Kelebihan dan Kekurangan ASUS Zenfone 8: Flagship Killer dengan Chip Snapdragon 888!

asus zenfone 8 spesifikasi (Unbox)
asus zenfone 8 spesifikasi (Unbox)

ASUS Zenfone 8 adalah HP flagship terbaru dari ASUS yang diluncurkan secara global pada bulan Mei lalu. Namun, HP ASUS terbaru ini baru sampai di pasar Indonesia pada bulan Oktober. Dan banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan dari ponsel ini. Tapi, sebelum beli, simak dulu kelebihan dan kekurangan ASUS Zenfone 8 di bawah, ya.

ASUS Zenfone sudah beberapa tahun absen dari pasar Indonesia. Hingga membuat sub-brand HP ASUS ini tenggelam di antara banyaknya pilihan dan merk HP baru.

Namun, tahun ini ASUS Indonesia comeback dengan jagoan anyar. Tak tanggung-tanggung, model terbaru ASUS Zenfone ini bakal jadi salah satu pilihan utama pengguna HP Android flagship-killer.

Bagaimana tidak, dibanderol RP 8 jutaan aja, ASUS Zenfone 8 didukung chipset Snapdragon 888! Ya, chipset yang juga dipakai oleh Galaxy Z Fold, Mi 11 Ultra, Oppo Find X3 Pro,sampai Galaxy Z Flip3 5G!

Namun, akankah performa Snapdragon 888 bisa dioptimalkan oleh perusahaan? Untuk mengetahui jawabannya, simak uraian seputar spesifikasi, harga terbaru, review, serta kelebihan dan kekurangan ASUS Zenfone 8 berikut ini.

Review ASUS Zenfone 8 (Unbox)
Review ASUS Zenfone 8 (Unbox)

ASUS Zenfone 8 Spesifikasi

Asus ZenFone 8 dirilis bersamaan dengan ZenFone 8 Flip dan mulai dijual secara global hanya beberapa bulan yang lalu. HP Android baru ini menawarkan banyak fitur unggulan. Tetapi harganya lebih murah dari ponsel dari produsen terkemuka seperti Samsung dan Apple – dan juga lebih kecil.

Tetapi apakah biaya yang lebih rendah berarti ada beberapa kompromi besar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak spesifikasi ASUS Zenfone 8 yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber berikut ini.

Desain

ASUS memutuskan untuk merampingkan HP flagship mereka. Langkah yang cukup mengejutkan, karena banyak penggemar mengharapkan tiga ponsel yang dirilis tahun ini.

Desain ZenFone 8 jauh lebih ringkas dibandingkan ZenFone 8 Flip. Dimensi keseluruhan adalah 148 x 68.5 x 8.9mm, menempatkannya dalam kategori ukuran yang sama dengan iPhone 12 Mini, yang merupakan pesaing langsungnya.

Karena ukurannya yang lebih kecil, ZenFone 8 terasa lebih nyaman digenggam daripada saudaranya yang berukuran penuh. Ponsel ini menggunakan kaca matte halus di bagian belakang dengan modul kamera yang terselip rapi di sisi kiri atas belakang.

Kelebihan dan kekurangan ASUS Zenfone 8 (Unbox)
Kelebihan dan kekurangan ASUS Zenfone 8 (Unbox)

Layar

Panel Super AMOLED 5,9 inci milik ZenFone 8 merupakan layar paling kecil ketimbang produk pesaing. Namun, ukurannya tidak sebanding dengan kualitasnya.

Panel pada ZenFone 8 memiliki kecepatan refresh 120Hz, kemampuan HDR10+, serta kecerahan 700 nits. Menjadikannya salah satu layar terbaik yang ada saat ini.

Selain refresh rate 120Hz, ZenFone 8 juga memiliki touch sampling rate 240Hz yang secara virtual menghilangkan input lag saat bermain game.

Layar dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus dan memiliki potongan kecil di sisi kiri atas untuk kamera selfie 12 megapiksel f/2.5. Kualitas layar sangat baik, dan kecerahan maksimum yang tinggi berarti panel sangat mudah dilihat bahkan di bawah sinar matahari langsung.

Gambar tajam dan warna sangat cerah, dan kecepatan refresh 120Hz membuat semuanya terasa sangat mulus. Di sisi lain, menjaga agar grafis berada dalam refresh rate 120Hz tentu sangat menguras daya. Sedangkan perangkat Cuma dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh saja.

Kamera Zenfone 8 (Unbox)
Kamera Zenfone 8 (Unbox)

Kamera

Berbicara tentang kamera, ZenFone 8 adalah salah satu dari sedikit flagship saat ini yang hanya memiliki dua kamera di bagian belakang: kamera 64 megapiksel dengan sensor Sony IMX686 dan lensa aperture f/1.8 dengan PDAF, dan kamera ultra-ultra 12 megapiksel.

Kamera lebar dengan aperture f/2.2 yang berfungsi ganda sebagai kamera makro ponsel. Untuk mengkompensasi hilangnya lensa zoom optik, ponsel mengambil bidikan zoom 2x dengan memotong gambar mentah 64 megapiksel.

Lebih banyak kamera tidak selalu lebih baik, dan penulis mengapresiasi langkah perusahaan dalam menerapkan pendekatan desain perangkat. Membawa lebih sedikit kamera, tentu bakal membuat tampilan lebih paripurna.

Hilangnya kamera zoom khusus atau makro/B&W bukanlah pukulan besar bagi kemampuan ponsel, karena kebanyakan orang jarang menggunakan kamera ini. Penulis lebih suka memiliki lebih sedikit kamera yang lebih baik – jika itu berarti kualitas gambar yang lebih baik VS lebih banyak kakap yang menghasilkan bidikan biasa-biasa saja.

Dan jangan salah, ZenFone 8 memberikan hasil jepretan yang sangat bagus. Foto yang diambil dengan penembak utama memiliki banyak detail, keseimbangan warna yang bagus, dan berkinerja sangat baik bahkan dengan cahaya terbatas.

Performa Asus Zenfone 8 (Unbox)
Performa Asus Zenfone 8 (Unbox)

Dapur Pacu

ZenFone 8 mungkin kecil, tapi performanya bisa dibandingkan dengan flagship lain yang diluncurkan tahun 2021. Ponsel ini dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 dan tersedia dalam dua varian: 8GB/128GB dan 16GB/256GB.

Performa prosesor Snapdragon 888 sudah cukup dikenal sekarang karena penulis telah mengulas begitu banyak ponsel dengan chipset kelas atas ini. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa itu cukup berlebihan untuk semua dan semua aplikasi dan game Android yang akan Anda temui tahun ini, yang pada dasarnya membuktikan masa depan ZenFone 8 (dan ponsel apa pun yang dilengkapi dengan SD 888 SoC).

Satu-satunya kelemahan memiliki jejak kecil seperti itu adalah kapasitas baterai. ZenFone 8 hanya memiliki kapasitas 4000mAh VS 5000mAh hampir standar yang biasa kita lihat di ponsel yang lebih besar.

Akibatnya, benchmark baterai PCMark menempatkan runtime ponsel secara keseluruhan hanya dalam 10 jam dan 18 menit. Perhatikan bahwa hasil ini diambil dengan layar yang menjalankan kecepatan refresh 60Hz – menggunakan opsi 120Hz menurunkan masa pakai baterai menjadi hanya 6 jam 38 menit. Itu masih lebih dari cukup untuk penggunaan sehari penuh, meskipun Anda akan membutuhkan pengisi daya di akhir hari kerja yang sangat sibuk.

ASUS Zenfone 8 Harga

asus zenfone 8 harga (Unbox)
asus zenfone 8 harga (Unbox)

Harga juga menjadi salah satu keunggulan Zenfone 8. Seluruh keunggulan yang dimiliki ponsel ultra-flagship, bisa kamu dapatkan Cuma dengan harga di bawah Rp 8 juta!

Mengutip situs resmi ASUS Indonesia, harga ASUS Zenfone 8 kini dibanderol Rp 7,999 juta saja. Menjadikan perangkat ini sebagai idaman baru di kelas HP flagship-killer.

Nah, untuk pembaca yang tertarik membeli, penulis sudah menyiapkan tautan menuju halaman beberapa toko online. Tanpa panjang lebar, langsung klik tombol di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan ASUS Zenfone 8

Spek lengkap ASUS Zenfone 8 (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap ASUS Zenfone 8 (Dok.Istimewa Droila)

Pasti ada pasar untuk flagships yang lebih kecil dan lebih ringkas di pasar karena tidak semua orang nyaman menangani ponsel besar. Yang sangat saya sukai dari ZenFone 8 adalah ia tidak benar-benar berkompromi pada kinerja untuk menghadirkan pengalaman ponsel kecil itu.

Ini juga cukup terjangkau mengingat harganya – menjadikannya perangkat yang hebat bagi siapa saja yang mencari flagship ringkas yang tidak akan menguras kantong.

Kelebihan

  • Bodi ringkas dan ringan, peringkat IP68, GG Victus, LED notifikasi.
  • Layar AMOLED 120Hz yang luar biasa, kecerahan tinggi.
  • Performa terdepan di kelasnya dan performa berkelanjutan yang andal.
  • Baterai yang dapat diandalkan, pengisian cepat.
  • Kualitas speaker terdepan di kelasnya.
  • Kualitas foto yang luar biasa di seluruh papan.
  • Kualitas video yang mengesankan di seluruh papan.
  • ZenUI sangat lancar dan cepat, kaya akan penyesuaian.
  • Jack audio 3,5 mm, LED notifikasi, radio FM (di luar UE), NFC, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, Dual SIM, 5G.

Kekurangan

  • Perilaku kecepatan refresh dinamis dapat menggunakan beberapa pengoptimalan.
  • Telepon mungkin menjadi panas di bawah beban puncak.
  • Tidak ada pengisian nirkabel.

Review ASUS Zenfone 8: HP Flagship Killer Terbaik 2021!

zenfone 8 indonesia (Unbox)
zenfone 8 indonesia (Unbox)

Asus Zenfone 8 adalah produk langka. Ini adalah ponsel unik dengan segmennya sendiri, tetapi tetap terasa kurang untuk mencakup ASUS. Pasalnya, perusahaan telah membuat smartphone penggemar dengan eksekusi brilian dan daftar fitur yang jarang Anda lihat semuanya di satu tempat, bahkan di perangkat yang lebih besar.

Sama seperti jajaran HP gaming ROG Phone, Zenfone 8 adalah perangkat tanpa kompromi yang dibangun dari bawah ke atas untuk unggul dalam semua aspek penting pengoperasian ponsel cerdas.

Zenfone 8 adalah binatang kecil yang mengesankan. Bisa memenuhi apa pun yang kamu inginkan dari ponsel. Dan dengan harga mulai Rp 7,999 juta, kedengarannya sangat murah. Kami jarang dapat meninjau perangkat yang bagus, dan ini adalah salah satu rekomendasi termudah musim ini.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan ASUS Zenfone 8. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga Handphone di atas bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like