. Layar cukup lebar.

Review Alcatel 1SE

Fitur-fitur dalam Alcatel 1SE sebenarnya sudah cukup komplet. Apalagi untuk kelas HP entri level. Dengan harga Rp1 jutaan, kamu sudah bisa menikmati kamera ultrawide.

Performa ponsel ini cukup bisa diandalkan. Terutama untuk komunikasi sehari-hari. Dengan kapasitas RAM 4GB, kamu bisa memasang banyak aplikasi primer. Untuk multitasking pun masih lancar.

Dengan begitu, ponsel ini cocok untuk kamu yang nggak hobi main game. Untuk HP pendamping juga oke. Desainnya pun belum ketinggalan zaman kok.

Ponsel ini akan bersaing dengan rivalnya, yaitu Redmi 10C. Dengan menambah 50 ribu, kamu akan mendapat chipset Snapdragon 680 berkecepatan 2,4 GHz. Selain itu, kamera utamanya juga 50MP.

Namun, Redmi 10C tidak memiliki kamera ultrawide. Jadi, sebaiknya pertimbangkan lagi. Oke, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Alcatel 1SE, semoga kamu bisa menentukan pilihanmu ya!

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik